Santai

5 Tempat Terbaik Untuk Melihat Keindahan Aurora, Mau Kunjungi?

5 Tempat Terbaik Untuk Melihat Keindahan Aurora, Mau Kunjungi?

MOMSMONEY.ID - Bagi yang punya impian untuk melihat keindahan aurora, coba kunjungi beberapa tempat berikut ini saja.

The Northern Lights yang juga dikenal dengan cahaya utara aurora tengah menjadi perbincangan hangat karena keindahan yang baru-baru ini tampak nyata.

Aurora sendiri adalah cahaya natural yang hanya bisa nampak di beberapa waktu dan daerah tertentu saja.

Tahun 2024 dan 2025 sendiri menurut laman Travel US News menjadi puncak kemunculan aurora yang menakjubkan.

Sebab, aktivitas matahari akan mencapai puncaknya, sehingga memberikan pengalaman yang lebih mengesankan, jika Anda berada di tempat yang tepat.

Lalu, di manakah tempat yang tepat untuk melihat keindahan aurora? Berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: 5 Genre dan Gaya Fotografi Ini Bisa Hasilkan Foto Anti Mainstream

Alaska

Tepatnya di Fairbanks, tempat ini adalah tempat terjauh yang jadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan aurora. Zona berbentuk cincin ini terletak di sekitar Kutub Utara geomagnetik bumi dan umumnya bisa menampilkan penampakan aurora paling tak terlupakan.

Jika pergi ke tempat ini, Anda dapat melihat cahaya lampu rata-rata pada empat dari lima malam cerah selama musim aurora, yang berlangsung dari akhir Agustus hingga akhir April.

Norwegia

Terletak sekitar 220 mil di atas Lingkaran Arktik, Tromsø adalah salah satu dari beberapa tempat terbaik untuk melihat aurora di Norwegia.

Dari bulan September hingga pertengahan April, peluang untuk melihat aurora biasanya menjadi cukup tinggi karena polusi cahaya dan mendung awan sangat minim.

Pemburu aurora dapat melihat cahaya itu saat berada di kota, namun untuk mendapatkan pemandangan yang lebih baik, disarankan untuk menjauh dari kota yang ramai dengan lampu-lampu.

Baca Juga: Ini 5 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Saat Ke Eropa Timur

Islandia

Ada dua tempat di Islandia yang terkenal dengan sajian keindahan cahaya aurora, yaitu Jökulsárlón dan Reykjavik.

Laman National Geographic menjelaskan bahwa jika ingin menikmati pemandangan aurora yang dramatik, kunjungilah Jökulsárlón yang merupakan laguna glasial Islandia.

Penampakan aurora di daerah ini dapat terlihat pada bulan Oktober hingga Maret. Namun, peluang terbaik untuk melihatnya adalah pada bulan Desember, saat siang hari pendek dan langit malam lebih gelap.

Greenland

Terletak di Disko Bugt, atau Teluk Disko, Ilulissat Icefjord yang ada di Greenland tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2004.

Meskipun pertunjukan aurora yang sulit dilihat dapat disaksikan pada awal bulan September, disarankan untuk berkunjung menjelang perayaan tahun baru untuk mendapatkan pengalaman yang lebih istimewa.

Jika beruntung, Anda mungkin bisa merayakan tahun baru dengan keindahan cahaya aurora yang ada di atas Anda.

Finlandia

Lapland terletak di Lingkaran Arktik di bagian paling utara Finlandia yang merupakan tempat terindah untuk menonton aurora. Cahaya utara aurora paling sering muncul di sini antara akhir Agustus dan April.

Dalam setahun, ada sekitar 200 penampakan aurora yang muncul di daerah ini. Sehingga ada banyak peluang untuk bisa melihat pertunjukan aurora di sini.

Nah, itulah tadi beberapa tempat dan negara yang bisa dikunjungi jika ingin menyaksikan pertunjukan cahaya utara, aurora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News