Santai

Rekomendasi 5 Tontonan Asal Indonesia Sarat Budaya, Bukan Cuma Gadis Kretek

Rekomendasi 5 Tontonan Asal Indonesia Sarat Budaya, Bukan Cuma Gadis Kretek

MOMSMONEY.ID - Kaya akan budaya dan kearifan lokal, beberapa tontonan film dan serial Indonesia ini, termasuk Gadis Kretek, sukses angkat ragam budaya Indonesia, lo.

Indonesia adalah negara yang dikenal karena memiliki banyak ragam budaya.

Tak jarang, bahkan ada tontonan film dan serial Indonesia yang menampilkan budaya tersebut dalam ceritanya.

Nah, berikut ini ada beberapa judul tontonan film dan serial Indonesia yang sukses membawa cerita tentang budaya-budaya lokal Indonesia.

Baca Juga: Ada The Crown Season 6, Simak Daftar 5 Serial Terbaru Netflix Minggu Ini

Losmen Bu Broto

Dibintangi oleh Putri Marino, Maudy Ayunda dan juga Maudy Koesnaedi, film ini juga merupakan film Indonesia yang rilis di tahun 2022 dan sarat akan budaya.

Losmen Bu Broto menceritakan tentang kehidupan keluarga Bu Broto yang mengelola sebuah losmen di Yogyakarta.

Kehidupan bersama ketiga anaknya tak selalu mulus, selalu ada saja permasalahan keluarga serta skandal besar yang harus dihadapi dan menguji keluarga tersebut.

Ngeri-Ngeri Sedap

Film keluarga yang dirilis di bulan Juni 2022 ini berhasil mengumpulkan penonton sebanyak 2,8 juta lebih di bioskop.

Ngeri-Ngeri Sedap menceritakan tentang sepasang orang tua keturunan Batak dan tinggal di Batak yang melakukan segala cara untuk mengumpulkan anaknya di rumah.

Cara ekstrem yaitu berpura-pura melakukan pertengkaran hebat hingga bercerai juga dilakukan agar sang anak-anaknya yang telah lama hidup merantau bisa mengunjungi mereka di kampung.

Baca Juga: 5 Daftar Film Indonesia Angkat Kisah Superhero Lokal, Bukan Cuma Gundala

Gadis Kretek

Merupakan serial garapan sutradara Kamila Andini, serial Gadis Kretek merupakan serial yang mengangkat budaya rokok kretek Indonesia. Gadis Kretek mengambil latar di Indonesia pada tahun 1960-an dan mengikuti kisah dari dua sejoli.

Perjalanan cinta dan penemuan jati diri seorang perajin berbakat, dimulai saat ia menentang tradisi industri rokok kretek di Indonesia pada tahun 1960-an.

Serial Gadis Kretek punya genre drama romantis yang diadaptasi dari buku dan dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo sebagai bintang utamanya.

Yowis Ben

Film yang memiliki tiga sekuel ini sukses dalam menampilkan budaya khas Malang, Jawa Timur. Digarap oleh Bayu Skak, komedian papan atas Malang, film ini juga banyak melakukan proses syutingnya langsung di Malang.

Yowis Ben mengikuti perjalanan sekelompok pemuda yang memiliki impian untuk menjadi pemain band terkenal. Film komedi ini pun menggunakan bahasa Jawa Timur Malangan yang membuatnya semakin lokal banget.

Athirah

Athirah adalah film biografi ibu dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Film ini dibintangi oleh Cut Mini, Christoffer Newlan, Tika Bravani, dan Indah Permata Sari.

Film ini mengikuti kehidupan Athirah, wanita Bugis yang menikah dan memiliki lima orang anak. Kehidupan rumah tangganya menghadapi banyak permasalahan salah satunya adalah permasalahan poligami dan konflik batin bersama anak-anaknya. Jika ingin tahu bagaimana budaya Bugis, jangan lupa tonton film ini.

Itulah tadi beragam jenis pilihan film dan serial Indonesia yang menampilkan budaya dan keberagaman suku di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News