Keluarga

Begini Cara Membersihkan Botol Susu Bayi demi Kesehatan Si Kecil

Begini Cara Membersihkan Botol Susu Bayi demi Kesehatan Si Kecil

MOMSMONEY.ID - Mari simak cara tepat membersihkan botol susu bayi demi menjaga kesehatan buah hati.

Meski terlihat mudah, Anda tetap harus menjaga kebersihan saat proses mencuci botol susu bayi, lo, Moms.

Melansir Hello Sehat, bayi di bawah usia satu tahun belum memiliki sistem kekebalan tubuh. Ini membuat bayi Anda sangat mudah sakit jika terkontaminasi kuman dan bakteri terutama pada botol susu bayi. 

Baca Juga: Ada di Menu Tiffany Plate, Ini Manfaat Cottage Cheese untuk Kesehatan Tubuh

Oleh karena itu, Moms perlu memperhatikan segala aspek saat membersihkan botol susu bayi. Mulai dari kebersihan tangan Anda, kebersihan wastafel, kebersihan sikat, hingga kebersihan lap.

Maka, Moms harus mencuci tangan dengan benar selama 20 detik sebelum mencuci botol susu bayi.

Anda bisa membersihkan botol susu bayi dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun cuci perlatan bayi. Pisahkan seluruh bagian botol susu bayi. Mulai dari botol, tutup botol, hingga dot. 

Gunakan ember bersih atau baskom bersih khusus untuk membersihan botol bayi. Tuangkan air hangat dan sabun di dalam ember atau baskom.

Siram botol dan seluruh bagian botol susu bayi dengan air mengalir untuk menghilangkan bekas susu. Kemudian, rendam botol, dot dan tutup botol selama lima menit. 

Lalu, gosok pada sela-sela dot, tutup botol, dan leher botol dengan spons khusus atau sikat khusus. Setelah itu, bilas dengan air mengalir. 

Baca Juga: Waspada Tanda GERD, Simak 7 Penyebab Mulut Pahit di Area Lidah Lainnya

Mengutip Halodoc, jika Moms ingin mensterilkan botol susu bayi bisa dengan cara merebusnya. Lepaskan dulu seluruh bagian botol bayi yang sudah sempat Anda bersihkan. 

Kemudian, rebus air dalam panci hingga mendidih. Setelah itu, masukan botol susu bayi dan rebus selama lima menit. Lalu, angkat botol dan keringkan dengan kain bersih dan simpan kembali. 

Saat membersihkan botol susu bayi, jangan sampai botol susu bayi menyentuh wastafel karena akan membuat botol terkontaminasi.

Selain itu, jangan gunakan lap piring yang biasa Anda gunakan. Sebaiknya selalu gunakan lap yang masih bersih belum digunakan sama sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News