Keluarga

6 Tips Mudah Mempersiapkan Tradisi Open House Lebaran untuk Keluarga Besar

6 Tips Mudah Mempersiapkan Tradisi Open House Lebaran untuk Keluarga Besar

MOMSMONEY.ID - Mau menggelar tradisi open house Lebaran bareng keluarga besar? Yuk perhatikan beberapa hal berikut ini.

Open house Lebaran adalah sebuah istilah untuk menyebutkan kondisi dimana seseorang “membuka rumah” atau menyambut kedatangan siapapun selama Idul Fitri berlangsung.

Open house sendiri biasa ditujukan untuk bersilaturahmi & bercengkerama, baik bersama keluarga maupun tetangga. Tak cuma itu, ada pula kegiatan lain seperti makan-makan di rumah sang penyelenggara.

Nah, jika Anda adalah sang penyelenggara open house Lebaran di tahun ini, ada beberapa tips mudah agar semua acara dapat berjalan lancar.

Baca Juga: 25 Ucapan Idul Fitri 2024 dalam Bahasa Inggris dan Arti yang Menyentuh

Siapkan tempat duduk

Open house Lebaran tak mungkin berjalan lancar apabila tidak dipersiapkan tempat duduk agar para tamu lebih nyaman.

Jika tak memiliki cukup banyak kursi, Anda juga bisa menyiapkan karpet, atau bisa juga duduk di halaman rumah dengan konsep piknik.

Bersihkan kamar mandi

dekorasi kamar mandi pink

Kerap luput dari ingatan, kamar mandi menjadi ruangan vital yang diperlukan saat tengah menyelenggarakan open house lebaran.

Melansir dari Lotte Mart, kamar mandi harus disikat hingga ke bagian-bagian tersulitnya. Jangan lupa untuk menggantungkan pengharum ruangan agar tak berbau busuk.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Bunga Dekorasi Lebaran untuk Percantik Rumah di Hari Raya

Bersih-bersih rumah

Menjaga kebersihan rumah wajib dilakukan ketika Anda akan menyelenggarakan tradisi open house Lebaran untuk keluarga besar ataupun para tetangga di lingkungan rumah.

Pastikan untuk membereskan rumah beberapa hari sebelum pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri tiba. Hal ini untuk memastikan rumah benar-benar aman dari kotoran hingga bau tak sedap yang biasa menempel di ruangan-ruangan tertentu, mengutip dari Sehat Aqua.

Jangan lupa tambahkan beberapa dekorasi seperti memajang vas bunga di meja ruang tamu, hingga menempelkan pengharum ruangan supaya para tamu lebih nyaman.

Pindahkan perabotan & barang

rumah

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Jelang Lebaran ala Mantan TKI yang Masuk Daftar Forbes

Melansir dari Kompas, salah satu tips yang wajib dilakukan sebelum menyelenggarakan open house Lebaran yakni dengan memindahkan banyak perabotan & barang-barang tak penting.

Pastikan ruang tamu / ruang yang akan dijadikan tempat berkumpulnya tamu telah bersih dari perabotan besar seperti lemari, dan tak ada barang yang mengganggu seperti payung, rak sepatu, dll.

Pindahkan semua barang tersebut ke ruagan lain seperti kamar pribadi ataupun area tertentu.

Memasak masakan khas Lebaran

Resep Opor Ayam Lebaran

Baca Juga: Highway Hypnosis saat Mudik Lebaran: Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahan

Open house Lebaran tak lengkap rasanya jika tak menyuguhkan tamu dengan aneka menu masakan khas Lebaran seperti opor ayam hingga rendang sapi.

Pastikan juga untuk memasaknya dalam porsi banyak apabila tamu yang diundang banyak.

Persiapkan kue kering

Resep Pitmopen si Kue Kacang Mede

Kue kering Lebaran seperti nastar, kue putri salju, cheese stick, hingga kue kacang wajib dipajang di meja ruang tamu sebagai suguhan bagi para tamu yang melakukan silaturahmi open house ke rumah kita.

Beberapa cara di atas bisa Anda terapkan sebelum menyelenggarakan tradisi open house Lebaran untuk keluarga besar atau para tetangga di lingkungan rumahmu.

Selanjutnya: 7 Minuman Alami Pengancur Batu Ginjal Tanpa Repot Operasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News