Santai

5 Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Lomba Marathon, Bukan Cuma Latihan

5 Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Lomba Marathon, Bukan Cuma Latihan

MOMSMONEY.ID - Ini dia beragam tips untuk mempersiapkan marathon yang perlu diperhatikan, terutama bagi pemula.

Marathon menjadi tren lomba olahraga yang kini banyak diminati semua kalangan. Dari yang ahli sampai newbie, semua bisa ikut lomba olahraga lari ini.

Walau bisa diikuti semua kalangan, perlu diingat bahwa sederet persiapan perlu disiapkan agar tubuh siap mengikuti lomba marathon dan terhindar dari cedera.

Tak bisa sembarangan, ini beberapa tips untuk mempersiapkan marathon agar siap dan terhindar dari cedera.

Baca Juga: Bikin Badan Sakit, Ketahui 4 Tanda Anda Terlalu Lama Duduk di Kursi

Persiapkan peralatan lari

Demi kenyamanan saat berlari, cobalah untuk menyiapkan peralatan lari jauh-jauh hari sebelum lomba marathon dimulai. Ada beberapa peralatan penting yang perlu disiapkan untuk kenyamanan berlari.

Seperti sepatu khusus lari, kaus kaki, pakaian lari, topi, botol minum, gel energi, dan tas khusus yang didesain untuk berlari. Aksesori tambahan lain seperti kacamata hitam dan smartwatch bisa ditambahkan juga.

Atur waktu latihan

Untuk mempersiapkan tubuh agar bisa berlari marathon, perlu serangkaian latihan yang harus dilakukan secara konsisten. Latihan maraton sendiri sebaiknya dilakukan minimal 3 bulan sebelum lomba maraton dimulai.

Tujuannya adalah membentuk stamina dan power tubuh agar mampu berlari dalam kilometer yang ditentukan di lomba maraton. Sesuaikan juga latihan dengan kemampuan diri, jika pemula sebaiknya lakukan latihan yang cocok bagi pemula saja.

Baca Juga: Jangan di Skip, Ternyata Ini 5 Keuntungan Olahraga Kardio Buat Kesehatan

Latihan kekuatan

Latihan yang diperlukan untuk mempersiapkan maraton ternyata tak hanya lari saja. Latihan kekuatan seperti angkat beban pun juga penting dimasukkan dalam jadwal latihan marathon.

Melansir dari laman NPR, alasan latihan kekuatan perlu dilatih sebagai persiapan maraton adalah karena latihan ini bisa membangun kekuatan otot agar tidak lemah. Saat otot lemah, maka risiko cedera pun akan meningkat.

Jangan lupakan pemanasan dan pendinginan

Jika semua persiapan sudah dilakukan, maka langkah terakhir yang perlu disiapkan adalah pemanasan. Pemanasan penting dilakukan sebelum memulai olahraga agar tubuh lebih siap melakukan semua gerakan dengan baik.

Pemanasan dinamis dan statis bisa dilakukan sebelum mulai berlari marathon. Jangan lupakan juga untuk melakukan pendinginan setelah menyelesaikan lomba marathon. Tujuannya, untuk melemaskan dan merelaksasi otot-otot yang bekerja keras.

Perhatikan nutrisi

Mempersiapkan marathon bukan cuma dari persiapan fisik saja. Perhatikan juga asupan nutrisi dan gaya hidup sebelum mengikuti lomba marathon. Laman Cleveland Clinic menyatakan, kesehatan fisik juga perlu didukung dengan me-nutrisi tubuh dari dalam.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendapatkan tidur cukup, menjaga tubuh agar tetap ter-hidrasi, serta konsumsi lebih banyak karbohidrat sebagai bahan bakar kekuatan berlari.

Jangan lupa praktikkan tips mempersiapkan lomba marathon itu tadi agar terhindar dari cedera saat berlomba, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News