Keluarga

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Laser Wajah, Bisa Bikin Iritasi!

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Laser Wajah, Bisa Bikin Iritasi!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 7 hal yang tidak boleh dilakukan setelah laser wajah di sini.

Laser wajah merupakan prosedur kecantikan dengan memanfaatkan energi cahaya yang difokuskan ke area kulit wajah yang bermasalah.

Energi cahaya yang digunakan pada perawatan laser wajah berfungsi untuk menghilangkan permukaan kulit yang rusak, merangsang pertumbuhan sel kulit baru, hingga merangsang produksi kolagen dan elastin.

Mengutip Cleveland Clinic, laser wajah sangat cocok untuk orang-orang dengan masalah bekas jerawat atau cacar air, pigmentasi tidak merata, bekas luka atau tanda lahir, bintik-bintik hitam, kulit rusak akibat sinar matahari, kulit tidak responsif setelah facelift, garis-garis halus atau kerutan, dan kelenjar minyak membesar di area hidung.

Tidak jauh berbeda dengan prosedur kecantikan lainnya, laser wajah juga bisa menyebabkan efek samping seperti kulit kemerahan, pembengkakan, hingga kulit terkelupas. Untuk meminimalkan efek samping yang mungkin muncul, pastikan Anda menghindari pantangan-pantangan setelah laser wajah.

Baca Juga: Bagus untuk Mental dan Finansial, Ini 4 Manfaat menjadi Minimalis

Melansir laman Plasthetic Clinic, berikut 7 hal yang tidak boleh dilakukan setelah laser wajah yang harus Moms tahu sebelum mencoba perawatan ini.

1. Menyentuh wajah

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah laser wajah pertama yaitu menyentuh wajah.

Setelah melakukan laser wajah, selalu ingat untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan terutama dalam keadaan kotor. Pasalnya, kulit wajah yang baru saja menjalani perawatan laser akan menjadi sangat sensitif, sehingga menyentuhnya dengan tangan dapat mengakibatkan iritasi atau infeksi.

Selain itu, kebiasaan menyentuh wajah juga bisa menyebabkan penyebaran kuman dan bakteri di permukaan kulit wajah, yang dapat memicu munculnya komedo dan jerawat.

2. Beraktivitas berat

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah laser wajah kedua yaitu beraktivitas berat.

Melakukan aktivitas berat dapat menghasilkan banyak keringat. Tatkala kulit wajah mengeluarkan keringat secara berlebihan, itu dapat menghambat proses penyembuhan luka dan berpotensi mengiritasi kulit yang masih dalam tahap penyembuhan pasca laser.

Jadi, pastikan Anda menghindari aktivitas berat setidaknya selama 2 minggu setelah perawatan laser wajah dilakukan ya, Moms.

3. Terpapar sinar matahari secara langsung

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah laser wajah ketiga yaitu terpapar sinar matahari secara langsung.

Setelah menjalani perawatan laser wajah, kulit biasanya akan menjadi lebih rentan terhadap sinar UV. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Karena, sinar matahari dapat mengakibatkan iritasi dan menimbulkan hiperpigmentasi pada kulit.

Jika memang perlu beraktivitas di luar ruangan, maka Anda wajib menggunakan sunscreen ber-SPF tinggi dan menggunakan topi atau payung untuk memberikan perlindungan ekstra.

4. Menggunakan skincare yang berpotensi mengiritasi kulit

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah laser wajah keempat yaitu menggunakan skincare yang berpotensi mengiritasi kulit.

Pasca laser wajah, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak menggunakan produk skincare yang mengandung bahan-bahan yang berpotensi mengiritasi kulit seperti AHA, BHA, retinol, dan alkohol.

Jika biasanya Anda menggunakan produk skincare dengan bahan-bahan tersebut, sebaiknya hentikan dulu penggunaannya selama 2-3 hari setelah laser wajah. Sebagai gantinya, gunakan produk skincare yang menghidrasi dan menenangkan.

Baca Juga: 5 Essential Oil Ini Bisa Menurunkan Berat Badan

5. Mengonsumsi makanan pemicu alergi

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah laser wajah kelima yaitu mengonsumsi makanan pemicu alergi.

Apabila Anda memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu atau kulit Anda sensitif terhadap beberapa jenis makanan, Anda harus menghindari makanan tersebut setelah menjalani perawatan laser wajah.

Apabila Anda mengonsumsi makanan yang dapat memicu alergi atau reaksi kulit, itu bisa memperburuk kondisi kulit yang sedang dalam proses penyembuhan pasca laser.

6. Minum alkohol dan merokok

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah laser wajah keenam yaitu minum alkohol dan merokok.

Selain berdampak buruk pada kesehatan, minum alkohol dan merokok setelah laser wajah juga dapat menghambat proses penyembuhan dan mengurangi efektivitas perawatan laser wajah.

Alkohol dapat menyebabkan pembengkakan, sementara rokok dapat memperlambat proses penyembuhan. Kandungan nikotin pada rokok akan menghambat aliran oksigen dan nutrisi ke kulit.

7. Menggunakan makeup

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah laser wajah terakhir yaitu menggunakan makeup.

Setelah melakukan perawatan laser wajah, usahakan untuk tidak menggunakan makeup setidaknya selama 24 jam pertama atau lebih lama sesuai rekomendasi dokter.

Tidak menggunakan makeup setelah laser wajah bertujuan untuk menghindari iritasi pada kulit yang sedang dalam tahap penyembuhan sekaligus mengurangi terjadinya risiko infeksi. Pasalnya, kulit yang baru saja menjalani laser cenderung lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi akibat kandungan kosmetik.

Demikian 7 hal yang tidak boleh dilakukan setelah laser wajah. Jangan lupa dicatat, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News