Keluarga

Aman bagi Penderita Diabetes, Ini 5 Minuman yang Ampuh Menurunkan Gula Darah

Aman bagi Penderita Diabetes, Ini 5 Minuman yang Ampuh Menurunkan Gula Darah

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 minuman yang ampuh menurunkan gula darah. Apa saja?

Selain makanan, minuman yang Anda konsumsi juga bisa mempengaruhi kadar gula darah Anda lho Moms.

Tatkala Anda ingin menurunkan gula darah, hindarilah minuman yang dimaniskan dengan gula seperti soda, jus buah kemasan, limun, atau teh manis.

Sebagai gantinya, cobalah 5 minuman yang ampuh menurunkan gula darah ini sebagaimana dilansir dari EatingWell.

Baca Juga: Bawa Ke Rumah Sakit, Ini Perlengkapan Bayi yang Baru Saja Lahir yang Perlu Disiapkan!

1. Air putih

Minuman yang ampuh menurunkan gula darah pertama adalah air putih. Selain bebas kalori, air putih juga mampu memberikan sesuatu yang penting untuk pengendalian gula darah yaitu hidrasi.

Minum air putih dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang 6% lebih rendah, menurut tinjauan sistematis dan meta-analisis tahun 2021 dalam Diabetes & Metabolic Syndrome: Clinical Research & Reviews.

Menariknya, air putih dapat meningkatkan volume darah dan mendorong pelepasan asam amino yang mempengaruhi regulasi gula darah. Dengan beralih dari minuman mengandung gula ke air putih, itu akan mengurangi asupan gula dan kalori serta membantu mempertahankan berat badan sehat yang pada akhirnya berdampak positif pada pengendalian gula darah.

2. Susu sapi

Minuman yang ampuh menurunkan gula darah kedua adalah susu sapi. Protein dalam susu sapi dapat membantu menurunkan respons glukosa darah setelah makan pada penderita diabetes maupun mereka yang tidak menderita diabetes, menurut ulasan tahun 2018 di Diabetes/Metabolism Research and Reviews.

Termasuk kasein dan whey, protein ini juga dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan respons insulin, sehingga memberikan efek positif pada kadar gula darah.

American Diabetes Association merekomendasikan untuk memilih susu sapi tanpa lemak atau rendah lemak guna menjaga lemak jenuh tetap terkendali. Karena susu sapi mengandung karbohidrat sekitar 12 gram per 1 cangkir, maka Anda yang menderita diabetes harus menyesuaikannya dengan target karbohidrat harian Anda.

3. Jus tomat

Minuman yang ampuh menurunkan gula darah ketiga adalah jus tomat. Jus tomat termasuk minuman ramah gula darah yang penuh cita rasa.

Dalam uji coba kecil terkontrol secara acak tahun 2020 di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition yang mengevaluasi 25 wanita sehat, mereka yang minum sekitar 7 ons jus tomat 30 menit sebelum sarapan kaya karbohidrat mengalami penurunan kadar gula darah setelah makan.

Kendati jus tomat cenderung menambah kalori ekstra, namun serat yang terkandung di dalam tomat dapat membantu memperlambat pencernaan yang pada gilirannya ikut memperlambat kenaikan gula darah yang kerap terjadi setelah makan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Makan Malam untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

4. Teh hijau

Minuman yang ampuh menurunkan gula darah keempat adalah teh hijau. Mengonsumsi teh hijau telah terbukti dapat menurunkan kadar glukosa darah, berdasarkan meta-analisis tahun 2020 dari 27 uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan di Nutrition & Metabolism.

Katekin yang terkandung dalam teh hijau diklaim mampu menghalangi penyerapan karbohidrat selama pencernaan, meningkatkan metabolisme glukosa, dan mengurangi stres oksidatif yang mana semuanya berdampak positif pada penurunan gula darah.

Mengingat teh hijau merupakan minuman nol kalori dan tanpa gula, maka teh hijau bisa menjadi pilihan yang baik untuk membantu menstabilkan kadar gula darah.

5. Kopi

Minuman yang ampuh menurunkan gula darah kelima adalah kopi. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Mengapa demikian? Karena, di dalam kopi terdapat senyawa tumbuhan bernama fitokimia yang mampu mendukung kesehatan sel-sel di hati dan pankreas. Plus, melindungi terhadap perkembangan perlemakan hati dan menjaga fungsi insulin (pengatur utama gula darah).

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, selalu ingat untuk tidak mencampurkan kopi dengan gula. Apabila Anda tidak menyukai kopi hitam, Anda bisa menggunakan trik yang telah disetujui oleh ahli diet yaitu menyeduh bubuk kopi dengan kayu manis secukupnya.

Itulah 5 minuman yang ampuh menurunkan gula darah. Selain minum minuman penurun gula darah, pastikan juga Anda makan seimbang secara teratur dan rutin berolahraga karena otot cenderung menyerap gula darah saat Anda aktif bergerak. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Laba Jasa Marga (JSMR) Melesat hingga Kuartal III, Begini Rekomendasi Sahamnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News