Keluarga

4 Ciri-Ciri Vagina Sehat, Salah Satunya Tidak Sakit Saat Berhubungan Intim

4 Ciri-Ciri Vagina Sehat, Salah Satunya Tidak Sakit Saat Berhubungan Intim

MOMSMONEY.ID - Berikut 4 ciri-ciri vagina sehat yang harus Moms tahu. Yuk, simak dan catat!

Bagi kaum hawa, menjaga kesehatan vagina merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan.

Apabila vagina senantiasa sehat, Anda pun akan terhindar dari berbagai masalah kewanitaan, salah satunya masalah kesuburan.

Lalu, seperti apa sih vagina yang tergolong sehat? Melansir laman Menstruasi.com, inilah 4 ciri-ciri vagina sehat yang harus Moms tahu.

Baca Juga: 5 Cara Pakai Moisturizer Sebelum Makeup yang Benar untuk Hasil Maksimal

1. Vagina mengalami keputihan yang normal

Ciri-ciri vagina sehat yang harus Moms tahu pertama yaitu vagina mengalami keputihan yang normal.

Keputihan tidak selalu buruk. Sebab, cairan atau lendir yang diproduksi oleh kelenjar di vagina dan leher rahim ini punya fungsi tersendiri. Adapun fungsinya yaitu untuk menjaga kebersihan dan kelembaban vagina sekaligus melindungi vagina dari infeksi.

Vagina yang terbilang sehat pasti mengalami keputihan yang normal. Melansir Health Shots, keputihan yang normal biasanya tampak jernih atau serupa susu, aromanya samar alias tidak busuk atau wangi, serta tidak menimbulkan rasa gatal.

Apabila terjadi perubahan warna pada keputihan seperti menjadi kuning, hijau kekuningan, atau hijau, maka sangat disarankan bagi Anda untuk segera mengunjungi dokter. Pasalnya, perubahan warna pada keputihan merupakan tanda adanya infeksi jamur atau bakteri di vagina.

2. Aromanya khas

Ciri-ciri vagina sehat yang harus Moms tahu kedua yaitu aromanya khas.

Semua vagina memiliki aroma. Meski tidak semua wanita bisa mengenalinya, namun vagina yang tergolong sehat punya aroma tertentu dari waktu ke waktu. Kendati demikian, aroma ini cenderung berbeda-beda pada setiap wanita.

Pada umumnya, aroma vagina yang sehat sangatlah khas, yakni bisa seperti wangi fermentasi atau aroma asam dengan tingkat yang beragam.

Selama vagina Anda tidak mengeluarkan aroma tidak wajar seperti bau busuk, tandanya vagina Anda berada dalam kondisi yang sehat. Namun, jika muncul bau busuk yang menyengat, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke Obgyn.

Baca Juga: Kulit Glowing Maksimal, Ini 5 Skincare yang Ampuh Mencerahkan Kulit Kusam

3. Tidak terasa gatal

Ciri-ciri vagina sehat yang harus Moms tahu ketiga yaitu tidak terasa gatal.

Kesehatan vagina yang terjaga tidak akan menimbulkan rasa gatal sedikit pun pada area kewanitaan Anda.

Sebaliknya, Anda perlu waspada jika vagina Anda sering terasa gatal. Kemungkinan besar, rasa gatal di vagina berasal dari infeksi, menopause, zat yang mengiritasi, kelainan kulit tertentu, atau penyakit menular seksual.

Sering kali, rasa gatal pada vagina yang tidak sehat juga menimbulkan sensasi terbakar yang disertai dengan kemerahan pada kulit dan pembengkakan di area dalam vagina.

4. Tidak sakit saat berhubungan seksual

Ciri-ciri vagina sehat yang harus Moms tahu keempat yaitu tidak sakit saat berhubungan seksual.

Vagina yang sehat tidak akan terasa sakit tatkala Anda melakukan aktivitas seksual.

Ini karena vagina yang sehat dan normal mampu menghasilkan pelumas alami dan bisa beradaptasi saat berhubungan seksual.

Nah, itulah 4 ciri-ciri vagina sehat yang harus Moms tahu. Untuk menjaga vagina tetap sehat, pastikan Anda menerapkan pola makan seimbang, menggunakan celana dalam berongga seperti katun, membersihkan vagina dari sisi depan ke belakang, serta tidak menggaruk vagina saat terasa gatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News