Santai

5 Tips Berlibur buat Introvert, Traveling Jadi Nyaman dan Aman

5 Tips Berlibur buat Introvert, Traveling Jadi Nyaman dan Aman

MOMSMONEY.ID - Tak perlu bingung, simak tips berlibur aman dan nyaman yang bisa dicoba para introvert.

Kaum introvert tentu kerap merasa pusing, kebingungan, hingga panik saat ingin melakukan liburan dan bertemu orang baru.

Padahal pengalaman liburan keluar dari rumah juga tentu ingin didapatkan oleh para kaum introvert.

Nah, agar liburan jadi makin aman dan nyaman, coba gunakan tips liburan untuk introvert berikut ini saja.

Baca Juga: Promo Natal Paket Wisata Asia hingga Eropa dari Panorama Tours, Cek di Sini

Buat rencana perjalanan

Rencana perjalanan atau itinerary merupakan hal penting yang perlu disiapkan para introvert sebelum mulai liburan. Tentukan beberapa tempat yang akan dikunjungi sebelum berangkat liburan secara lengkap, termasuk cara untuk bisa sampai di tempat tersebut.

Untuk berlatih coba atur rencana perjalanan ke tempat lain secara rutin setiap minggu atau setiap bulan. Tujuannya adalah untuk membiasakan diri dengan lingkungan baru sebelum pergi berlibur ke tempat yang lebih jauh.

Bawa jurnal

Bagi kaum introvert, rasa tidak nyaman dan kelabakan kerap kali bisa mengganggu pikiran saat liburan. Untuk mengatasi hal tersebut, cara mudahnya adalah dengan membawa jurnal dan menuliskan semua perasaan saat liburan di dalam jurnal.

Menurut laman Go Stops, dengan menulis jurnal bisa membantu untuk meregulasi emosi dan kecemasan yang muncul saat liburan. Dengan begitu, perasaan lebih baik dan ringan bisa diperoleh saat liburan.

Baca Juga: 7 Film Barat Bertema Liburan Natal, Banyak Film Romantisnya lo

Cari akomodasi mudah

Sebelum mulai berlibur, pastikan juga untuk memilih akomodasi yang mudah dan lengkap. Sebab akomodasi bisa berdampak pada pengalaman saat liburan.

Sebagai tips, jika kaum introvert menyukai hal bersifat pribadi, pilihlah hotel atau villa yang hanya bisa diisi oleh satu orang dan tanpa gangguan.

Sedangkan bagi introvert yang ingin menikmati pengalaman dengan orang lain, pilihan hostel atau asrama bisa dipilih.

Pertimbangkan kegiatan kelompok

Ketika berlibur mengunjungi sebuah destinasi wisata, pertimbangkan untuk mengikuti kegiatan kelompok. Seperti mendaki gunung, diving, hingga mengikuti tur keliling kota.

Namun, jika dirasa tidak nyaman, pertimbangkan untuk memiliki kelompok privat yang hanya terdiri dari 3-5 orang saja. Tapi, kaum introvert juga bisa memilih untuk tidak mengikuti kegiatan kelompok dan melakukan kegiatan dengan dirinya sendiri, ya.

Kunjungi taman atau coffee shop

Setiap negara selalu memiliki banyak pilihan pemandangan alam dan taman yang tenang dan asri. Hal tersebutlah yang banyak diidamkan oleh kaum introvert.

Laman Salkantay Trekking menjelaskan, kaum introvert suka berada dalam beragam aktivitas namun tidak memiliki keinginan untuk berpartisipasi. Maka dari itu, pilihan taman dan coffee shop bisa dipilih.

Di kedua tempat tersebut, introvert bisa menikmati ketenangan, melihat kesibukan kota dan orang-orang, dan tanpa harus terlibat dengan apa pun dan siapa pun.

Nah, itulah tadi beberapa tips berlibur yang bisa digunakan kaum introvert agar liburan jadi aman dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News