Santai

4 Fitur Baru iOS 17 yang Tidak Diluncurkan saat Rilis, Apa Saja?

4 Fitur Baru iOS 17 yang Tidak Diluncurkan saat Rilis, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Fitur baru iOS 17 telah dinanti oleh pengguna iPhone. Namun, ternyata ada fitur baru iOS 17 yang tidak diluncurkan saat perilisan.

Pengguna iPhone harus menantikan fitur baru iOS 17 ini hingga iOS 18 tiba tahun depan. 

Lalu, apa saja fitur baru iOS 17 yang tidak diluncurkan saat perilisan? 

Mengutip Make Use Of, keempat fitur baru iOS 17 ini seharusnya dirilis pada peluncuran iOS 17. Akan tetapi, pengguna perlu menunggu hingga akhir tahun ini untuk menantikan fitur baru iOS 17 ini. 

Baca Juga: Gagal Update iOS Terbaru? Simak Cara Mengatasinya dan Ikuti 7 Tips Mudah Ini

Berikut 4 fitur baru iOS 17 yang tidak diluncurkan saat perilisan :

1. Aplikasi Jurnal 

Didemokan pada keynote WWDC 2023, ini adalah salah satu fitur iOS 17 terbaik. Anda dapat mencatat aktivitas sehari-hari, merenung, melatih rasa syukur, dan banyak lagi.

Untuk menjaga agar entri Anda aman dari pengintaian, aplikasi ini memanfaatkan autentikasi biometrik dan menyinkronkan data Anda melalui iCloud, dengan segala sesuatu yang dienkripsi secara end-to-end. Apple mengatakan Jurnal akan tiba di pembaruan iOS 17 "akhir tahun ini."

2. Daftar Putar Musik Apple Kolaboratif

Daftar Putar Kolaboratif adalah fitur Apple Music baru di iOS 17, iPadOS 17, dan macOS Sonoma yang memungkinkan Anda mengundang orang lain untuk bergabung ke daftar putar Anda.

Setiap orang dapat menambah, menghapus, dan mengurutkan ulang lagu di antrean Berikutnya dari perangkat mereka, dengan reaksi emoji yang tersedia di layar Sedang Diputar. 

Pengeditan Daftar Putar kolaboratif meluas ke CarPlay, dengan fungsi SharePlay memungkinkan penumpang untuk berkontribusi juga.

Namun menurut cetakan kecil dalam siaran pers iOS 17 yang diterbitkan di Ruang Berita Apple, Daftar Putar Kolaboratif akan tersedia "dalam pembaruan akhir tahun ini."

3. AirDrop melalui Internet

Salah satu fitur terbaik Apple adalah AirDrop, yang memungkinkan Anda berbagi konten dengan perangkat Apple terdekat. 

Pembaruan iOS 17, iPadOS 17, dan macOS Sonoma bertujuan untuk memperbaiki kelemahan terbesar AirDrop. 

Baca Juga: Cara Downgrade iOS 17 Beta ke iOS 16, Ikuti Tips Aman Ini

Dengan perubahan ini, AirDrop akan terus mengirimkan konten dengan aman melalui internet. 

4. AirPlay di Hotel 

Dengan iOS 17, Apple menghadirkan AirPlay ke hotel untuk memungkinkan Anda memancarkan foto, video, dan musik secara nirkabel dari iPhone, iPad, atau Mac ke TV di kamar Anda.

AirPlay menggunakan Bluetooth untuk informasi kedekatan, yang memungkinkannya menemukan perangkat terdekat, dan Wi-Fi untuk membuat koneksi langsung di antara keduanya. 

Namun, administrator TI hotel biasanya mematikan jaringan peer-to-peer untuk alasan keamanan, yang membuat AirPlay berhenti bekerja.

Untuk memperbaikinya, Apple bermitra dengan hotel dan perusahaan tertentu seperti LG, yang baru-baru ini mengumumkan dukungan AirPlay di Pro:Centric Smart Hotel TV-nya. 

Tamu akan memindai kode QR di TV kamar hotel mereka untuk mengotorisasi AirPlay.

Namun, kemampuan ini akan tersedia "sebelum akhir tahun", dimulai dengan IHG Hotels & Resorts, yang mengoperasikan 6.000 lokasi di seluruh dunia.

