Keluarga

7 Cara Memilih Foundation untuk Kulit Berjerawat, Jangan Sampai Salah!

7 Cara Memilih Foundation untuk Kulit Berjerawat, Jangan Sampai Salah!

MOMSMONEY.ID - Para pejuang jerawat wajib tahu, inilah 7 cara memilih foundation untuk kulit berjerawat.

Memiliki kulit yang mudah berjerawat merupakan sebuah tantangan tersendiri. Dibutuhkan perawatan yang tepat agar jerawat tidak semakin parah. Hal ini pun berlaku dalam ber-makeup.

Para pemilik kulit berjerawat harus paham betul mengenai cara memilih setiap produk makeup termasuk foundation yang baik untuk jenis kulit mereka.

Merangkum laman Maybelline, Make Over, dan Eva Mulia Clinic, ada 7 cara memilih foundation untuk kulit berjerawat. Simak baik-baik, berikut penjelasannya:

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan, Bisa Atasi Komedo hingga Ketombe

1. Pilih foundation berbasis air

Pilihlah foundation berbasis atau berbahan dasar air jika Anda memiliki kulit berjerawat.

Pasalnya, foundation jenis ini mampu mencegah penyumbatan di kulit, tidak membuat kulit berminyak, dan cenderung lebih ramah untuk kulit karena teksturnya yang ringan.

Pastikan produk foundation yang Anda pilih memiliki label non-comedogenic pada kemasannya, ya.

2. Pilih foundation berbentuk cair atau powder

Hindarilah penggunaan foundation padat atau stick jika kulit Anda berjerawat. Karena, formulanya yang cenderung lebih berat dan solid bisa membuat kulit sulit bernapas.

Sebaiknya, gunakan foundation berbentuk cair karena tergolong ringan dan mudah diratakan pada wajah.

Atau, pilihlah foundation berbentuk powder (bedak) karena dapat membantu menyerap minyak dengan sangat baik dan membuat kulit tampak matte lebih lama.

3. Pilih foundation dengan formula bebas minyak

Foundation dengan formula bebas minyak sangat cocok untuk kulit berjerawat karena tidak memicu produksi sebum pada wajah.

Adapun sebum yang berlebih ditambah kotoran yang menumpuk pada pori-pori dapat dengan mudah menyebabkan jerawat atau bahkan memperparahnya.

Oleh sebab itu, memilih foundation dengan formula bebas minyak adalah langkah tepat untuk menghasilkan complexion yang tahan lama tanpa khawatir kondisi jerawat akan memburuk.

4. Pilih foundation dengan finish matte

Foundation dengan hasil akhir matte sangat direkomendasikan bagi pemilik kulit berjerawat.

Foundation matte akan menghasilkan tampilan kulit yang mulus sekaligus bebas kilap.

Foundation jenis ini juga terbilang lebih tahan lama sehingga cocok untuk kulit berminyak.

Baca Juga: Ini 4 Cara Mengajarkan Anak Menjadi Sosok Pendengar yang Baik

5. Hindari formula shimmery

Efek kilau yang dihasilkan foundation shimmery berasal dari kandungan bismuth oxychloride atau pigmen dengan pearlescent finish yang banyak ditemukan pada bronzer, blush on, dan eyeshadow.

Sayangnya, kandungan tersebut dapat memperburuk jerawat khususnya cystic acne. Selain itu, foundation jenis ini juga bisa membuat wajah terlihat berminyak.

6. Hindari foundation yang mengandung alkohol

Alkohol sering ditemukan pada produk foundation karena mampu membantu foundation terserap ke dalam kulit. Alkohol juga bisa berfungsi sebagai astringent untuk mengurangi minyak di kulit wajah. Masalahnya, bahan ini dapat memicu kekeringan dan iritasi.

Kandungan alkohol dalam foundation dapat menyebabkan kelenjar minyak hilang kendali dan menimbulkan noda pada wajah. Adapun kandungan alkohol yang harus Anda waspadai adalah ethanol atau ethyl alcohol, denatured alcohol, methanol, isopropyl alcohol, SD alcohol, dan benzyl alcohol.

Jika Anda menemukan kandungan alkohol tersebut berada di bagian atas komposisi foundation, artinya konsentrasinya cukup tinggi dan bisa memperparah jerawat.

7. Cari foundation bebas wewangian

Wewangian yang ditemukan dalam banyak foundation merupakan bahan yang paling mungkin menyebabkan alergi.

Bahkan jika Anda tidak alergi terhadap wewangian, wewangian tetap dapat mengiritasi kulit Anda sehingga meningkatkan kondisi jerawat. Yang terbaik adalah memilih foundation bebas pewangi.

Demikian 7 cara memilih foundation untuk kulit berjerawat. Semoga bermanfaat ya, Moms.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News