Keluarga

6 Tips Mudik Aman dan Nyaman untuk Ibu Hamil, Selalu Sempatkan Istirahat

6 Tips Mudik Aman dan Nyaman untuk Ibu Hamil, Selalu Sempatkan Istirahat

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 6 tips mudik aman dan nyaman untuk ibu hamil di sini.

Menjelang Lebaran, siapa pun berhak mudik ke kampung halaman, tidak terkecuali ibu hamil. Meskipun cukup berisiko, bukan berarti Moms tidak boleh mudik sama sekali.

Asalkan kondisi kehamilan ehat, tidak ada komplikasi, Anda merasa kuat dan dokter kandungan mengizinkan, Anda tetap bisa bepergian jauh atau mudik di usia kehamilan berapa pun.

Jangan lupa juga untuk menerapkan 6 tips mudik aman dan nyaman untuk ibu hamil dari Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di Mayapada Hospital Kuningan, dr. Denny Khusen, Sp.OG, FICS, berikut ini:

1. Gunakan transportasi yang paling aman

Tips mudik aman dan nyaman untuk ibu hamil yang pertama yaitu gunakan transportasi yang paling aman.

Agar mudik berjalan lancar, kenyamanan dan keamanan ibu hamil adalah hal utama yang harus diperhatikan. Jadi, sebaiknya pilihlah transportasi umum dengan durasi paling singkat seperti pesawat.

Namun, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait kondisi kehamilan Anda sebelum mudik menggunakan pesawat. Biasanya, usia kandungan calon ibu akan menjadi pertimbangan izin terbang dari pihak dokter maupun maskapai.

Ingat, saat menggunakan transportasi umum apapun, pilihlah kelas eksekutif agar posisi duduk Anda lebih nyaman.

2. Persiapkan kondisi fisik dan mental

Tips mudik aman dan nyaman untuk ibu hamil yang kedua yaitu persiapkan kondisi fisik dan mental.

Melakukan perjalanan mudik dalam kondisi hamil bukanlah hal yang mudah. Saat sedang hamil, kondisi tubuh akan mudah lelah dan mental cenderung tidak stabil. Oleh karena itu, sebelum berangkat mudik, sebaiknya ibu hamil beristirahat dengan cukup dan mengonsumsi vitamin yang diperlukan.

Baca Juga: Gaya Baru, Bagi-Bagi Angpao Lebaran dengan Emas Pegadaian

Selain mempersiapkan kondisi fisik dan mental sang ibu, para suami pun harus memiliki kondisi fisik dan mental yang siap. Dengan begitu, para suami akan selalu siap siaga melayani segala kebutuhan ibu hamil selama perjalanan mudik.

3. Hindari makanan tinggi minyak dan gas

Tips mudik aman dan nyaman untuk ibu hamil yang ketiga yaitu menghindari makanan tinggi minyak dan gas.

Ibu hamil biasanya akan mudah merasa lapar dan haus. Jadi, jangan lupa membawa camilan untuk bekal perjalanan mudik ya, Moms.

Hindari membawa bekal makanan yang berminyak dan berkadar gas tinggi. Pasalnya, jenis makanan ini bisa menyebabkan haus, mual, dan perut terasa begah.

4. Penuhi kebutuhan cairan

Tips mudik aman dan nyaman untuk ibu hamil yang keempat yaitu penuhi kebutuhan cairan.

Mengingat Anda akan melakukan perjalanan jauh dengan si kecil dalam kandungan, maka menjaga tubuh agar tidak dehidrasi sangatlah penting.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu minum air putih agar cairan dalam tubuh Anda tetap terjaga, Moms.

Baca Juga: 5 Tips Membawa Bekal Saat Mudik, Hindari Makanan Ini Ya!

5. Luangkan waktu untuk istirahat

Tips mudik aman dan nyaman untuk ibu hamil yang kelima yaitu meluangkan waktu untuk istirahat.

Jika Moms mudik menggunakan transportasi pribadi, jangan ragu untuk beristirahat sejenak tatkala merasa lelah. Jangan memaksakan diri untuk terus berjalan saat kondisi tubuh menurun, karena bisa membahayakan kondisi kesehatan janin. Pilihlah tempat istirahat yang memiliki area parkir yang aman, ketersediaan makanan, hingga lokasi duduk yang nyaman.

Adapun durasi perjalanan mudik yang dianjurkan untuk ibu hamil yaitu maksimal 4 jam. Tidak peduli Anda mudik dengan pesawat, mobil, atau bahkan kereta api, duduk selama lebih dari 4 jam merupakan hal yang sangat tidak disarankan. Karena, ini bisa menimbulkan penyumbatan pembuluh darah pada tungkai.

Jika perjalanan mudik yang Anda tempuh lebih dari 4 jam, selingi dengan berjalan kaki atau peregangan ringan agar Anda tidak berada dalam posisi duduk terus-menerus.

6. Pakai baju yang nyaman

Tips mudik aman dan nyaman untuk ibu hamil yang terakhir yaitu memakai baju yang nyaman.

Ruang gerak ibu hamil akan menjadi sangat terbatas karena perut yang semakin membesar, jadi gunakanlah baju senyaman mungkin.

Moms bisa mengenakan baju berbahan elastis, longgar, serta menyerap keringat agar nyaman untuk bergerak.

Demikian 6 tips mudik aman dan nyaman untuk ibu hamil. Ingat, mudik dalam kondisi hamil memang cukup berisiko. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya pilihlah perjalanan singkat dan tidak memaksakan diri jika jarak kampung halaman cukup jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News