Fitur Terbaru iOS 17 

1. Desain Pusat Kontrol Baru

iOS 17 akan memiliki fitur "bagus untuk dimiliki" yang dimaksudkan untuk mengatasi beberapa fitur yang paling banyak diminta dari pengguna.

Setidaknya satu rumor menunjukkan salah satu fokus Apple di iOS 17 akan berada di Control Center.

Rumor ini mengklaim bahwa Apple sedang mempersiapkan "perubahan besar" ke Pusat Kontrol iPhone di iOS 17.

Saat ini, Pusat Kontrol dapat diakses dengan menggesek ke bawah dari kanan atas layar iPhone. Ini fitur akses cepat ke pengaturan untuk hal-hal seperti Wi-Fi dan mode pesawat serta antarmuka "Now Playing". 

Anda juga dapat menyesuaikan ubin di bagian bawah untuk menyertakan setelan yang paling sering digunakan.

2. Aplikasi Jurnal

Menurut Wall Street Journal, iOS 17 diatur untuk menyertakan aplikasi penjurnalan baru yang mengintegrasikan data dari aplikasi Apple lainnya, termasuk Find My.

Ini dilaporkan akan mencakup fitur yang mendeteksi kedekatan fisik pengguna dengan orang lain untuk membedakan antara teman di luar pekerjaan dan rekan kerja.

Baca Juga: Cara Membuat Saluran Siaran di Instagram Broadcast, Mirip Fitur Channel Telegram

3. Pembaruan aplikasi Temukan Saya dan Dompet

Tidak banyak detail di sini, tetapi aplikasi Wallet secara khusus dilaporkan akan menyertakan "beberapa penyesuaian dan peningkatan antarmuka pengguna".

4. Fitur Baru untuk Aplikasi Kesehatan 

Di aplikasi Kesehatan di iOS 17, Apple dilaporkan merencanakan dukungan untuk kemampuan pelacakan suasana hati dan emosi. 

Apple memiliki rencana yang lebih ambisius untuk fitur ini di masa mendatang, termasuk menggunakan "algoritma untuk menentukan suasana hati pengguna melalui ucapan mereka, kata apa yang telah mereka ketik, dan data lain di perangkat mereka".

Aplikasi Kesehatan juga dilaporkan akan menambahkan dukungan untuk mengelola kondisi penglihatan tahun ini. Namun, informasi yang lebih spesifik tentang fitur ini masih belum jelas.

Berdasarkan fitur-fitur baru tersebut, Apple juga dikabarkan akan menghadirkan aplikasi Health ke iPad untuk pertama kalinya. Secara historis, aplikasi Kesehatan hanya tersedia di iPhone.

5. Sideloading dan toko aplikasi pihak ketiga

Last but not least, Apple  dilaporkan akan membuka iPhone  ke toko aplikasi pihak ketiga dan pemuatan sampingan di Uni Eropa sebagai bagian dari iOS 17 musim gugur ini. 

Fitur-fitur ini dilaporkan akan memungkinkan pengguna untuk mengakses toko aplikasi pihak ketiga di iPhone mereka, tetapi Apple tidak berencana untuk membuatnya mudah. 

Spekulasi menunjukkan bahwa Apple kemungkinan akan menagih pengembang untuk menjadi bagian dari program, dan mereka akan menggunakan semacam proses berbasis profil konfigurasi.

Baca Juga: Cara Hapus Update iOS di iPhone yang Tidak Ingin Diinstal, Begini Langkahnya

Fitur side-loading dan app store pihak ketiga yang baru hanya akan tersedia di Uni Eropa, di mana Digital Markets Act berlaku. Apple tidak berencana membawa fitur tersebut ke Amerika Serikat atau negara lain.

6. Fitur layar pintar

Apple juga bersiap untuk memperluas fitur layar Selalu Aktif di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. 

iOS 17 dilaporkan akan menambahkan antarmuka "layar pintar" baru yang berfungsi saat iPhone dalam orientasi lanskap dan pengisian daya.

Antarmuka layar pintar baru di iOS 17 akan menampilkan informasi kepada pengguna seperti "janji tem

Nah itulah 4 fitur baru iOS 17 yang tidak diluncurkan saat perilisan nanti. Sudah siap menantikannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News