Keluarga

7 Cara Perbaiki Cita Rasa Masakan yang Terlalu Banyak Bawang, Agar Tak Bau dan Pahit

7 Cara Perbaiki Cita Rasa Masakan yang Terlalu Banyak Bawang, Agar Tak Bau dan Pahit

MOMSMONEY.ID - Masakan yang terlalu banyak bawang akan berubah rasa. Selain menimbulkan rasa pahit, makanan pun akan beraroma tak sedap.

Jika masakan Moms sudah terlanjur menambahkan terlalu banyak bawang, Moms tak perlu membuangnya & memulai masakan sedari awal. Ada cara mudah untuk perbaiki cita rasa masakan yang satu ini.

Berikut tiru cara perbaiki cita rasa masakan yang terlalu banyak bawang, ini dia.

Baca Juga: Berguna untuk Pemula, Ini 5 Cara Perbaiki Cita Rasa Makanan yang Terlalu Manis

Buang bawang dalam masakan

Jika masakan Moms menggunakan bawang utuh atau irisan bawang, sebisa mungkin untuk segera membuang bawang yang masih terlihat.

Meski masakan telah menyerap sebagian besar rasa bawang tersebut, namun dengan mengeluarkan bawang dari masakan, ini membuat rasanya tak semakin memburuk.

Tingkatkan suhu makanan

Salah satu cara perbaiki rasa masakan yang terlalu banyak bawang adalah dengan memasaknya pada suhu yang lebih panas.

Baca Juga: Garlic Salt dan Garlic Powder, Ini Sederet Perbedaan Fungsi dalam Masakan

Dikutip dari Kitchen Ambition, bawang putih mentah cenderung punya rasa yang lebih tajam & pedas. Sementara bawang putih yang telah matang rasanya berubah jadi lembut & gurih.

Jadi pada dasarnya, intensitas ketajaman rasa bawang bisa dikurangi dengan menambah waktu memasak ataupun menambah suhu masakan jadi lebih tinggi.

Tambahkan rempah berbau kuat

Kayu manis

Baca Juga: Trik Perbaiki Rasa Makanan yang Terlalu Asin, Moms Bisa Tiru Caranya!

Jika Moms menambahkan terlalu banyak bawang pada masakan, maka rasa bawang akan mendominasi masakan. Maka solusinya, Moms harus menambahkan rempah berbau menyengat lainnya untuk menutupi sebagian rasa bawang tersebut.

Moms bisa menggunakan rempa bubuk ataupun rempah segar, asalkan rempah tersebut punya bau menyengat yang bisa menutupi rasa bawang pada masakan.

Teknik pengenceran

Rasa masakan yang terlalu banyak bawang dapat diatasi dengan teknik pengenceran. Mengutip Spice Rally, teknik pengenceran adalah dimana masakan ditambahkan dengan air untuk melemahkan khasiat bawang yang berlebihan.

Misalnya apabila terlalu banyak bawang putih dalam sayur sup, maka Moms dapat menambahkan lebih banyak air kaldu untuk menetralkan aroma bawang putih tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Memperbaiki Rasa Masakan yang Terlalu Pedas, Biar Bisa Disantap Oleh Anak!

cara perbaiki rasa masakan yang terlalu banyak bawang

Tambahkan lemon/jeruk

Mengurangi intensitas rasa bawang yang terlalu banyak dalam masakan bisa diakali dengan menambahka bahan/bumbu bercita rasa asam, seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, ataupun cuka.

Sebaiknya, pertimbangkan juga jenis masakan apa yang sedang Anda masak. Jika masakan dominan rasa manis, lebih baik menggunakan jus jeruk yang memiliki kecenderungan rasa manis dan asam.

Jangan lupa untuk selalu melakukan koreksi rasa agar masakanmu tak berubah menjadi asam.

Baca Juga: Perbedaan Salted Butter vs Unsalted Butter, Jenis Mentega untuk Segala Masakan

Gunakan pemanis

Terlalu banyak bawang dalam masakan tumisanmu, maka bisa membuat masakan berubah jadi pahit. Cara terbaik melawan rasa pahit akibat terlalu banyak bawang adalah dengan menambahkan sesuatu yang manis.

Mengutip Spiceoghraphy, pemanis seperti gula atau madu dapat menaklukan rasa bawang yang terlalu dominan dalam masakan. Namun Moms juga perlu menambahkannya secara hati-hati agar masakan tetap terasa enak.

cara perbaiki rasa masakan yang terlalu banyak bawang

Baca Juga: Mengenal 5 Perbedaan Daun Basil dan Oregano untuk Dunia Kuliner

Tambahkan bahan krim

Bahan-bahan bertekstur krim bisa menjadi “pawang” dari masakan yang terlalu banyak bawang.

Moms bisa menggunakan saus krim hingga santan untuk beberapa masakan Asia Tenggara. Selain dapat mengencerkan bawang putih, saus krim & santan dapat mengurangi rasa pedas yang tajam dari bawang.

Itu dia sederet cara  perbaiki cita rasa masakan yang terlalu banyak bawang agar tetap lezat dan dapat dinikmati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News