Keluarga

5 Tips Membeli Rumah Pertama Anda, Yuk Ikuti Supaya Lancar!

5 Tips Membeli Rumah Pertama Anda, Yuk Ikuti Supaya Lancar!

MOMSMONEY.ID -  Membeli rumah pertama bisa menjadi pengalaman yang menakutkan. Mulai dari harga rumah yang makin mahal, hingga proses pembelian rumah yang tak sederhana. 

Namun, tenang saja dengan 5 tips membeli rumah pertama ini Anda bisa melakukan proses beli rumah dngan lebih mudah. Mulai dari memahami pasar rumah, menemukan agen yang tepat hingga mengarahkan Anda proses membeli rumah. 

Baca Juga: Moms, Ini 6 Cara Menambah Tinggi Badan Anak Secara Alami

5 tips membeli rumah pertama yang perlu Anda perhatikan

1. Perhatikan peringkat kredit Anda

Tips membeli rumah pertama adalah mencari tahu nilai kredit atau BI Skor Anda. Nilai kredit Anda akan membantu mengetahui berapa nominal yang bisa Anda pinjam atau mendapatkan hipotek. Ini juga penting untuk mengetahui bahwa akun kredit Anda memiliki reputasi yang baik dan keuangan dalam kondisi sehat. 

2. Dapatkan pra-persetujuan KPR 

Meskipun Anda tak perlu melakukan ini, namun tips membeli rumah pertama ini cukup penting. Akan lebih bijak bagi Anda untuk mengetahui plafon pinjaman yang bisa Anda dapatkan. Sehingga saat membeli rumah Anda bisa jadi lebih tenang.

Dengan pra-persetujuan hipotek ini, Anda akan mengetahui berapa nominal yang tersedia untuk Anda dan mampu membuat keputusan yang tepat saat akan membeli. 

3. Bayarkan DP dengan jumlah yang lebih besar

Membayarkan DP dengan nilai yang lebih besar bisa membantu Anda mendapatkan harga rumah yang lebih baik. Semakin banyak uang yang Anda sisihkan untuk membayar DP, semakin sedikit uang cicilan bulanan yang Anda bayarkan. Sehingga Anda bisa membayar bunga cicilan lebih hemat. 

4. Lakukan riset soal skema pembelian rumah pertama

Biasanya pemerintah memberikan bantuan subsidi untuk pembeli rumah pertama. Nah, tips membeli rumah pertama adalah lakukan riset soal diskon atau subsidi yang bisa Anda dapatkan. 

5. Sediakan bujet untuk biaya tambahan

Tips membeli rumah pertama yang terakhir adalah menyediakan bujet atau anggaran untuk biaya tambahan. Saat melihat harga rumah, harga tersebut belum termasuk biaya administrasi lainnya. 

Baca Juga: Ini 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Desain Interior Rumah Minimalis

Dalam membeli rumah, Anda akan dibebankan bea materai, jasa notaris, pembuatan akta dan lainnya yang perlu Anda tanyakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News