Santai

7 Fitur iOS 18 yang Kurang Diketahui dan Wajib Dinantikan

7 Fitur iOS 18 yang Kurang Diketahui dan Wajib Dinantikan

MOMSMONEY.ID - Apple menyebut ada beberapa fitur iOS 18 terbaru. Apa saja fitur iOS 18 yang kurang diketahui? Ada beberapa fitur iOS 18 yang kurang diketahui. 

Fitur iOS 18 yang kurang diketahui ini wajib Anda nantikan. Sebab, fitur iOS 18 ini tidak kalah canggihnya. 

Apple menggembar-gemborkan beberapa fitur baru pada iOS 18, tetapi beberapa di antaranya belum mendapat sorotan karena Apple Intelligence dan penambahan menonjol lainnya.

Baca Juga: 6 Fitur iOS 18 di iPhone Mirip Android, Apa Saja?

Berikut ini adalah fitur iOS 18 yang kurang diketahui dan wajib dinantikan. 

1. Dukungan RCS

Apple kemungkinan tidak akan pernah menghadirkan iMessage ke Android untuk pengalaman pengiriman pesan lintas platform yang lebih baik. 

Namun, Apple melakukan hal terbaik berikutnya dengan menambahkan dukungan pengiriman pesan RCS ke aplikasi Pesan iOS 18. 

Ini akan sangat membantu meningkatkan pengalaman pengiriman pesan saat Anda mengirim pesan kepada teman-teman yang menggunakan ponsel Android.

Berkat RCS, pengguna Android akan mendapatkan indikator pengetikan, dapat berbagi gambar dan video beresolusi tinggi, menikmati reaksi emoji yang lebih baik terhadap teks, dan banyak lagi. 

Sebagai pengguna iPhone, Anda mungkin tidak tahu tentang RCS. Namun begitu fitur tersebut diluncurkan, pengalaman berkirim pesan dengan sesama pengguna Android akan meningkat drastis.

Baca Juga: Intip 10 Fitur iOS 18 yang Menarik dan Terbaru, Semakin Canggih!

Perlu dicatat bahwa dukungan RCS di iOS 18 pada iPhone bergantung pada operator. Jadi, Anda mungkin harus menunggu operator jaringan Anda mengaktifkan dukungan untuk standar tersebut bahkan setelah memperbarui ke iOS 18.

Selain itu, RCS tidak akan menghilangkan gelembung teks hijau dan biru. Teks dari teman Android Anda akan tetap menggunakan gelembung hijau.

2. Pusat Kontrol yang Diperbarui 

Apple iOS 18

Pusat Kontrol iPhone selalu terasa terbatas. Tidak seperti Android, Apple tidak menyediakan banyak opsi sakelar, dan yang lebih parah, aplikasi pihak ketiga tidak dapat menambahkan sakelar kustom mereka ke Pusat Kontrol.

Apple merombak Pusat Kontrol secara ekstensif dengan iOS 18, menambahkan dukungan untuk sakelar pihak ketiga, beberapa halaman, dan kustomisasi yang lebih besar. 

Lebih banyak jenis sakelar juga didukung, termasuk menjalankan Pintasan, membuka aplikasi, Menerjemahkan, Ketuk untuk Mencairkan, dll.

Kini Anda dapat memindahkan dan menempatkan sakelar di mana pun yang Anda suka di Pusat Kontrol. 

Yang lebih baik lagi, Pusat Kontrol kini dapat memiliki beberapa halaman, sehingga Anda dapat memasukkan sakelar sebanyak yang Anda inginkan. 

Anda dapat memanfaatkan ini dengan memiliki halaman Pusat Kontrol terpisah untuk kontrol rumah pintar, kontrol musik, dan lainnya.

Baca Juga: Intip Fitur iOS 18 Beta yang Sudah Bisa Diunduh, Begini Cara Downloadnya

3. Penjadwalan Pesan 

Di antara banyak peningkatan yang hadir pada aplikasi Pesan di iOS 18 adalah kemampuan untuk menjadwalkan pesan. 

Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur iPhone Anda untuk secara otomatis mengirim pesan teks ke kontak tertentu pada waktu dan tanggal yang ditentukan.

