Bugar

5 Manfaat Argan Oil untuk Kulit, Atasi Masalah Jerawat!

5 Manfaat Argan Oil untuk Kulit, Atasi Masalah Jerawat!

MOMSMONEY.ID - Menarik untuk dicoba, Anda perlu tahu manfaat argan oil untuk kulit. Argan oil adalah minyak yang berasal dari ekstrak biji pohon argan yang hanya tumbuh di daratan Maroko. Argan oil mengandung vitamin A & E, antioksidan, asam lemak dan berbagai senyawa fenolik.

Sedangkan sebagian besar lemak dalam argan oil berasal dari dan asam oleat dan linoleat. Sehingga, argan oil memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. 

Dilansir dari cnfstore.com, berikut lima manfaat argan oil untuk kulit, yaitu: 

1. Melembabkan Kulit

Manfaat pertama argan oil adalah dapat melembapkan kulit. Kandungan vitamin E dan asam lemak yang terdapat dalam minyak argan memiliki manfaat baik untuk melembapkan kulit yang kering dan pecah-pecah.

Kandungan air dalam kulit terjaga karena kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan yang larut dalam lemak. Hal ini membuat argan oil berperan sebagai pelembap alami yang mudah diserap oleh kulit.

Saat mencuci wajah, tuangkan satu tetes minyak argan murni ke telapak tangan dan aplikasikan dengan gerakan memutar pada wajah dan leher. Hasilnya kulit akan terjaga kelembapannya saat tidur di malam hari,

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan, Lawan Penuaan Dini

2. Membantu dalam Regenerasi Kulit

Manfaat argan oil selanjutnya adalah membantu dalam regenerasi kulit. Proses pengelupasan atau eksfoliasi wajah sangat diperlukan untuk meregenerasi kulit sehingga tampak lebih sehat dan bercahaya.

Namun eksfoliasi yang berlebihan dapat merusak kulit dan menyebabkan iritasi. Minyak argan yang dicampur pada produk eksfoliasi dapat membantu mengurangi resiko kulit teriritasi saat proses eksfoliasi dan kulit tetap lembab. 

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Kemudian, argan oil dapat mengatasi masalah jerawat. Argan oil efektif bekerja dalam mengurangi kelebihan sebum pada kulit berminyak sehingga mampu mencegah dan mengatasi masalah jerawat.

Tingginya kandungan asam linoleat juga membantu meredakan peradangan akibat jerawat dan menenangkan sel-sel kulit yang rusak. Aplikasikan minyak argan pada area wajah yang berjerawat secara rutin untuk membantu meredakannya.

Baca Juga: Tidak Sulit, Inilah 3 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

4. Pelindung dari Sinar Matahari

Berikutnya, argan oil juga bisa melindungi kulit dari sinar matahari. Antioksidan dalam argan oil efektif melindungi kulit dari radikal bebas yang disebabkan paparan sinar matahari.

Minyak alami ini bagus untuk mencegah terjadinya hiperpigmentasi dan luka bakar. Bahkan untuk jangka panjang, minyak argan dapat melindungi kulit dari kanker kulit, termasuk melanoma. 

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat argan oil untuk kecantikan lainnya adalah mencegah penuaan dini. Garis-garis halus dan kerutan di kulit menjadi hal yang paling dihindari sebagian besar orang.

Khasiat argan oil ini mampu menjaga elastisitas kulit dan memperbaiki kulit yang rusak. Sehingga tampilan kulit akan lebih bersinar dan awet muda.

Minyak argan bekerja memperbaiki kolagen dan elastin kulit. Dua hal ini berperan dalam menjaga kekencangan kulit, mengurangi garis halus dan kerutan, dan memperbaiki kulit yang rusak.

Nah, itulah beberapa manfaat argan oil untuk kulit pada produk skincare. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News