Keluarga

6 Manfaat Minum Air Setelah Berhubungan Seks, Bagus untuk Penis!

6 Manfaat Minum Air Setelah Berhubungan Seks, Bagus untuk Penis!

MOMSMONEY.ID - Inilah 6 manfaat minum air setelah berhubungan seks. Simak sampai akhir ya.

Saat Anda berhubungan seks, tubuh akan menjadi aktif secara fisik, hormon-hormon tertentu akan dilepaskan, dan energi akan terkuras banyak. Akibatnya, tubuh cenderung lelah dan sangat mungkin mengalami dehidrasi setelahnya.

Meskipun dehidrasi jangka pendek tidak berakibat fatal, namun kondisi ini bisa menyebabkan pusing, kelelahan, dan kekeringan vagina jika dibiarkan.

Agar tidak dehidrasi, biasakanlah diri Anda untuk minum air setelah berhubungan seks. Bagi wanita yang bermasalah dengan vagina kering, minum air setelah berhubungan seks dapat membantu meningkatkan performa seksual dengan melumasi vagina.

Disarankan juga untuk para pria, berikut 6 manfaat minum air setelah berhubungan seks dilansir dari SemicHealth.

Baca Juga: Bikin Wajah Lembab dan Lembut, Ini 4 Manfaat Cuci Muka Menggunakan Air Hangat

1. Mengeluarkan bakteri dari dalam tubuh

Manfaat minum air setelah berhubungan seks yang pertama yaitu mengeluarkan bakteri dari dalam tubuh.

Minum air mampu menghidrasi tubuh dan mendorong buang air kecil. Saat Anda buang air kecil, itu dapat mengeluarkan bakteri dari dalam tubuh sekaligus mencegah kemungkinan infeksi di masa depan.

Minum air juga merupakan cara yang baik untuk mengeluarkan racun dari tubuh sesaat setelah berhubungan seks.

2. Mengembalikan energi yang hilang

Manfaat minum air setelah berhubungan seks yang kedua yaitu mengembalikan energi yang hilang.

Aktivitas seksual merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik, sehingga cenderung menguras energi. Untuk membantu mengisi kembali energi yang hilang setelah berhubungan seks, teguklah segelas air. Selain mengembalikan energi, minum air setelah berhubungan seks juga dapat mencegah dehidrasi.

Penelitian menunjukkan bahwa air mampu meningkatkan metabolisme yang pada gilirannya berdampak positif pada tingkat energi. Jadi, minum air sangat disarankan terlebih jika Anda ingin melakukan hubungan seks lagi.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat minum air setelah berhubungan seks yang ketiga yaitu melancarkan pencernaan.

Bagi Anda yang gemar makan setelah berhubungan seks, minum air dapat membantu memecah makanan lebih cepat.

Minum air setelah berhubungan seks juga bisa mencegah sembelit dengan memperlancar buang air besar.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Wewangian Sesuai Penggunaan, Tidak Sulit!

4. Mencegah kejang dan kram otot

Manfaat minum air setelah berhubungan seks yang keempat yaitu mencegah kejang dan kram otot.

Beberapa orang kerap mengalami kejang dan kram otot setelah aktivitas seksual yang intens. Tentu hal ini akan meninggalkan pengalaman yang tidak menyenangkan setelah berhubungan seks.

Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti pelepasan prostaglandin (senyawa dengan efek mirip hormon yang dapat menyebabkan kontraksi otot) saat terjadi orgasme, penetrasi dalam, kekeringan vagina, ovulasi, dan kondisi medis.

Salah satu cara untuk mencegah atau mengatasi kejang dan kram otot setelah berhubungan seks yaitu dengan minum air. Selain air putih, Anda juga bisa minum air yang mengandung elektrolit. Menurut beberapa penelitian, minum air yang mengandung elektrolit seperti natrium dapat mengurangi risiko kram.

5. Mengurangi kecemasan

Manfaat minum air setelah berhubungan seks yang kelima yaitu mengurangi kecemasan.

Minum cukup air dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. Sebuah studi kecil pada tahun 2011 menunjukkan dehidrasi ringan dikaitkan dengan gangguan kinerja kognitif, kelelahan, ketegangan, dan kecemasan pada orang yang memiliki penis.

Karena kondisi mental dapat mempengaruhi kinerja seksual dan menyebabkan disfungsi ereksi, maka minum air setelah berhubungan seks mungkin bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental. Bahkan, kebiasaan ini juga bisa membantu mengurangi gejala kecemasan pada orang dengan kecemasan seksual atau kecemasan kinerja seksual.

6. Meningkatkan kehidupan seks

Manfaat minum air setelah berhubungan seks yang keenam yaitu meningkatkan kehidupan seks.

Minum air setelah berhubungan seks sangat baik untuk kesehatan seksual karena dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan suasana hati. Sebaliknya, kurang minum air bisa menyebabkan dehidrasi yang kerap memicu kelelahan dan menurunkan minat untuk melakukan hubungan seks berikutnya atau di waktu mendatang.

Bagi pria, minum air setelah berhubungan seks akan meningkatkan aliran darah ke penis. Sehingga, penis menjadi lebih kuat, sehat, dan keras.

Di sisi lain, dehidrasi akibat kurang minum air secara tidak langsung dapat menyebabkan disfungsi ereksi dengan cara menyempitkan pembuluh darah dan mengganggu aliran darah ke penis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News