Bugar

Hati-Hati! Kenali 3 Tanda Kolesterol Naik Berikut Ini

Hati-Hati! Kenali 3 Tanda Kolesterol Naik Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Kolesterol tinggi umumnya tidak menimbulkan gejala yang jelas. Namun, ada beberapa tanda yang mungkin menunjukkan bahwa kadar kolesterol Anda telah meningkat dan membutuhkan perhatian medis. Lantas, apa saja tanda kolesterol naik sebenarnya?

Memahami tanda-tanda ini dapat membantu Anda mengambil langkah pencegahan lebih awal untuk menghindari komplikasi jangka panjang. Menyadur dari laman Alodokter, berikut adalah tiga tanda kolesterol naik yang tidak boleh Anda abaikan.

1. Kelelahan dan nyeri kaki

Penumpukan plak di pembuluh darah, akibat dari kadar kolesterol yang tinggi, dapat menghambat aliran darah ke berbagai jaringan tubuh. Ini sering menyebabkan kelelahan.

Jika plak menumpuk di pembuluh darah kaki, hal ini juga dapat menyebabkan nyeri kaki, yang merupakan salah satu indikasi kolesterol tinggi.

Baca Juga: 5 Resep Salad Sayur untuk Diet yang Enak dan Mudah Dibuat, Coba yuk!

2. Nyeri dada

Ketika kadar kolesterol sangat tinggi, plak juga bisa menumpuk di pembuluh darah jantung. Penumpukan ini bisa menghambat aliran darah menuju jantung dan menyebabkan nyeri dada. Dalam keadaan parah, jika aliran darah terhambat total, bisa terjadi serangan jantung.

Baca Juga: Kenapa Obat Kolesterol Diminum Malam Hari? Inilah Jawabannya

3. Nyeri tengkuk

Walaupun nyeri tengkuk bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti ketegangan otot atau masalah saraf, nyeri ini juga sering terkait dengan kolesterol tinggi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penumpukan plak di pembuluh darah di leher, yang dapat mengganggu aliran darah ke otak.

Mengingat tanda-tanda kolesterol naik bisa tidak pasti atau bahkan tidak menimbulkan gejala sama sekali, cara yang paling efektif untuk mengetahui kadar kolesterol adalah melalui tes darah.

Tes ini penting untuk melakukan deteksi dini dan mencegah komplikasi lebih lanjut yang berkaitan dengan kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News