Keluarga

4 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur dengan BHA, Bikin Iritasi!

4 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur dengan BHA, Bikin Iritasi!

MOMSMONEY.ID - Ada 4 kandungan skincare yang tidak boleh dicampur dengan BHA. Berikut daftarnya.

BHA atau Beta Hydroxy Acids dikenal sebagai agen eksfoliasi kulit selain AHA (Alpha Hydroxy Acids). BHA memiliki manfaat pengelupasan kulit yang luas untuk sejumlah kondisi dan masalah kulit termasuk kulit kasar dan bergelombang, jerawat, psoriasis, dermatitis seboroik, dan banyak lagi.

Mirip dengan AHA, BHA juga terdapat secara alami di banyak sumber nabati, namun paling sering dibuat di laboratorium saat dimasukkan ke dalam produk kosmetik. Adapun jenis BHA yang paling umum digunakan dalam kosmetik untuk saat ini adalah asam salisilat atau salicylic acid.

Termasuk bahan aktif skincare, Anda perlu cermat dalam menggunakan BHA. Pasalnya, ada beberapa kandungan skincare yang tidak boleh dicampur atau digunakan secara bersamaan dengan BHA, karena bisa menyebabkan masalah kulit baru seperti iritasi.

Kira-kira, apa sajakah kandungan skincare yang dimaksud? Melansir laman Eva Mulia Clinic, berikut 4 kandungan skincare yang tidak boleh dicampur dengan BHA.

Baca Juga: Film Siksa Kubur Tembus 3 Juta Penonton

1. Retinol

Kandungan skincare yang tidak boleh dicampur dengan BHA pertama adalah retinol.

BHA tidak boleh dicampur dengan retinol karena keduanya memiliki sifat yang sama-sama kuat dalam mempercepat pergantian sel kulit. Saat Anda menggabungkan keduanya, itu bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, atau bahkan pengelupasan kulit yang berlebihan.

Lebih baik, gunakan BHA dan retinol secara bergantian. Misal, BHA di pagi hari dan retinol di malam hari.

2. Vitamin C

Kandungan skincare yang tidak boleh dicampur dengan BHA kedua adalah vitamin C.

BHA tidak boleh dicampur dengan vitamin C karena kombinasi keduanya bisa menghasilkan pH yang tidak stabil, sehingga mengurangi efektivitasnya masing-masing. Selain itu, campuran BHA dan vitamin C juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Jika Anda ingin menggunakan keduanya, lebih baik gunakan secara bergantian atau pilih produk yang sudah mengombinasikan BHA dan vitamin C dengan tepat.

Baca Juga: Tidak Bisa Kentut? Coba Gerakan Yoga untuk Memudahkan Buang Angin Ini

3. Benzoyl peroxide

Kandungan skincare yang tidak boleh dicampur dengan BHA ketiga adalah benzoyl peroxide.

BHA tidak boleh dicampur dengan benzoyl peroxide karena keduanya memiliki efek pengeringan yang kuat. Mencampurkan BHA dengan benzoyl peroxide bisa menyebabkan kulit menjadi terlalu kering dan iritasi.

Jika Anda membutuhkan kedua bahan ini untuk mengatasi masalah jerawat, gunakan secara bergantian dan pastikan untuk mengaplikasikan pelembab dengan cukup.

4. AHA

Kandungan skincare yang tidak boleh dicampur dengan BHA terakhir adalah AHA.

BHA tidak boleh dicampur dengan AHA (Alpha Hydroxy Acids) karena keduanya memiliki efek eksfoliasi yang sama kuatnya. Penggunaan BHA dan AHA secara bersamaan bisa menyebabkan iritasi dan sensitivitas kulit yang berlebihan.

Sebaiknya, gunakanlah keduanya secara bergantian, misalnya, AHA di malam hari dan BHA di pagi hari. Dengan begini, kulit Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal tanpa menyebabkan iritasi.

Itulah 4 kandungan skincare yang tidak boleh dicampur dengan BHA. Dalam merawat kulit, pemahaman tentang kompatibilitas bahan sangatlah penting guna memastikan bahwa perawatan yang Anda lakukan efektif dan tidak merugikan kulit.

Nah, dengan memerhatikan bahan-bahan yang sebaiknya tidak dicampur dengan BHA seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menghindari risiko iritasi dan merawat kulit Anda dengan lebih baik. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News