Santai

7 Fitur Baru iOS 17.2 yang Makin Canggih, Bisa Aktifkan Video Spasial

7 Fitur Baru iOS 17.2 yang Makin Canggih, Bisa Aktifkan Video Spasial

MOMSMONEY.ID - Fitur terbaru iOS memang menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu. iOS 17.2 menghadirkan sejumlah fitur dan perubahan baru pada iPhone Anda untuk menjadikan pengalaman Anda secara keseluruhan menjadi lebih baik. 

Fitur baru iOS 17.2 yang makin canggih ini memiliki banyak manfaat dalam keseharian. Fitur tersebut termasuk aplikasi Jurnal, reaksi stiker di iMessage dan masih banyak lagi.

Mengutip Makeuseof, berikut ini 7 fitur baru iOS 17.2 yang makin canggih. 

Baca Juga: Cara Buat Stiker Pakai Foto di iPhone Tanpa Perlu Menggunakan Aplikasi Tambahan

1. Aplikasi Jurnal

Aplikasi Journal adalah salah satu fitur iOS 17 terbesar yang diumumkan Apple di WWDC 2023. 

Tujuannya adalah membantu Anda merefleksikan kesejahteraan mental Anda dengan membuat entri jurnal digital dan membantu Anda dengan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi menggunakan pembelajaran mesin di perangkat.

Setelah memperbarui iPhone ke iOS 17.2, Anda akan menemukan aplikasi Jurnal di Layar Utama. Luncurkan dan ketuk ikon plus (+) untuk mendapatkan rekomendasi mengenai apa yang ingin Anda buat jurnal, seperti riwayat mendengarkan Anda di Apple Music, olahraga Anda, dan banyak lagi.

Semua data Jurnal Anda dienkripsi secara menyeluruh antara perangkat Anda dan akun iCloud, dan semua pemrosesan dilakukan di perangkat, artinya Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah privasi.

Memanfaatkan ekosistem Apple, aplikasi ini menonjol karena personalisasinya yang unggul dibandingkan dengan aplikasi penjurnalan lain yang tersedia di App Store.

2. Pengisian Nirkabel Qi2

Meskipun mengisi daya iPhone Anda secara nirkabel melalui MagSafe adalah pilihan yang bagus, hal ini mendorong Anda lebih jauh ke dalam rangkaian aksesori Apple yang mahal—pengisi daya bersertifikasi MagSafe sering kali harganya lebih mahal daripada pengisi daya nirkabel tradisional.

Preview iOS 17

Untungnya, iOS 17.2 juga memungkinkan pemilik iPhone 13 dan iPhone 14 mengisi daya perangkat mereka menggunakan standar pengisian nirkabel Qi2. 

Ini memberikan beberapa manfaat dibandingkan pengisian daya Qi, seperti kecepatan pengisian daya hingga 15W, menempel secara magnetis ke ponsel Anda, menghasilkan panas lebih sedikit, dan banyak lagi. Selain itu, Anda dapat menggunakan pengisi daya yang berfungsi di berbagai platform.

3. Reaksi Stiker di iMessage

Bersamaan dengan iOS 17, Apple memperkenalkan kemampuan untuk membuat stiker khusus dari foto yang disimpan di iPhone Anda. Dimulai dengan iOS 17.2, Anda dapat menggunakan stiker tersebut untuk bereaksi terhadap teks di aplikasi Pesan.

Untuk menggunakan stiker atau Live Sticker sebagai reaksi, cukup tekan lama pada gelembung teks dan pilih Tambahkan Stiker. Kemudian, pilih stiker mana pun yang Anda suka untuk ditambahkan sebagai reaksi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Ikon Senyap di iPhone 15 Pro, Simak Langkahnya

4. Verifikasi Kunci Kontak untuk iMessage

Mirip dengan fitur Mode Lockdown yang diperkenalkan pada iOS 16, Verifikasi Kunci Kontak adalah fitur baru yang ditujukan untuk melindungi orang-orang yang mungkin menjadi target serangan siber canggih yang disponsori negara.

Verifikasi Kunci Kontak memastikan Anda mengirim pesan kepada orang yang Anda kira dan tidak ada pihak ketiga yang terlibat. Hal ini dilakukan dengan memverifikasi bahwa hanya perangkat resmi yang memiliki akses ke akun iMessage Anda, memeriksa kunci verifikasi perangkat, dan memperingatkan pengguna jika perangkat asing terdeteksi.

5. Opsi Terjemahan untuk Tombol Tindakan

Jika Anda memiliki iPhone 15 Pro atau iPhone 15 Pro Max, Anda mungkin sudah terbiasa menggunakan tombol Tindakan di iPhone. Anda dapat memilih dari serangkaian tindakan yang tersedia atau menetapkan pintasan favorit Anda untuk memaksimalkannya.

Dengan pembaruan iOS 17.2, ponsel Anda memungkinkan Anda menerjemahkan kata-kata yang diucapkan ke bahasa lain dengan cepat. Terjemahannya tidak hanya muncul di layar Anda, tetapi juga dibacakan dengan lantang. Untuk mengaturnya, buka Pengaturan > Tombol Tindakan dan geser ke kiri hingga Anda mendapatkan opsi Terjemahan.

Meskipun Anda dapat menetapkan pintasan khusus untuk ini sebelumnya, itu hanya akan meluncurkan aplikasi alih-alih menerjemahkan langsung apa yang Anda ucapkan. Jadi ini merupakan tambahan fantastis bagi wisatawan yang sering mengandalkan aplikasi Terjemahan Apple.

6. Perekaman Video Spasial untuk Vision Pro

Jika Anda memiliki iPhone 15 Pro atau iPhone 15 Pro Max, kini Anda dapat merekam video yang dioptimalkan untuk headset Apple Vision Pro. 

Mengaktifkan fitur Video Spasial di aplikasi Pengaturan memungkinkan Anda memanfaatkan kamera utama dan kamera ultra lebar secara bersamaan untuk merekam video dan menggabungkan rekaman.

Baca Juga: 10 Fitur Tersembunyi di iPhone yang Tidak Dibocorkan Apple, Apa Saja?

Saat Anda memutarnya di iPhone, Anda hanya akan melihat video 2D standar. Namun, Anda dapat mengharapkan pengalaman menonton menjadi jauh lebih mendalam ketika diputar melalui headset Vision Pro setelah tersedia pada tahun 2024. Perekaman Video Spasial saat ini dibatasi hingga 1080p pada 30 FPS.

7. Aplikasi Apple TV

Dengan iOS 17.2, Apple juga merombak aplikasi Apple TV menjadi lebih ramah pengguna. Saat membuka aplikasi dan memilih opsi Toko dari menu bawah, Anda akan melihat tidak adanya tab Film dan Acara TV yang biasanya muncul di bagian atas layar Anda. Kini keduanya sudah digabungkan di bagian Store, artinya Anda tidak perlu lagi beralih di antara keduanya.

Dengan pembaruan iOS 17.2, Apple terus meningkatkan kepuasan pengguna dan memberikan pengalaman iPhone yang lebih lancar dan menyenangkan. 

Untuk mengakses fitur dan peningkatan menarik ini, jangan ragu untuk memperbarui iPhone Anda sekarang dan temukan berbagai cara Apple membuat ponsel cerdas Anda menjadi lebih baik.

Itulah beberapa fitur baru iOS 17.2 yang semakin canggih dan menarik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News