Keluarga

5 Minuman yang Efektif untuk Menurunkan Tekanan Darah, Sehat dan Nikmat

5 Minuman yang Efektif untuk Menurunkan Tekanan Darah, Sehat dan Nikmat

MOMSMONEY.ID - Sila coba salah satunya, berikut 5 minuman yang efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Para peneliti telah meninjau minuman yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan cara menurunkan tekanan darah.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa ada minuman tertentu yang mungkin bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Dari banyaknya minuman yang ada, inilah 5 minuman yang efektif untuk menurunkan tekanan darah, dilansir dari GoodRx Health.

Baca Juga: Mahasiswa Juga Bisa Atur Budget Sendiri Loh, Ini Caranya

1. Susu skim

Minuman yang efektif untuk menurunkan tekanan darah pertama yaitu susu skim.

Susu skim mengandung potasium, kalsium, dan magnesium yang mana mineral-mineral ini diketahui mampu membantu menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum 1-2 gelas susu skim per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah terutama pada orang berusia 55 tahun ke atas. Adapun perubahannya bisa terjadi hanya dalam waktu 4 minggu.

2. Jus tomat

Minuman yang efektif untuk menurunkan tekanan darah kedua yaitu jus tomat.

Tomat mengandung antioksidan seperti likopen yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah tinjauan ilmiah menemukan bahwa minum jus tomat mampu menurunkan tekanan darah sistolik.

Para peneliti mengungkapkan bahwa ketika orang berusia 55 tahun ke atas minum 200ml atau kurang dari 1 cangkir jus tomat per hari, mereka mengalami perbaikan tekanan darah sistolik selama 1 tahun.

3. Jus buah bit

Minuman yang efektif untuk menurunkan tekanan darah ketiga yaitu jus buah bit.

Jus buah bit mengandung nitrat yang dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh. Uji klinis menunjukkan bahwa ketika seseorang minum lebih dari 2 cangkir jus buah bit sekali sehari, tekanan darahnya cenderung menurun.

Penurunan tersebut bisa terjadi 30 menit setelah minum jus buah bit dan berlangsung selama hampir 24 jam.

Konsumsi jus buah bit harian mungkin memiliki efek jangka panjang dalam menurunkan tekanan darah. Efek ini akan lebih terasa pada orang berusia 45 tahun ke atas.

Baca Juga: Bahaya Sinar UV Capai Level Ekstrem, Hindari Berkegiatan di Luar Ruangan Hari Ini

4. Jus delima

Minuman yang efektif untuk menurunkan tekanan darah keempat yaitu jus delima.

Jus delima mengandung antosianin yang dapat berinteraksi dengan enzim yang berperan penting dalam mengatur tekanan darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang minum sekitar ¼ cangkir atau lebih jus delima setiap hari selama 2 minggu mengalami penurunan tekanan darah.

Meskipun datanya beragam, banyak peneliti setuju bahwa jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5. Teh kembang sepatu

Minuman yang efektif untuk menurunkan tekanan darah kelima yaitu teh kembang sepatu. Teh kembang sepatu atau teh hibiscus juga mengandung antosianin seperti jus delima.

Penelitian menunjukkan, minum 2 cangkir teh kembang sepatu setiap hari selama minimal 2 minggu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kebanyakan penelitian meneliti efek teh kembang sepatu setelah 4 minggu.

Beberapa penelitian melaporkan bahwa teh kembang sepatu dapat memberikan efek penurunan tekanan darah dalam waktu 1,5 jam.

Sementara penelitian lainnya tidak menunjukkan efek apapun hingga 4 jam setelah teh kembang sepatu dikonsumsi. Kemungkinan, hal ini disebabkan oleh variasi jumlah antosianin dalam setiap cangkir teh kembang sepatu.

Itulah 5 minuman yang efektif untuk menurunkan tekanan darah. Saat berusaha menurunkan tekanan darah, pastikan Anda juga menghindari atau membatasi konsumsi alkohol, minuman berenergi, minuman berkafein, dan soft drink ya Moms. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Kolaborasi Zi.Care dan iForte Hadirkan Layanan Digital untuk Rumah Sakit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News