Keluarga

7 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak-Anak, Bisa Meningkatkan Empati Si Kecil

7 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak-Anak, Bisa Meningkatkan Empati Si Kecil

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 7 manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak-anak di sini.

Anak-anak akan menyerap berbagai hal di tahun-tahun awal mereka. Maka dari itu, sangat disarankan bagi para orang tua untuk menerapkan kebiasaan positif di masa-masa keemasan anak tersebut misalnya dengan rutin membacakan mereka dongeng atau cerita sebelum tidur.

Berapa pun usia anak, mendengarkan dongeng sebelum tidur sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak mereka, menguatkan ikatan orang tua-anak, serta mengajarkan banyak keterampilan penting yang akan membantu anak di sepanjang hidup mereka.

Mampu memberikan keajaiban bagi anak-anak dalam jangka panjang, inilah 7 manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak-anak sebagaimana dilansir dari Bright Side.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Perilaku Agresif pada Balita dengan Tepat, Hindari Reaksi Marah!

1. Mengajarkan anak tentang kesabaran

Manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak yang pertama yaitu mengajarkan anak tentang kesabaran.

Bersabar merupakan salah satu keterampilan berharga dalam hidup yang mungkin tidak dimiliki oleh banyak orang. Kendati begitu, kesabaran dapat diajarkan sedari dini dengan cara membacakan dongeng sebelum tidur kepada si kecil.

Selain mengembangkan kesabaran, membacakan dongeng sebelum tidur juga bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan anak dalam hal mendengarkan secara aktif.

Jika rutinitas mendongeng sebelum tidur terus diterapkan, kemungkinan besar anak akan menjadi pendengar yang baik bagi orang lain saat mereka beranjak dewasa nanti.

2. Memperkaya perbendaharaan kata anak

Manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak yang kedua yaitu memperkaya perbendaharaan kata anak.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Rhode Island Hospital, bayi yang sering dibacakan dongeng cenderung mampu memahami lebih banyak kata dibandingkan bayi yang tidak dibacakan dongeng sama sekali.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kosakata reseptif meningkat sebanyak 40% pada anak-anak yang rutin mendengarkan dongeng sebelum tidur, sedangkan kelompok anak yang tidak biasa mendengarkan dongeng sebelum tidur hanya mengalami peningkatan kosakata reseptif sebanyak 16%.

3. Menumbuhkan imajinasi anak

Manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak yang ketiga yaitu menumbuhkan imajinasi anak.

Saat Anda membacakan anak-anak Anda sebuah dongeng, tidak hanya imajinasi Anda yang akan terpicu melainkan juga imajinasi mereka.

Semakin sering Anda membacakan anak dongeng sebelum tidur, itu akan semakin memudahkan mereka untuk membayangkan kata-kata dan cerita yang sedang Anda bacakan di dalam benak mereka.

Dengan pelatihan otak yang konstan semacam itu, kemampuan anak untuk berimajinasi akan cenderung meningkat dan mereka akan terdorong untuk menjadi kreatif serta terbuka terhadap ide-ide baru.

4. Mengajarkan anak untuk berempati

Manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak yang keempat yaitu mengajarkan anak untuk berempati.

Faktanya, dongeng atau buku cerita dan empati merupakan dua hal yang akan berjalan beriringan. Ketika anak-anak mendengarkan atau membaca sebuah cerita, mereka memiliki kesempatan untuk melihat dan mengalami cerita tersebut dari sudut pandang karakter.

Pada gilirannya, anak pun dapat memahami apa yang terjadi pada karakter tersebut, ikut merasakan pengalaman karakter, serta memahami perasaan karakter.

Apabila keterampilan ini terus diasah, besar kemungkinan anak akan menerapkannya juga di kehidupan nyata mereka.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Positif yang Harus Dicontohkan pada Anak Setiap Hari, Termasuk Sarapan!

5. Meningkatkan keterampilan berbicara anak

Manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak yang kelima yaitu meningkatkan keterampilan berbicara anak.

Membacakan anak dongeng sebelum tidur ternyata bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam hal berbicara lho, Moms. Apabila si kecil sering mengganggu sesi mendongeng Anda dengan melontarkan berbagai macam pertanyaan, jangan lantas kesal begitu saja ya.

Alih-alih merasa terganggu, sebaiknya Anda menjawab setiap pertanyaan anak, menjelaskan berbagai hal, serta menghubungkan apa yang terjadi di dalam cerita dengan sesuatu yang mungkin terjadi pada Anda di kehidupan nyata.

Intinya, bantulah anak Anda untuk senantiasa terlibat dalam dongeng yang sedang Anda bacakan dengan mendorong mereka untuk menanyakan bagaimana perasaan karakter dan apa yang mungkin terjadi selanjutnya.

6. Membantu anak untuk memerhatikan dengan lebih baik

Manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak yang keenam yaitu membantu anak untuk memerhatikan dengan lebih baik.

Anak-anak terutama yang masih kecil sangat mudah teralihkan perhatiannya. Dengan rutin membacakan dongeng sebelum tidur kepada anak, itu dapat mengembangkan kemampuan memerhatikan anak sekaligus membantunya untuk berkonsentrasi.

Bahkan, mendengarkan cerita juga dapat meminimalkan amukan anak mengingat rutinitas ini mengharuskan mereka untuk duduk tenang, mendengarkan, serta memahami cerita yang sedang dibacakan.

Manfaat tambahan dari mendengarkan dongeng sebelum tidur bagi anak yaitu mengembangkan pemahaman bacaan yang lebih baik, disiplin diri yang lebih baik, rentang perhatian yang lebih lama, serta retensi memori yang lebih baik. Dengan berbekal keterampilan-keterampilan tersebut, anak akan terbantu untuk menghadapi kehidupan sekolah atau kehidupan orang dewasa kelak dengan lebih mudah.

7. Menumbuhkan minat baca anak

Manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak yang terakhir yaitu menumbuhkan minat baca anak.

Tidak dapat disangkal bahwa kebiasaan membacakan dongeng atau cerita kepada anak sedari dini akan mengembangkan hasrat mereka terhadap buku dan membaca.

Saat anak-anak memiliki minat baca yang tinggi, mereka pun akan lebih memilih untuk menyibukkan diri dengan tumpukan buku alih-alih video game, televisi, atau bentuk hiburan lainnya yang cenderung tidak produktif bahkan ketika mereka bertambah tua.

Itulah 7 manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak-anak. Luar biasa kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News