Keluarga

5 Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan di Rumah Sebelum Pergi Mudik

5 Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan di Rumah Sebelum Pergi Mudik

MOMSMONEY.ID - Sebagai pemilik hewan peliharaan, mungkin Anda bingung saat harus pergi meninggalkan hewan peliharaan di rumah. Apalagi saat Anda hendak mudik ke kampung halaman. Ada tips meninggalkan hewan peliharaan di rumah sebelum pergi mudik. 

Tips meninggalkan hewan peliharaan di rumah sebelum pergi mudik berikut ini dapat Anda simak dengan baik.

Sebelum pergi mudik, Anda harus merencanakan apa yang Anda lakukan dengan hewan peliharaan. Cara menangani hewan peliharaan Anda saat ditinggal sendirian bisa berbeda-beda, dan sering kali meninggalkannya bersama teman atau pengasuh profesional. 

Baca Juga: Begini Cara Menjaga Tanaman Hias Tetap Hidup saat Ditinggal Pergi Mudik

Jika Anda belum pernah meninggalkan hewan peliharaan Anda di rumah bersama pengasuh hewan peliharaan simak artikel ini. 

Mengutip Happy House Sitters, berikut tips meninggalkan hewan peliharaan di rumah sebelum pergi mudik:

1. Pilih pengasuh yang baik

Orang yang Anda pilih untuk meninggalkan hewan peliharaan Anda sangatlah penting. Jika Anda memiliki hewan berkebutuhan khusus, Anda harus memilih seseorang yang berpengalaman menangani masalah tersebut.

Perencanaan adalah kunci dalam memilih pengasuh anjing atau kucing yang baik. Beri diri Anda waktu sekitar tiga bulan untuk menemukan pengasuh hewan peliharaan. 

Hotel kucing

Jumlah waktu ini akan memungkinkan pelamar melamar iklan Anda dan memberi Anda waktu yang wajar untuk memilih orang yang tepat.

Idealnya, Anda ingin menemukan seseorang dengan minat yang sama dalam memelihara hewan peliharaan dengan cara yang sama seperti Anda.

Jika Anda senang memanjakan hewan peliharaan Anda, menemukan orang yang memperlakukan hewan peliharaannya dengan cara yang sama akan mengurangi gangguan terhadap gaya hidup hewan peliharaan Anda.

Baca Juga: 6 Tips Meninggalkan Rumah dengan Aman saat Mudik Lebaran

2. Tinggalkan detail kontak

Buatlah satu set tanda pengenal hewan peliharaan baru dan tempelkan ke kerah hewan peliharaan Anda. Periksa apakah detail pendaftaran hewan peliharaan Anda valid dan memiliki informasi yang benar.

3. Tuliskan rutinitas hewan peliharaan

Saat Anda menulis rutinitas, hal itu harus sangat mirip dengan apa yang Anda lakukan dengan hewan peliharaan Anda sehari-hari. Bagi hewan peliharaan, kehilangan pemiliknya bisa sangat menegangkan, dan mereka akan mengandalkan rutinitas hariannya untuk hidup normal. 

Jika rutinitas ini terlalu banyak diubah, dapat meningkatkan tingkat stres mereka. 

Misalnya, jika Anda mengajak anjing jalan-jalan di pagi hari, tetapi rutinitas yang Anda tulis meminta jalan-jalan dua kali sehari, hewan peliharaan Anda mungkin menjadi bingung dan stres.

Semakin banyak detail yang Anda tulis untuk pengasuh hewan peliharaan Anda, semakin mudah waktunya dan semakin bahagia hewan peliharaan Anda saat Anda pergi.

Baca Juga: 6 Tips Memberi Tanaman Hias Sebagai Hampers Lebaran, Perlu Perhatikan Hal Ini

4. Pastikan makanan cukup

Kapan pun Anda meninggalkan hewan peliharaan bersama orang lain, Anda harus memastikan tersedia cukup makanan. Cari tahu berapa banyak makanan yang akan dimakan hewan peliharaan Anda saat Anda pergi dan gandakan jumlah tersebut.

Kehabisan makanan dapat menambah tekanan pada pengasuh hewan peliharaan Anda karena mereka mungkin tidak tahu di mana Anda biasa membelinya atau berapa harga biasanya.

5. Tinggalkan item kesukaan hewan peliharaan

Hewan peliharaan suka memiliki aroma yang familier di sekitarnya, dan Anda dapat membantu dengan meninggalkan sesuatu yang berbau Anda. Anda dapat meninggalkan selimut atau baju lama di dekat tempat hewan peliharaan Anda suka tidur.

Meninggalkan barang-barang seperti ini akan membantu mengatasi kecemasan akan perpisahan dan memberikan kenyamanan.

Jadi, itulah beberapa tips meninggalkan hewan peliharaan di rumah sebelum pergi mudik. Anda bisa menggunakan beberapa cara di atas untuk menjaga hewan peliharaan di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News