Keluarga

Bikin Wajah Lembab dan Lembut, Ini 4 Manfaat Cuci Muka Menggunakan Air Hangat

Bikin Wajah Lembab dan Lembut, Ini 4 Manfaat Cuci Muka Menggunakan Air Hangat

MOMSMONEY.ID - Ini 4 manfaat cuci muka menggunakan air hangat yang sayang untuk Anda lewatkan.

Mencuci muka menggunakan air hangat sebenarnya diperbolehkan asalkan air hangat yang digunakan bersuhu suam-suam kuku alih-alih panas.

Untuk manfaatnya sendiri, mencuci muka menggunakan air hangat bisa membantu membuka pori-pori wajah, melembabkan wajah, membuat kulit wajah terasa lebih lembut, hingga membuat formula skincare menjadi mudah menyerap.

Selengkapnya, berikut 4 manfaat cuci muka menggunakan air hangat dilansir dari laman Siloam Hospitals.

Baca Juga: Sedang Diet? Ini 5 Menu Sarapan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

1. Membuka pori-pori wajah

Manfaat cuci muka menggunakan air hangat yang pertama yaitu membuka pori-pori wajah.

Paparan suhu hangat pada wajah mampu membuat pori-pori terbuka. Sehingga, minyak, kotoran, dan debu yang menumpuk di pori-pori wajah bisa terangkat dengan mudah saat mencuci muka menggunakan air hangat.

Apabila minyak, kotoran, dan debu yang terperangkap di pori-pori dapat terangkat dengan baik, kulit wajah pun akan terhindar dari jerawat.

2. Melembabkan wajah

Manfaat cuci muka menggunakan air hangat yang kedua yaitu melembabkan wajah.

Manfaat ini bisa Anda rasakan apabila Anda mengaplikasikan pelembab atau moisturizer sesaat setelah mencuci muka menggunakan air hangat.

Efektivitas pelembab cenderung akan meningkat apabila dioleskan pada wajah yang sedikit basah oleh air hangat. Kemudian, pelembap tersebut akan membentuk lapisan dan menyerap air yang tersisa di kulit, sehingga kelembaban bisa bertahan lebih lama pada wajah.

Baca Juga: 5 Vitamin Atasi Rambut Rontok, Bantu Rambut Baru Tumbuh!

3. Membuat kulit wajah terasa lebih lembut

Manfaat cuci muka menggunakan air hangat yang ketiga yaitu membuat kulit wajah terasa lebih lembut.

Jika Anda memiliki kondisi kulit wajah yang terasa kaku dan menebal, maka salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan mencuci muka menggunakan air hangat.

Biasanya, kondisi kulit wajah yang terasa kaku dan menebal disebabkan oleh infeksi bakteri atau bekas luka. Nah, dengan mencuci muka menggunakan air hangat, itu dapat membantu melembutkan tekstur kulit. Alhasil, kulit yang sebelumnya terasa kaku akan kembali kenyal dan lembut.

4. Membuat formula skincare menjadi mudah menyerap

Manfaat cuci muka menggunakan air hangat yang keempat yaitu membuat formula skincare menjadi mudah menyerap.

Pori-pori yang terbuka setelah mencuci muka dengan air hangat dapat memudahkan kulit dalam menyerap formula skincare.

Dengan begitu, efek dari produk skincare yang Anda gunakan akan menjadi lebih optimal.

Itulah 4 manfaat cuci muka menggunakan air hangat. Perlu diingat untuk tidak mencuci muka menggunakan air panas. Pasalnya, air panas dapat menghilangkan keratin (zat lemak yang berperan dalam menahan air di kulit) serta memperburuk kondisi kulit yang sedang meradang.

Jadi, pastikan suhu air tidak terlalu panas. Kemudian, setelah mencuci muka menggunakan air hangat, jangan lupa untuk membilas wajah dengan air dingin. Langkah ini bermanfaat untuk membantu mengecilkan pori-pori dan meningkatkan sirkulasi darah di wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News