Bugar

Pahami 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit, Jadi Lembab!

Pahami 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit, Jadi Lembab!

MOMSMONEY.ID - Ada banyak manfaat lidah buaya untuk kulit, wajar saja jika sering dijadikan kandungan produk skincare. Tanaman ini sudah sejak lama digunakan untuk merawat kulit dan rambut. Lidah buaya cukup aman digunakan untuk semua jenis kulit. 

Jika Anda belum mencoba skincare berbahan lidah buaya, berikut lima manfaat lidah buaya yang harus Anda tahu dilansir dari jovee.id, yaitu: 

1. Megobati Luka Bakar

Manfaat pertama lidah buaya adalah mengobati luka bakar. Pada luka bakar ringan, oleskan gel lidah buaya ke area yang terbakar. Pastikan membersihkan luka bakar terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan gel lidah buaya ini ya.

Oleskan secara rutin tiga kali sehari untuk membantu mendinginkan dan membantu meredakan luka bakar. Jika perlu, Anda dapat melindungi area yang terkena luka bakar tersebut dengan kain kasa.

Baca Juga: 5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan, Cegah Tanda Penuaan!

2. Mendinginkan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Manfaat lidah buaya untuk kulit selanjutnya adalah mendinginkan kulit terbakar sinar matahari. Bagi Anda yang banyak beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari atau sedang berlibur ke pantai, jangan lupa untuk membawa gel lidah buaya.

Gel lidah buaya dapat membantu meredakan sengatan matahari. Manfaat lidah buaya bagi kecantikan yang satu ini sudah dibuktikan melalui penelitian para ahli.

Meskipun dapat membantu mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari, tetapi ini bukan cara yang efektif untuk mencegah sengatan matahari. Anda tetap harus menggunakan tabir surya untuk perlindungan maksimal.

3. Melembapkan Kulit

Kemudian, lidah buaya bisa melembapkan kulit. Gel lidah buaya dapat dengan mudah menyerap ke dalam pori-pori kulit. Dengan sifat seperti ini, lidah buaya ideal untuk membantu melembapkan kulit, khususnya bagi kulit yang berminyak.

Namun, lidah buaya juga bisa membantu merawat kulit yang kering. Anda bisa menggunakannya setelah mandi untuk membantu menyegel kelembapan alami pada kulit.

Baca Juga: Waspada Lembaga Pinjol Ilegal dan Investasi Bodong dengan Kenali Ciri-Ciri Ini

4. Mengatasi Eksim

Berikutnya, lidah buaya juga bisa mengatasi eksim. Eksim adalah sebuah kondisi kesehatan di mana terjadinya pembengkakan pada kulit. Saat terjadi reaksi alergi, eksim muncul ditandai dengan ruam kemerahan yang terasa gatal.

Meskipun kondisi ini tidak menular, tetapi bisa membuat penderitanya tidak nyaman. Lidah buaya dapat dijadikan sebagai pelembap untuk penderita eksim. Lidah buaya dapat membantu meringankan kulit kering dan gatal yang terkait dengan eksim.

5. Mengatasi Jerawat Meradang

Manfaat lidah buaya untuk kulit lainnya adalah mengatasi jerawat meradang. Jerawat dapat dialami oleh siapa saja, tidak hanya oleh remaja. Jerawat terjadi karena peradangan kulit.

Apabila Anda sedang mengalami jerawat, kulit Anda perlu ditenangkan. Anda bisa mencoba lidah buaya sebagai perawatan untuk jerawat meradang yang sedang dialami.

Manfaat lidah buaya bagi kecantikan untuk jerawat meradang ini dapat membantu mengobati jerawat seperti pustula dan nodul. Oleskan gel lidah buaya menggunakan kapas atau cotton bud ke area jerawat yang meradang secara langsung sebanyak tiga kali sehari.

Sekarang Anda sudah tahu manfaat lidah buaya untuk kulit. Wajar saja jika bahan alami ini sering dijadikan sebagai kandungan utama produk skincare. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News