Fitur ini sangat cocok untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman atau anggota keluarga Anda segera setelah jam menunjukkan tengah malam tanpa harus membangunkan diri sendiri.

4. Panggilan T9 di aplikasi Telepon

iOS 18 akhirnya akan memperbaiki salah satu keluhan terbesar saya dengan aplikasi Telepon iPhone dengan memperkenalkan panggilan T9 yang prediktif.

Ingatkah Anda bagaimana Anda dapat menelusuri buku kontak di ponsel lama menggunakan papan tombol T9? Panggilan T9 di aplikasi Telepon menghadirkan fungsi yang sama ke iPhone Anda.

Metode ini berfungsi untuk semua kontak di buku telepon Anda, dengan aplikasi Telepon menampilkan kecocokan terbaik di atas papan tombol. Anda kemudian dapat mengetuk nama orang tersebut untuk melakukan panggilan.

Peningkatan kecil namun penting lainnya di aplikasi Telepon iOS 18 adalah kemampuan untuk menelusuri log panggilan Anda. Untuk ini, bilah pencarian muncul di atas tab Terbaru di aplikasi Telepon.

5. Papan Ketik Multibahasa

iOS 18 menambahkan dukungan untuk pengetikan multibahasa pada papan ketik iPhone. 

Baca Juga: 4 Fitur Darurat iPhone yang Wajib Diketahui, Bisa Deteksi Kecelakaan

Bergantung pada bahasanya, Anda dapat menggunakan hingga tiga papan ketik sekaligus, meskipun dalam kebanyakan kasus, Anda akan dibatasi hanya dua. 

Jadi, bagaimana papan ketik multibahasa akan meningkatkan pengalaman mengetik di iPhone Anda?

Papan ketik ini akan memungkinkan papan ketik untuk menampilkan saran dari bahasa yang dipilih secara bersamaan. Dan Anda dapat beralih di antara saran bahasa dengan mengetuk tombol.

6. Ringkasan AI di Safari

Semua kehebohan seputar Apple Intelligence di iOS 18 di iPhone telah berkisar pada Writing Tools, Siri baru yang lebih cerdas, dan pembuatan gambar AI. 

Namun, Apple Intelligence akan menghadirkan satu lagi fitur bertenaga AI ke iPhone Anda: ringkasan AI di Safari.

Seperti namanya, saat Anda menggunakan mode Reader di Safari pada halaman web, Apple Intelligence akan menampilkan ringkasan konten halaman yang bertenaga AI di bagian atas. 

Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan ikhtisar konten halaman dengan cepat, terutama jika terlalu panjang.

Ringkasan AI di Safari tidak otomatis. Anda harus membuatnya secara manual untuk setiap halaman web setelah memasuki tampilan Reader di Safari.

7. Kustomisasi Layar Utama

Salah satu fitur terbaik iOS 18 adalah Kustomisasi Layar Utama. Apple akhirnya memberikan apa yang telah diminta pengguna iPhone selama bertahun-tahun dengan memungkinkan kustomisasi Layar Utama yang lengkap. 

Anda dapat menempatkan ikon aplikasi dan widget di mana saja di Layar Utama. Ikon dan widget tidak perlu lagi mengikuti bentuk kisi. 

Meskipun Anda belum dapat mengubah ikon aplikasi, Anda dapat menambahkan warna gelap atau warna khusus untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan.

Baca Juga: 7 Fitur Apple Intelligence yang Wajib Digunakan Setiap Orang

Peningkatan praktis lain yang dihadirkan iOS 18 adalah kemampuan untuk menyesuaikan ukuran widget langsung dari Layar Utama. 

Anda tidak perlu menghapus dan menambahkan kembali widget untuk ini. Plus, Anda dapat melihat opsi widget yang tersedia di aplikasi dengan menekan lama ikonnya.

Ini hanyalah beberapa dari sekian banyak fitur yang akan dihadirkan iOS 18 ke iPhone Anda. 

Pembaruan ini mencakup lebih banyak lagi, termasuk kemampuan untuk menyembunyikan dan mengunci aplikasi, aplikasi Kata Sandi yang berdiri sendiri, aplikasi Foto yang diperbarui, dan Pesan melalui satelit.

Nah itulah beberapa 7 fitur iOS 18 yang kurang diketahui dan wajib dinantikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News