Bugar

Inilah 6 Cara Menghilangkan Ketombe Parah dengan Haircare Routine

Inilah 6 Cara Menghilangkan Ketombe Parah dengan Haircare Routine

MOMSMONEY.ID - Gatal dan tidak nyaman, inilah cara menghilangkan ketombe parah dengan haircare rutin. Ketombe disebabkan minyak berlebih dan kulit kepala meradang. 

Keramas terlalu sering juga bisa menyebabkan kulit kepala kering dan menyebabkan ketombe. Oleh karena itu, Anda harus menjaga keseimbangan rambut dan kulit kepala. 

Kalau Anda sedang mengalami ketombe parah, simak enam cara menghilangkan ketombe dengan haircare rutin, dilansir dari cnfstore.com: 

1. Pakai sampo anti ketombe 

Cara menghilangkan ketombe parah salah satunya dengan menggunakan sampo anti ketombe.

Gunakan sampo anti ketombe yang mengandung zinc, selenium, dan ketokonazol. Untuk manfaat maksimal, sampo harus dibiarkan di kulit kepala selama lima menit sebelum dibilas.

2. Lakukan scrub kulit kepala

Cara menghilangkan ketombe parah selanjutnya adalah dengan melakukan scrub kulit kepala. Scrub kulit kepala sangat penting dilakukan bagi siapa saja yang mengalami tanda-tanda ketombe berminyak.

Scrub dapat menghilangkan sel kulit mati dan minyak berlebih dengan cara pengelupasan serta tetap menjaga tingkat kelembapan yang sehat.

Scrub kulit kepala juga bagus untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Lakukan scrub lembut satu hingga dua kali seminggu menggunakan produk rambut yang lembut.

Hindari menggosok, menyikat, atau menggaruk kulit kepala terlalu keras karena dapat memperburuk area yang teriritasi sehingga ketombe parah dan tak kunjung mereda.

Baca Juga: Sebelum Mudik, Berikut 6 Cara Cepat Membersihkan Dapur

3. Aplikasikan scalp treatment secara teratur

Berikutnya, aplikasikan scalp treatment secara teratur. Scalp treatment adalah cara yang paling bagus untuk mengatasi ketombe parah, karena menggunakan bahan dengan sifat anti jamur dan anti inflamasi.

Setelah mengoleskan produk untuk kulit kepala, lakukan pemijatan lembut yang bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala dan juga meredakan rasa gatal. 

Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami minyak kelapa mentah extra virgin yang juga anti jamur dan anti inflamasi. Minyak kelapa ini dapat membantu memberi hidrasi dan efek pengelupasan.

Cara memakainya mudah dengan menghangatkan minyak kelapa dan oleskan langsung ke kulit kepala sambil memijatnya. Biarkan selama 45 menit sebelum dibilas dengan sampo dan kondisioner. Lakukan perawatan ini selama tiga kali seminggu.

4. Bilas rambut dengan cuka sari apel

Kemudian, bilas rambut Anda dengan cuka sari apel. Cuka sari apel dapat membantu menghilangkan penumpukan di kulit kepala, menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan rambut, serta membantu menutup kutikula agar rambut lebih berkilau.

Selain itu, cuka juga dapat membantu membersihkan sel kulit mati dan menenangkan kulit kepala pada saat yang bersamaan.

Baca Juga: Promo Tiket.com THR, Dapatkan Diskon Bus & Travel hingga Rp 125.000

5. Hindari pemakaian produk styling 

Perlu Anda ingat untuk menghindari pemakaian produk styling. Setiap produk styling berbahan kimia yang mengandung alkohol, seperti dry shampo, jika digunakan berlebihan bisa menyebabkan penumpukan residu dan iritasi lebih lanjut.

Jika produk styling yang Anda miliki  tidak memiliki khasiat untuk mengatasi peradangan dan iritasi, sebaiknya hindari pemakaiannya terlebih dahulu. 

6. Terapkan diet makanan sehat

Cara menghilangkan ketombe parah lainnya adalah terapkan diet makanan sehat. Perubahan pola makan sehat juga dapat berdampak signifikan pada kesehatan kulit kepala.

Untuk menjaga kulit kepala tetap sehat, kurangi konsumsi lemak dan gula yang tidak sehat, seperti gorengan dan gula olahan. Cara untuk mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe adalah dengan menghindari makanan glukosa tinggi.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe parah dengan haircare rutin yang bisa Anda lakukan. Yuk, cobain!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News