MOMSMONEY.ID - Simak, berikut ini strategi logistik dari dua brand lokal Bandung untuk performa toko online yang lebih cuan.
Logistik memegang peranan yang penting dalam mendukung kelancaran operasional sebuah bisnis.
Hal ini yang dua brand asal Bandung ungkapkan saat menjadi pembicara di Lazada Logistics Seller Engagement 2023 pada 20 Juli lalu.
Dalam acara ini, EIGER Adventure dan Geoff Max membagikan pengalaman dalam menjalankan operasional logistik untuk toko online mereka.
"Sejalan dengan pertumbuhan bisnis EIGER Adventure, terutama pada bisnis online, kami juga menghadapi sejumlah tantangan, salah satunya dalam pengelolaan logistik," kata Oscar Siregar, Digital Business Manager EIGER Adventure, dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (24/7).
Mulai dari pengaturan arus barang di gudang penyimpanan hingga pengiriman sampai ke tangan pelanggan, semuanya membutuhkan manajemen logistik yang tepat.
Tujuannya, Oscar bilang, agar pemenuhan pesanan kepada pelanggan dapat terpenuhi secara tepat waktu dan seluruh biaya logistik bisa lebih efisien.
Baca Juga: Begini Strategi Atasi Tantangan Pengelolaan Logistik Toko Online
Senada dengan Oscar, Chief Financial Officer Geoff Max Muhamad Sidiq mengatakan, pengelolaan logistik juga menjadi tantangan dalam menjalankan operasional toko online mereka.
"Bagi pebisnis lokal seperti kami, pengelolaan logistik jelas menjadi tantangan tersendiri," ujarnya.
"Kami tidak hanya harus memastikan semua pesanan bisa terpenuhi dan terkirim dengan aman, tapi juga harus memikirkan bagaimana penanganan barang dengan keterbatasan ruang penyimpanan yang kami miliki," ungkap dia.
Lalu, langkah apa saja yang EIGER Adventure dan Geoff Max lakukan untuk mengatasi tantangan pengelolaan logistik toko online mereka?
1. Pilih penyedia layanan logistik menyeluruh yang berpengalaman dan terpercaya
Logistik berkaitan erat dengan sistem pengaturan dan pengiriman barang.
"Jadi gunakan penyedia logistik yang tidak hanya sudah berpengalaman, namun juga memiliki sistem manajemen logistik yang andal dan menyeluruh," kata Oscar.
Mulai dari penyimpanan barang hingga pengiriman ke pelanggan. Dengan demikian, pelaku usaha terbebas dari kerepotan dalam proses pemenuhan pesanan dan bisa lebih fokus pada menentukan strategi bisnis.
Baca Juga: Ingin Jadi Womenpreneur? Simak Tips dari Michella Ham Pendiri Skin Game
2. Pertimbangkan penyedia layanan logistik yang memiliki jangkauan luas
Agar pengiriman logistik tidak mengalami keterlambatan dan pelanggan menerima barang dengan tepat waktu, Oscar mengungkapkan, penting sekali untuk memilih penyedia logistik yang memiliki jaringan ke beberapa daerah.
"Pembeli tak hanya di kota besar saja, tapi juga dari kota kecil," ungkapnya.
"Menggunakan jasa logistik yang terintegrasi dengan sistem pengaturan transportasi yang terhubung dari satu titik ke titik lainnya menjadi sangat penting," imbuh dia.
Hal tersebut juga akan berdampak pada biaya pengiriman yang akan jadi lebih efisien.
3. Pastikan untuk memilih penyedia layanan logistik yang sudah mengadopsi teknologi
Sebagai negara kepulauan dengan infrastruktur logistik yang belum merata, Oscar menyebutkan, penggunaan teknologi yang terintegrasi dalam manajemen logistik menjadi penting.
"Karena itu, menjadi penting untuk memastikan pemilihan perusahaan logistik yang memiliki teknologi logistik terdepan," ujar dia.
Menurutnya, automasi logistik akan menghemat waktu dan biaya, serta meningkatkan efisiensi. Terutama, membantu dalam manajemen stok barang, memantau pesanan yang masuk, serta penjadwalan dan pelacakan pengiriman.
Baca Juga: 5 Tips Dasar untuk Perempuan yang Ingin Memulai Bisnis Online dari Lazada
4. Pilih perusahaan logistik yang memerhatikan keamanan barang
Selain faktor kecepatan pengiriman, keamanan barang juga menjadi perhatian Sidiq.
"Selain barang yang dikirim ke pelanggan bisa diterima dengan cepat, kami juga ingin memastikan barang yang diterima dalam keadaan baik," sebutnya.
"Sehingga, kami sangat memerhatikan sekali bagaimana tim dari penyedia layanan logistik mengemas dan menangani barang kami saat dikirim, karena kami ingin memastikan barang diterima pelanggan dalam keadaan baik," ujar Sidiq.
"Handle with care istilahnya," tambah dia.
5. Fasilitas penyimpanan barang yang ditawarkan modern dan lengkap
Banyak pelaku usaha kecil dan brand lokal yang belum terpikir untuk menyiapkan gudang sendiri untuk penyimpanan barang.
Padahal, seiring dengan pertumbuhan usaha, biasanya mereka akan membutuhkan stok barang lebih banyak dan penyimpanan barang yang baik menjadi salah satu faktor penting dalam operasional sebuah toko online.
"Jadi, pastikan untuk memilih penyedia layanan logistik yang memiliki fasilitas penyimpanan yang mumpuni," kata Sidiq.
"Adanya fasilitas gudang yang didukung teknologi, termasuk sistem pemeliharaan kualitas barang akan membantu barang tersimpan dengan baik dan kualitas tetap terjaga,” ujar Sidiq.
Tak perlu membangun gudang, menurut Sidiq, karena perusahaan logistik yang andal biasanya sudah menawarkan fasilitas ini, sehingga modal usaha bisa digunakan untuk investasi di area lainnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News