Keluarga

Ini Tips Belanja Online Kebutuhan Dapur Jadi Lebih Hemat

Ini Tips Belanja Online Kebutuhan Dapur Jadi Lebih Hemat

MOMSMONEY.ID - Saat belanja online, Moms bisa lebih hemat karena ada promo. Namun, di sisi lain ada pengeluaran tambahan biaya ongkir. Nah, berikut ini tips cara hemat belanja online untuk kebutuhan dapur jadi lebih hemat.

Di era digital ini, belanja online telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang, termasuk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Platform online grocery menyediakan kenyamanan dan kemudahan dalam berbelanja, namun Anda juga harus cerdas dalam mengelola anggaran belanja di sana.

Melansir Titipku, ada lima tips belanja hemat di platform online grocery yang dapat membantu Anda mengoptimalkan pengeluaran dan memperoleh keuntungan maksimal.

Baca Juga: Begini Cara Menata Dapur Sesuai Feng Shui untuk Bawa Keberuntungan

Bandingkan harga

Cara hemat belanja online kebutuhan dapur adalah mulai kebiasaan untuk membandingkan harga. Ketika berbelanja di platform online grocery, jangan ragu untuk membandingkan harga produk yang ingin Anda beli. 

Bagi Anda yang tinggal di DKI Jakarta, Anda bisa membandingkan harga antara di aplikasi online grocery dengan di portal info harga pemerintah, Info Pangan Jakarta, atau di portal data yang disediakan oleh Kementerian Perdagangan.

Sebagai contoh, Info dari Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan menunjukkan bahwa harga bawang merah di DKI Jakarta pada Selasa (20/6) ada di angka Rp 47.664 per kg.

Tingginya harga bawang menempatkan DKI Jakarta sebagai daerah dengan harga bawang merah tertinggi keempat di Indonesia. Namun, di aplikasi Titipku, ada tiga pedagang berikut ini yang masih menjual di bawah harga SP2KP.

No.

Nama Lapak

Pasar

Harga Produk

1

Toko UD. Putra Minang Rupa-Rupa Bumbu Dapur Mas Dedi

Pasar Jambul Jakarta Timur

Rp27.500/kg

2

Lapak Bumbu Ibu Nurbetty Barus

Pasar Patra Jakarta Barat

Rp27.500/kg

3

Kios Sayur Pak Sujito

Pasar Rawamangun Jakarta Timur

Rp33.000/kg


Selain membandingkan harga dengan harga pemerintah, Anda juga bisa membandingkan harga dengan aplikasi online grocery lainnya.

Produk

Titipku

Aplikasi A

Aplikasi B

Aplikasi C

Kentang Dieng 1 kg

Rp16.500

Rp21.900

Rp28.900

Rp25.500


Dari perbandingan sederhana ini, kita bisa lihat bahwa harga termurah produk bawang merah dan kentang dieng ada di aplikasi Titipku. Anda bisa belanja di aplikasi Titipku untuk dua produk ini jika ingin belanja hemat.

Manfaatkan kupon dan promo

Cara hemat belanja online selanjutnya adalah selalu periksa apakah ada kupon atau kode promo yang dapat digunakan saat melakukan pembelian di platform online grocery.

Misalnya, promo Cashback Rp15.000 di aplikasi Titipku untuk pengguna baru dengan kode promo PAKAITITIPKU ini bisa dipakai selama Juni 2023.

Anda juga bisa mencari tahu di situs web platform atau melalui Instagram mereka tentang penawaran khusus ini. Manfaatkan promo-promo tersebut untuk menghemat pengeluaran belanja Anda.

Belanja sesuai daftar

Cara hemat belanja online ketiga, Moms harus membuat daftar belanjaan terlebih dahulu. Membuat daftar belanjaan sebelum memulai belanja online sangat penting. 

Daftar ini akan membantu Anda tetap fokus pada apa yang benar-benar dibutuhkan, menghindari pembelian impulsif, dan mengurangi risiko mengeluarkan uang untuk barang yang tidak diperlukan.

Ingatlah untuk selalu patuhi daftar belanja Anda dan hindari godaan untuk menambahkan barang-barang ekstra di luar kebutuhan belanja Anda.

Baca Juga: Ddudu Ddudu, Ini Lo Lagu-lagu Blackpink yang Cocok dengan Kepribadian Zodiak Anda

Beli dalam jumlah besar

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk membeli produk dalam jumlah besar. Banyak platform online grocery menawarkan harga grosir untuk pembelian partai besar. Untuk Anda yang memiliki usaha kuliner juga bisa memanfaatkan lini bisnis B2B yang juga disediakan oleh beberapa platform online grocery, seperti misalnya Titipku B2B.

Jika Anda belanja dalam partai besar tapi untuk kebutuhan rumah saja, pastikan Anda belanja produk yang kedaluarsanya lama ya. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemborosan juga.

Periksa ulasan dan rating produk

Sebelum membeli produk tertentu, luangkan waktu untuk membaca ulasan dan melihat rating dari pelanggan sebelumnya.

Ulasan dan rating dapat memberikan wawasan tentang kualitas produk dan membantu Anda membuat keputusan yang tepat. Pilih produk yang memiliki reputasi baik dengan harga yang terjangkau.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat belanja hemat di platform online grocery dan mengoptimalkan pengeluaran Anda. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News