Santai

6 Tips Menenangkan Diri Sejenak dari Kesibukan, Ada Berendam

6 Tips Menenangkan Diri Sejenak dari Kesibukan, Ada Berendam

MOMSMONEY.ID - Berikut ini beberapa cara sehat untuk menenangkan diri dan pikiran di tengah kesibukan yang padat dan rawan stres.

Tubuh dan pikiran yang tenang tentu akan sangat dibutuhkan untuk menjalankan semua aktivitas seharian.

Maka dari itu, penting untuk menjaga pikiran dan tubuh untuk tetap tenang agar terhindar dari stres. Terutama, dalam keadaan situasi pekerjaan atau lingkungan yang sibuk.

Berikut Momsmoney merangkum beberapa cara sehat yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri dari kesibukan:

Baca Juga: Staycation dan 5 Aktivitas Ini Bisa Dilakukan Untuk Isi Liburan Natal

Menyendiri di tempat tenang

Pandangan dan suara bisa menjadi pemicu tubuh dan pikiran menjadi tidak tenang. Maka dari itu, cobalah untuk menyendiri di tempat yang lebih tenang ketika ingin menenangkan diri.

Cobalah pergi ke taman, berolah raga, jalan-jalan, dan pergi keluar bersama binatang kesayangan ke tempat favorit bisa menjadi salah satu pilihannya.

Grounding

Grounding adalah salah satu teknik menenangkan diri yang banyak digunakan dalam terapi psikologi. Teknik ini bisa digunakan untuk membantu mengurangi serangan panik dan bipolar.

Melansir dari laman Medical News Today, caranya adalah dengan mengaktifkan lima panca indera tubuh. Dengan cara menyebutkan lima hal yang dilihat, empat hal yang didengar, tiga hal yang disentuh, tiga hal yang dicium, dan satu hal yang dikecap. Mudah, kan.

Baca Juga: Tak Perlu Bersedih, Lakukan 6 Kegiatan Ini saat Rayakan Natal Seorang Diri

Meditasi

Meditasi menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan untuk membantu menenangkan diri dan pikiran. Meditasi mindfulness, contohnya, bisa dijadikan aktivitas rutin untuk membantu melatih fokus dan mengurangi stres serta pikiran berlebihan.

Dengan berlatih meditasi mindfulness, seseorang bisa lebih mengenal diri sendiri, serta terhindar dari risiko stres karena pikiran dan emosi yang menumpuk.

Berlatih pernafasan panjang

Deep breathing atau teknik pernafasan panjang dan dalam menjadi salah satu cara untuk membantu menenangkan diri. Teknik ini juga bahkan bisa digunakan untuk mengatasi serangan panik.

Laman Health Line menjelaskan, dengan melakukan latihan pernafasan dalam, bisa membantu untuk menenangkan tubuh dan pikiran bahkan mengurangi gejala anxiety dan juga depresi.

Baca Juga: Ketemu Pasangan Hidup, 5 Zodiak Ini bakal Beruntung dalam Asmara di Tahun 2024

Berendam

Setelah mengalami hari yang padat dan panjang, maka berendam bisa menjadi ide yang menenangkan. Berendam tak hanya membantu mengatasi lelah tubuh, namun juga bisa membantu menenangkan pikiran.

Sebab, tubuh menjadi lebih rileks yang kemudian diikuti dengan pikiran. Cobalah berendam dengan air hangat dilengkapi dengan aroma terapi serta minuman hangat setelahnya.

Olahraga

Menenangkan diri bisa dilakukan dengan berolah raga. Olahraga terkenal sebagai aktivitas yang membantu mengatasi stres dengan melepaskan semua hormon stres saat berolah raga.

Sehingga, tubuh dan pikiran bisa menjadi lebih tenang setelahnya. Cobalah untuk aktif menggunakan tubuh dengan berolah raga saat memiliki waktu luang. Melakukan peregangan ringan di tempat kerja juga bisa dijadikan pilihan alternatif olahraga.

Mudah dilakukan, itulah tadi beberapa cara sehat untuk menenangkan diri dan pikiran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News