Keluarga

5 Kesalahan yang Dilakukan Keluarga saat Sedang Libur Lebaran Berlangsung

5 Kesalahan yang Dilakukan Keluarga saat Sedang Libur Lebaran Berlangsung

MOMSMONEY.ID - Sudah punya rencana ingin melakukan perjalanan liburan bareng keluarga di libur Lebaran tahun ini? Supaya libur Lebaran berjalan lancar, coba hindari beberapa kesalahan yang kerap kali dilakukan.

Ada beberapa kesalahan yang terkadang tak disadari sering Anda lakukan. Beberapa kesalahan ini tentu akan membuat liburan jadi terasa tak berkesan & siasia.

Untuk menghindari liburan yang menyebalkan, coba simak dulu artikel berikut ini yang dilansir dari Nava Hotel Tawangmangu, selengkapnya.

Baca Juga: Kalender 2024: Jadwal Libur Nasional Ada 17 Hari dan Cuti Bersama Lebaran 2024

Masih terus kerja

sibuk kerja

Kesalahan saat liburan yang harus dihindari tentunya adalah terus menerus bekerja meski sudah mengambil cuti.

Terus bekerja meski sedang cuti akan membuat perjalanan liburanmu jadi tak asik. Alhasil, Anda jadi harus mengecek grup WA kantor dan email terus menerus.

Jika telah memutuskan untuk melakukan liburan, maka tenangkanlah pikiran hanya untuk fokus liburan. Jangan campur adukkan liburan dengan pekerjaan karena bisa membuatmu jadi burnout.

Abai dengan detail lokasi wisata

liburan bareng keluarga

Baca Juga: 5 Tips Berlibur buat Introvert, Traveling Jadi Nyaman dan Aman

Kesalahan saat liburan yang harus dihindari salah satunya abai dengan informasi detail mengenai lokasi wisata.

Sebelum Anda melakukan liburan, terutama libur Lebaran, coba cari tahu mengenai info terkini tempat wisata yang akan dikunjungi, mulai dari fasilitas, tempat makan, harga masuk, ataupun kebersihan toilet.

Apabila Anda berencana mengunjungi tempat wisata alam, coba cari tahu apakah lokasi tersebut rawan bencana atau tidak, serta mengantisipasi jika datang saat musim hujan berlangsung.

Terlalu banyak membawa barang

Kesalahan saat liburan yang harus dihindari salah satunya membawa banyak bawang bawaan.

Terlalu banyak membawa barang bawaan hanya akan memenuhi tas dan bagasi. Terlebih jika Anda memutuskan untuk melakukan liburan ke alam, sebisa mungkin jangan terlalu banyak membawa barang-barang yang tak terlalu penting.

Cukup bawa barang-barang vital seperti dompet, HP, tisu, hingga obat-obatan untuk berjaga-jaga.

Baca Juga: 7 Culture Shock yang Bikin Orang Kaget saat Pindah ke Australia

Terlalu banyak merencanakan perjalanan

Kiat Jitu Liburan Hangat bersama Keluarga ke Singapura dari tiket.com

Merencanakan perjalanan liburan memang penting, namun terlalu banyak ingin mengunjungi aneka tempat dalam 1 waktu merupakan sebuah kesalahan saat liburan yang harus dihindari.

Jangan membuat rencana perjalanan liburan Anda dengan jadwal yang super padat dalam 1 hari. Sebab, Anda hanya bisa mengunjungi paling tidak 2-3 tempat saja dalam 1 waktu.

Baca Juga: 15 Negara Muslim dengan Beragam Aspek Kekuatan di Dunia, Indonesia Nomor Satu!

Jika rencana liburanmu terlalu padat, maka Anda tak akan merasa happy dan rilex karena tak ada waktu bagi tubuhmu untuk beristirahat.

Jadi disarankan untuk memperhitungkan lokasi wisata serta estimasi waktu & perjalanan. Jika lokasi wisata ternyata berjauhan, maka jangan memaksakan diri untuk mengunjunginya saat itu juga.

Buatlah rencana perjalanan liburan yang santai dan tetap menyenangkan tanpa bikin tubuh cepat kelelahan.

Panik jika tak sesuai rencana

Kroasia, Tempat Wisata Termurah di Eropa

Baca Juga: 5 Negara dengan Tempat Wisata Termurah di Eropa, Wajib Anda Kunjungi

Kesalahan saat liburan yang harus dihindari adalah sifat mudah panik jika perjalanan liburan tidak sesuai dengan rencana.

Ada banyak faktor eksternal yang dapat membuat rencana liburanmu jadi gagal, mulai dari faktor cuaca, keamanan, hingga kendala teknis seperti transportasi.

Apabila ada liburanmu yang tak sesuai rencana, jangan panik dan marah-marah. Anda bisa mencoba alternatif perjalanan liburan lainnya secara mendadak tanpa perlu banyak pikiran.

Itu dia sederet kesalahan saat liburan yang harus dihindari. Jika Anda berencana akan melakukan liburan saat libur Lebaran nanti, coba ikuti tips-tips di atas agar liburanmu tetap menyenangkan, ya.

Selanjutnya: Jalur Fungsional Tol Solo-Jogja dan Tol Japek II Kembali Beroperasi Saat Arus Balik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News