Santai

7 Fitur Apple Intelligence yang Wajib Digunakan Setiap Orang

7 Fitur Apple Intelligence yang Wajib Digunakan Setiap Orang

MOMSMONEY.ID - Sejak Apple merilis iOS 18.1 beta pada tanggal 29 Juli, terdapat fitur Apple Intelligence yang wajib digunakan setiap orang.

Fitur Apple Intelligence ini berguna untuk memudahkan pengguna Apple. Namun, Anda perlu mengetahui apa saja fitur Apple Intelligence. 

Ada tujuh fitur Apple Intelligence yang wajib digunakan setiap orang. 

Baca Juga: Perangkat yang Dapat Fitur Apple Intelligence di iOS 18, Apa Saja?

Mengutip Techwiser, berikut ini 7 fitur Apple Intelligence yang wajib digunakan. 

1. Merekam Panggilan Telepon

Fitur yang paling banyak diminta akhirnya hadir di iOS 18.1 beta. Itu tidak hanya merekam panggilan, bahkan menyalin panggilan telepon Anda. Semua rekaman disimpan di aplikasi Notes, dan saat Anda memutar audio, teks yang ditranskripsi akan ditampilkan secara real-time.

Anda bahkan bisa mendapatkan ringkasan rekaman panggilan Anda, sehingga Anda bisa fokus pada bagian-bagian penting tanpa harus mendengarkan semuanya.

Untuk mulai merekam panggilan di iPhone Anda, ketuk ikon bentuk gelombang di sudut kiri atas layar panggilan. Orang lain akan diberitahu bahwa panggilan sedang direkam, dan Anda akan melihat berapa durasi rekamannya.

2. Menulis

Anda dapat menggunakan alat penulisan AI di mana pun Anda mengetik di iPhone. Baik saat Anda mengirim teks, menulis catatan, atau menyusun email, Anda memiliki opsi untuk mengoreksi, menulis ulang, atau mengubah nadanya. 

Ingin terdengar lebih ramah? Perlunya menjadi lebih profesional? Tidak masalah. Jika Anda merasa teksnya terlalu bertele-tele, fitur ini dapat membantu Anda memangkas kalimat-kalimat besar tersebut dan menjaga pesan Anda tetap tepat sasaran.

3. Aplikasi Mail Jauh Lebih Cerdas

Dengan aplikasi Mail baru, kini Anda dapat meringkas email tanpa membaca semuanya. Itu bagus ketika Anda sedang tidak ingin membaca buletin 10 halaman yang panjang. 

Saat dibanjiri email, email penting akan ditandai dan dipindahkan ke bagian atas kotak masuk Anda. Jadi Anda dapat mengetahui hal-hal besar tanpa harus menelusuri tumpukan email.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Fitur Apple Intelligence di iPhone dengan Mudah

Ada fitur baru bernama Balasan Cerdas, yang menurut saya cukup berguna. Bayangkan seseorang mengirimi Anda email menanyakan apakah Anda tertarik membeli telepon baru. 

Alih-alih mengetik respons lengkap, Balasan Cerdas memberi Anda opsi, dan berdasarkan pilihan Anda, Balasan Cerdas akan menciptakan respons untuk Anda. Anda dapat melakukan sedikit perubahan sebelum mengirimkannya.

4. Mode Fokus 

iOS 18.1 memperkenalkan mode Fokus baru yang disebut Kurangi Interupsi. Fitur ini membatasi notifikasi hanya pada notifikasi yang paling penting, membantu Anda tetap fokus tanpa gangguan yang tidak perlu. 

Ini mudah diakses dari bilah Fokus utama, dan Anda dapat menyesuaikan kontak dan aplikasi mana yang diizinkan untuk melewati mode ini. Anda bahkan dapat mengaktifkan fitur ini untuk mode Fokus apa pun.

Misalnya, saat Anda mengaktifkannya, ia hanya mempelajari dan menampilkan notifikasi penting. Ketika seorang kolega mengirimi saya pesan tentang makan siang pada pukul 11:20, pesan itu tidak muncul di notifikasi saya. 

Namun kolega lain sangat membutuhkan kata sandi akun, kata sandi itu ditandai sebagai penting dan segera mengingatkan saya. Fitur ini menjadi lebih baik tergantung seberapa sering Anda menggunakannya dan mengenali hal-hal yang penting.

5. Pencarian Foto 

Salah satu trik baru paling keren di aplikasi Foto iOS 18 adalah kemampuan untuk mencari banyak orang di gambar Anda. Katakanlah Anda sedang ingin melihat foto-foto diri Anda sedang berkumpul dengan teman. 

Selain itu, Anda dapat dengan mudah mengurutkan atau memfilter hasilnya untuk menemukan gambar persis yang Anda cari dengan cepat.

Ada juga fitur baru di aplikasi Foto yang disebut Memori. Anda dapat memberi tahu Apple Intelligence memori apa yang ingin Anda hidupkan kembali, dan Apple Intelligence akan menggabungkan foto dan video di ponsel Anda untuk menyiapkan film untuk Anda dengan judul dan musik. 

Ini seperti memiliki pembuat film pribadi untuk momen favorit Anda. Meskipun videonya bagus, itu bukanlah sesuatu yang ajaib. Tidak ada cara untuk mempengaruhi atau mengontrol hasil seperti musik latar, gambar, efek, dll.

Baca Juga: Ini Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Tidak Semua Dapat Fitur AI Apple Intelligence

6. Nuansa Baru Siri

Asisten kecil yang sedang nongkrong di bagian bawah layar Anda? Nah, dengan iOS 18.1, Siri menjadi lebih bersinar. Sekarang mengambil alih seluruh layar dengan beberapa animasi yang apik. 

Sepertinya Siri baru saja mendapat peningkatan kepribadian. Selain itu, jika Anda sedang tidak ingin berbicara, Anda cukup mengetuk dua kali bilah bawah dan mengetik apa yang Anda perlukan.

Mengenai kemampuan Siri sekarang, Anda kini dapat mengajukan banyak pertanyaan sekaligus. Sebelumnya, jika Anda bertanya tentang cuaca lalu ditindaklanjuti dengan, “Seberapa besar kemungkinan akan turun hujan?” Siri hanya akan menunjukkan suhunya. Tapi sekarang, Anda bisa terus bertanya. Misalnya, Anda bisa bertanya, “Berapa lama waktu yang saya perlukan untuk berkendara ke Mumbai?” lalu “Bagaimana cuaca di sana?” dan “Apa tempat terbaik untuk dijelajahi di Mumbai?” – dan Siri menyelesaikan semuanya.

Jika Anda pernah meminta bantuan Siri dan dikirim ke Safari untuk mencari tahu sendiri, hal itu juga berubah. Siri akan memandu Anda melakukan berbagai hal, seperti mengatur ulang iPhone, mengaktifkan mode gelap, dan banyak lagi, tanpa mengarahkan Anda ke pencarian web.

7. Meringkas Artikel 

Fitur AI kecil namun berguna lainnya yang saya gunakan akhir-akhir ini adalah fitur ringkasan di browser Safari. 

Meskipun ini bukan pertama kalinya saya melihat fitur ini – fitur ini sudah ada di ponsel Android selama bertahun-tahun. Sangat menyenangkan melihatnya akhirnya tersedia di iPhone. 

Untuk meringkas halaman web di Safari, tekan ikon Mode Pembaca (kotak kecil dengan garis horizontal), dan setelah Anda masuk, ketuk tombol Ringkas.

Itulah beberapa fitur Apple Intelligence yang wajib digunakan setiap orang. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News