HOME, Keluarga

6 Teknik Memasak untuk Pemula yang Harus Diketahui

6 Teknik Memasak untuk Pemula yang Harus Diketahui

MOMSMONEY.ID - Untuk anda para pemula, MomsMoney punya info penting mengenai teknik memasak yang harus anda ketahui.

Meski tidak pandai memasak, tapi anda wajib tahu beberapa teknik memasak ini sebagai pengetahuan agar bisa memvariasikan masakanmu.

Untuk itu, MomsMoney akan memberitahumu berbagai jenis teknik memasak. Dirangkum dari Royco, berikut 6 teknik memasak yang bisa bikin masakanmu makin beragam, selengkapnya!

Memasak

Baca Juga: 5 Tips Membuat Ayam Goreng yang Crispy & Empuk

Poaching

Teknik memasak pouching ini terbilang unik, Moms! Hal ini karena pouching tidak hanya menggunakan air saja, tetapi bisa juga diganti menjadi kuah kaldu, cuka, ataupun jus buah.

Poaching bukan hanya sekadar merebus biasa, melainkan merebus menggunakan suhu air yang lebih rendah.

Dilansir dari PCC Markets, teknik memasak pouching ini membuat makanan menjadi jauh lebih lembut dan empuk. Selain itu, protein dalam makanan tidak akan menghilang karena direbus dalam suhu yang tidak terlalu panas.

Contoh makanan dengan teknik pouching ini adalah Pouched Egg.

Baca Juga: Apa sih Bedanya Cupcake & Muffin? Yuk, Cari Tahu!

Deep Frying

Dilansir dari Jessica Gavin, teknik memasak deep frying adalah metode memasak dengan merendam makanan sepenuhnya ke dalam minyak panas.

Suhu yang dipakai ketika memasak mencapai 204°C yang gunanya agar bisa mendapatkan warna kuning keemasan pada makanan yang digoreng meski dimasak dalam waktu yang singkat.

Teknik memasak deep frying ini biasa dilakukan di restoran-restoran cepat saji ketika menggoreng french fries.

Baca Juga: Promo McDonalds 17-21 September 2021, September Ceria Beli 3 Ayam + 3 Nasi Rp 45.000

Sautéing

Teknik memasak selanjutnya ialah sautéing.

Memasak teknik sauteing

Dilansir dari cooking light, sautéing merupakan teknik menumis makanan secara cepat dalam jumlah kecil dengan menggunakan minyak goreng seminimal mungkin. Teknik memasak sautéing ini dilakukan di atas api yang panas.

Uniknya, meski minyak yang dipakai sangat sedikit, namun proses memasak pada api maksimal dapat membantu meratakan keseluruhan makanan yang dimasak hingga berwarna kecoklatan, lo!

Teknik memasak dengan menumis atau sautéing ini diambil dari bahasa Perancis, yakni sauté yang artinya “loncat”. Disebut meloncat-loncat karena saat menumis, makanan harus selalu dibolak balik agar merata sehingga menimbulkan kesan ‘makanan sedang meloncat-loncat’.

Baking

Teknik memasak baking adalah metode memasak dengan menggunakan energi panas untuk memasak makanan secara tidak langsung pada suhu lebih rendah.

Energi panas ini disebut dry heat cooking yang dapat dilakukan jika anda memasak menggunakan oven.

Makanan-makanan yang bisa anda masak menggunakan metode memasak baking ialah makanan berbahan dasar tepung dan roti. Anda bisa membuatnya menjadi berbagai macam cake, pastry, ataupun roti.

Baca Juga: Resep Iga Sapi & Bakso Penyet Sambal Terasi yang Maknyus di Lidah

Broiling

Hampir sama seperti baking, namun perbedaan pada teknik memasak broiling adalah metode memasak dengan menggunakan energi panas secara langsung pada suhu lebih tinggi.

Dilansir dari Healthline, teknik memasak broiling cocok digunakan untuk memasak makanan seperti daging, ikan, buah-buahan, dan sayuran pada suhu 289°C.

Oven yang digunakan pada teknik memasak broiling ini haruslah disesuaikan dengan suhu yang tinggi agar energi panasnya bisa mematangkan makanan seperti daging ayam ataupun daging sapi.

Baca Juga: Mengenal Teknik Memasak Bain Marie, Yuk Cari Tahu!

Steaming

Steaming adalah teknik memasak dengan cara mengukus menggunakan uap air pada suhu titik didih.

Tidak seperti menggoreng, metode memasak dengan menggunakan teknik steaming membuat makanan tetap terjaga nutrisinya hingga 50%.

Anda disarankan untuk menggunakan metode steaming ini untuk memasak makanan penuh gizi seperti ikan, sayuran, dan seafood.

Selanjutnya: Promo Richeese Factory Flash Sale, 3 Fire Chicken Rp 50.000-an di Outlet Tertentu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News