Keluarga

5 Manfaat Minum Kopi Setiap Hari, Bisa Mengurangi Risiko Diabetes!

5 Manfaat Minum Kopi Setiap Hari, Bisa Mengurangi Risiko Diabetes!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 manfaat minum kopi setiap hari di sini.

Sebagai salah satu minuman paling populer di dunia, kopi menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh selagi dikonsumsi secukupnya.

Saat Anda rutin minum kopi khususnya kopi hitam tanpa gula dalam jumlah yang tepat setiap hari, itu bisa membantu mengurangi risiko penyakit hati hingga diabetes tipe 2 lho.

Selengkapnya, berikut MomsMoney uraikan 5 manfaat minum kopi setiap hari sebagaimana dirangkum dari laman Eat This, Not That!

Baca Juga: Kolaborasi Ekosistem Kendaraan Listrik Berkelanjutan di Singapura, Bisa Ditiru

1. Meningkatkan asupan polifenol

Manfaat minum kopi setiap hari yang pertama yaitu meningkatkan asupan polifenol.

Kopi hitam mengandung polifenol. Polifenol sendiri merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan.

Dibandingkan teh hitam atau teh hijau, kopi memiliki lebih banyak antioksidan. Adapun antioksidan dalam kopi berpotensi melawan obesitas, menurunkan berat badan, serta membantu melindungi retina dan mata. Plus, dapat mencegah penyakit Alzheimer dan bentuk demensia lainnya serta penyakit kronis seperti kanker dan stroke.

2. Mengurangi risiko penyakit hati

Manfaat minum kopi setiap hari yang kedua yaitu mengurangi risiko penyakit hati.

Kopi memiliki sifat pelindung hati. Kopi dalam jumlah sedang antara 1-4 cangkir per hari dapat membantu melawan kondisi hati seperti sirosis yang berhubungan dengan alkohol, penyakit hati berlemak yang tidak berhubungan dengan alkohol, kanker hati, dan hepatitis C.

Perlu Anda tahu bahwa pertumbuhan jaringan parut yang menyebabkan fibrosis hati bisa diperlambat oleh produksi bahan kimia bernama paraxanthine. Kabar baiknya, paraxanthine diproduksi ketika tubuh mencerna kafein stimulan yang ditemukan dalam kopi. Sehingga, peminum kopi memiliki risiko 84% lebih rendah untuk terkena penyakit hati.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Manfaat minum kopi setiap hari yang ketiga yaitu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi 2 cangkir kopi berkafein per hari mungkin mengalami risiko lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2 jika dibandingkan dengan orang yang bukan peminum kopi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berbagai komponen yang ditemukan dalam kopi seperti asam klorogenat polifenol yang kaya antioksidan, mineral magnesium, serta kafein stimulan memiliki efek menguntungkan pada metabolisme glukosa dan bisa meningkatkan sensitivitas insulin yang mana keduanya membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Namun, perlu dicatat bahwa penelitian menunjukkan efek positif tersebut dari kopi hitam tanpa gula alih-alih kopi manis. Pasalnya, kopi manis memiliki efek sebaliknya yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Mengenal Jenis Warna Summer, Winter, Spring dan Autumn Dalam Analisa Warna

4. Meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi

Manfaat minum kopi setiap hari yang keempat yaitu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Bagi orang-orang yang tidak mampu memenuhi jumlah tidur yang disarankan yakni 7 jam per malam, kopi dapat membantu mengurangi rasa kantuk sekaligus meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Kopi mengandung kafein stimulan yang bekerja pada sistem saraf pusat untuk meningkatkan norepinefrin dan dopamin yang menyebabkan peningkatan kewaspadaan serta motivasi. Kafein dalam kopi juga bisa memblokir efek adenosin kimia otak yang memicu kelelahan.

5. Mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis tertentu

Manfaat minum kopi setiap hari yang kelima yaitu mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis tertentu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit Parkinson serta berpotensi menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Kebiasaan minum kopi juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner pada wanita.

Itulah 5 manfaat minum kopi setiap hari yang perlu Anda tahu. Kendati luar biasa, pastikan Anda tidak minum kopi secara berlebihan ya, Moms. Sebaiknya, minumlah kopi tanpa gula maksimal 2 cangkir per hari.

Selanjutnya: Indonesian Banking Champion for Green Loan Distribution

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News