Bugar

6 Manfaat Glycerin untuk Wajah, Kulit Jadi Lembab!

6 Manfaat Glycerin untuk Wajah, Kulit Jadi Lembab!

MOMSMONEY.ID - Cocok untuk kulit kering, Anda bisa mengenal manfaat glycerin untuk kulit wajah. Sebenarnya glycerin diproduksi oleh tubuh, senyawa ini mampu membuat kulit lebih sehat dan lembap. 

Melansir dari anessa.id, Glycerin atau gliserol adalah senyawa kimia gliserida yang terdiri dari berbagai macam lemak.

Kandungan ini, bekerja sebagai humektan, yaitu bahan aktif yang mampu menembus hingga ke dalam lapisan kulit dan memberikan banyak manfaat. 

Selain mampu melembabkan kulit, glycerin juga memiliki banyak manfaat lainnya. Masih bersumber dari anessa.id, simak penjelasannya di bawah ini : 

Baca Juga: Promo PegiPegi dan Pinhome Service, Dapatkan Voucher Diskon Rp 50.000

1. Menjaga Kekenyalan Kulit

Pertama, kandungan glycerin bisa menjaga kekenyalan kulit. Hal ini dikarenakan gliserin memiliki kandungan anti-aging di dalamnya yang dapat mencegah kulit menjadi keriput atau kering sehingga tetap kenyal

2. Mencerahkan Kulit

Manfaat glycerin yang mampu memberikan kelembapan dan menjaga kekenyalan pada kulit secara tidak langsung mencegah kulit yang terlihat kusam. Hasil akhirnya, kulit menjadi lebih cerah, bercahaya, dan tidak terlihat lelah. 

Baca Juga: Penuhi 4 Vitamin Ini untuk Masalah Kulit Berjerawat dan Kusam

3. Mencegah Komedo dan Jerawat

Selanjutnya, glycerin bisa mencegah munculnya komedo dan jerawat. Hal ini karena glycerin memiliki tingkat iritasi yang rendah, sehingga cocok digunakan pada kulit berjerawat dan memiliki komedo.

Glycerin juga salah satu kandungan bebas minyak dan non-comedogenic, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori pada kulit. 

4. Memperkuat Skin Barrier

Glycerin dipercaya bisa memperkuat skin barrier. Permukaan kulit memiliki lapisan pelindung kulit yang seringkali disebut dengan skin barrier.

Lapisan pelindung ini memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari berbagai masalah seperti jerawat, komedo, dan bruntusan.

Glycerin memiliki peran untuk menjaga skin barrier agar tetap kuat dan tidak menipis sehingga kulit terhindar dari berbagai masalah kulit. 

Baca Juga: Sempat Viral, Ini 4 Manfaat Ricotta Cheese untuk Kesehatan. Bagus buat Diet Lho!

5. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Manfaat glycerin berikutnya adalah melindungi kulit dari radikal bebas. Munculnya kerutan atau flek hitam pada kulit bisa jadi disebabkan oleh menumpuknya radikal bebas secara berlebih yang berasal dari polusi, sinar UV, atau debu dan sisa makeup yang menempel.

Kandungan glycerin mampu berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas pada kulit. 

6. Membantu Pemulihan Masalah Kulit

Manfaat glycerin lainnya adalah membantu pemulihan masalah kulit. Sel-sel pada kulit akan bekerja secara berangsur ketika kulit mengalami luka.

Proses pemulihan kulit akibat luka ini dapat dipercepat dengan kandungan glycerin yang dapat membantu perbaikan jaringan dan sel kulit.

Selain itu, glycerin juga berfungsi sebagai obat alami pada masalah kulit seperti eksim, infeksi jamur, memar, dan psoriasis. 

Jadi, itulah beberapa manfaat glycerin untuk kulit wajah. Pilihlah produk skincare yang mengandung bahan ini di dalamnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News