Keluarga

5 Manfaat Menyimpan Bunga di Dalam Rumah Untuk Kesehatan, Ampuh Kurangi Stres Lho

5 Manfaat Menyimpan Bunga di Dalam Rumah Untuk Kesehatan, Ampuh Kurangi Stres Lho

MOMSMONEY.ID - Ada 5 manfaat menyimpan bunga di dalam rumah untuk kesehatan, cari tahu di sini.

Keindahan bunga sering dijadikan simbol hubungan romantis. Terlepas dari estetikanya, ternyata bunga menyimpan banyak manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan mental maupun fisik, terutama saat disimpan di dalam rumah.

Bisa mengurangi stres hingga membuat tidur lebih nyenyak, berikut 5 manfaat menyimpan bunga di dalam rumah untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari Lov Flowers.

Baca Juga: AQUA Dukung Gaya Hidup Sehat di Ajang Maybank Marathon

1. Mengurangi stres

Manfaat menyimpan bunga di dalam rumah untuk kesehatan yang pertama yaitu mengurangi stres.

Sebuah penelitian di University of North Florida melibatkan 170 wanita berusia 18-65 tahun yang dibagi menjadi tiga kelompok. Sebanyak 58 peserta menerima pengiriman bunga ke rumah, 55 peserta menerima pengiriman lilin mewah dengan nilai yang hampir sama dengan bunga tersebut, dan 57 peserta lainnya tidak menerima pengiriman apapun.

Setiap kelompok menyelesaikan survei daring tentang tingkat stres mereka selama 12 hari berturut-turut. Hasilnya, peserta yang menerima bunga melaporkan penurunan tingkat stres sebesar 5,5 poin dibandingkan dengan peserta yang menerima lilin mewah atau yang tidak menerima apapun.

2. Meningkatkan suasana hati

Manfaat menyimpan bunga di dalam rumah untuk kesehatan yang kedua yaitu meningkatkan suasana hati.

Untuk merasa bahagia, memiliki pola pikir yang positif sangatlah penting. Di sisi lain, benda-benda dan makhluk di sekitar kita juga berperan penting. 

Studi menunjukkan bahwa wanita yang menerima bunga melaporkan suasana hati mereka membaik. Para peneliti percaya bahwa hal ini terjadi karena bunga mampu memberikan kesempatan untuk berhubungan dengan alam, paparan lingkungan yang meningkatkan kesehatan..

3. Meningkatkan daya ingat

Manfaat menyimpan bunga di dalam rumah untuk kesehatan yang ketiga yaitu meningkatkan daya ingat.

Sebuah eksperimen yang dilakukan dalam studi tahun 2005 oleh Rutger melibatkan analisis efek bunga terhadap mereka yang berusia 55 tahun ke atas. Fakta bahwa bunga dapat meningkatkan suasana hati para lansia bukanlah hal yang mengejutkan. Yang tidak terduga adalah bunga tampaknya memiliki dampak positif pada ingatan episodik mereka. 

Penjelasan untuk ini berasal dari studi lain yang berteori bahwa dalam evolusi manusia, bunga telah muncul sebagai salah satu dari segelintir tanaman yang berhasil memproduksi bahan kimia dengan kunci molekuler yang tepat. Bunga mampu membuka mekanisme di dalam otak yang mengatur kesenangan, ingatan, dan mungkin transendensi peristiwa.

Baca Juga: Dukung Gaya Hidup Sehat, Philips Luncurkan Alkaline Water Dispenser

4. Memulihkan fisik lebih cepat

Manfaat menyimpan bunga di dalam rumah untuk kesehatan yang keempat yaitu memulihkan fisik lebih cepat.

Sebuah penelitian dilakukan terhadap 90 pasien yang sedang dalam masa pemulihan pasca-hemoroidektomi di sebuah rumah sakit. Hasilnya, pasien yang ditempatkan di ruangan berisi bunga memiliki respons fisiologis yang jauh lebih positif. Temuan ini dibuktikan dengan tekanan darah sistolik yang lebih rendah serta tingkat nyeri, kecemasan, dan kelelahan yang lebih rendah dibandingkan pasien di ruang kontrol.

Para pasien yang dirawat di kamar yang terdapat bunga juga merasa lebih positif terhadap kamar mereka dan merasa lebih diperhatikan, yang berujung pada peningkatan tingkat pemulihan. 

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Manfaat menyimpan bunga di dalam rumah untuk kesehatan yang kelima yaitu membuat tidur lebih nyenyak.

Bunga lavender telah lama dipercaya sebagai obat tidur alami yang ampuh. Untuk menguji apakah ini hanya teori atau fakta, para peneliti di Wesleyan University meminta 31 pria dan wanita untuk menghirup minyak esensial lavender pada malam-malam tertentu dalam sebuah studi tidur.

Hasilnya, ditemukan bahwa ketika mereka melakukannya, mereka merasa lebih segar dan berenergi pada keesokan paginya. 

Itulah 5 manfaat menyimpan bunga di dalam rumah untuk kesehatan. Tertarik untuk mulai menyimpan bunga di dalam rumah, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News