Keluarga

5 Kesalahan Umum Menggunakan Dehumidifier yang Sering Dilakukan

5 Kesalahan Umum Menggunakan Dehumidifier yang Sering Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Dehumidifier adalah salah satu investasi terbaik untuk rumah. Terutama, jika Anda mengalami masalah kelembapan di rumah. Namun, ada baiknya membaca kesalahan umum menggunakan dehumidifier untuk bisa memanfaatkan secara optimal. 

Apabila Anda membeli dehumidifier, tentu Anda ingin bisa menggunakannya secara efisien. Melansir Woman and Home, salah satu cara bisa menggunakan dengan efisien adalah mengetahui cara penggnaan yang tepat.

Pada artikel kali ini kami akan membahas kesalahan umum menggunakan dehumidifier yang seriung dilakukan. Sehingga Anda bisa hemat biaya, waktu dan masalah jamur serta rumah yang lembap mudah teratasi. 

Baca Juga: Ini Ukuran Dehumidifier yang Tepat Sesuai Luas Ruangan

Kesalahan menggunakan dehumidifier yang harus dihindari

Memilih ukuran dan jenis yang salah

Kesalahan menggunakan dehumidifier yang paling umum yang dapat Anda lakukan adalah tidak melakukan riset ragam bentuk, ukuran dan harga. Mungkin Anda mudah tergiur dengan dehumidifier yang kecil karena harganya lebih murah.

Namun, Anda lupa mempertimbangkan apakah dehumidifer tersebut sesuai dengan luas ruangan.

Membuka jendela dan pintu

Saat kamar atau ruangan terasa pengap, apek dan lembab kebanyakan orang akan membuka jendela dan menyalakan dehumidifier. Padahal ini cara yang salah menggunakan dehumidifier. 

Angin yang masuk ke rumah Anda akan membuat ruangan jadi lebih segar. Inii akabn membuat dehumidifier Anda jadi tidak berguna. Dehumidifier bekerja sesuai dengan aliran udara yang spesifik.

Sehingga, membuka pintu dan jendela akan mengacaukan semua pekerjaan yang dilakukan dehumidifier serta membiarkan lebih banyak kelembapan. 

Baca Juga: Apakah Buruk Tidur dengan Dehumidifer yang Dibiarkan Menyala?

Meletakan di tempat yang salah

Memilih tempat yang tepat untuk meletakan dehumidifier di rumah Anda bisa menjadi tugas yang sulit. Sebagian besar ahli merekomendasikan untuk menempatkan dehumidifier Anda di ruang tamu, ruang bawah tanah, atau kamar tidur jika ini adalah area yang lembab.

Orang-orang cenderung menempatkan dehumidifier mereka di sudut ruangan, tetapi sebaiknya untuk memposisikan unit setidaknya 20-30 cm dari penghalang apa pun. 

Ini membantu mencegah ventilasi yang tersumbat dan memastikan aliran udara yang tidak terbatas. Dehumidifier berfungsi dengan menarik udara dan mengeluarkannya melalui ventilasi, jadi menjaga jarak ini dari dinding sangat penting untuk sirkulasi udara yang tepat.

Anda juga harus menjauhkan dehumidifier dari sumber panas dan jendela. Sumber panas bisa mendorong  kelembapan di udara untuk membentuk kondensasi di dalam dehumidifier.  

Tidak menggunakan dehumidifier saat menjemur pakaian di dalam rumah

Banyak orang berpikir bahwa saat menjemur pakaian di dalam rumah Anda hanya perlu angin alami untuk mengeringkannya. Namun, jika Anda berjuang mengatasi masalah kelembapan di rumah dan perlu mengeringkan pakaian maka gunakan dehumidifier untuk membantu mempercepat pengeringan.

Tempatkan dehumidifier di bawah jemuran. Alat ini akan menarik kelembapan dan meniupkan udara segar ke pakaian. Ini akan menciptakan angin sepoi-sepoi dan mengisi rumah Anda dengan aroma pakaian segar. 

Tidak merawat dengan baik

Tidak membersihkan dengan benar adalah salah satu kesalahan menggunakan dehumidifier yang paling umum. Sama seperti alat apa pun di rumah Anda, penting untuk membersihkan dehumidifier Anda agar tetap berjalan secara efektif dan efisien.

Anda tidak hanya harus secara teratur mengosongkan air dan membersihkan reservoir, tetapi para ahli menunjukkan bahwa filter sering menjadi salah satu bagian yang paling diabaikan dari dehumidifier.

Membersihkan udara dari kotoran adalah pekerjaan yang harus diserahkan kepada pembersih udara, bukan? Sementara pembersih udara akan melakukan pekerjaan yang lebih menyeluruh, dehumidifier juga melakukan sedikit pemurnian. 

Saat dehumidifier mengangkat jamur dan kelembaban dari udara, mereka akan menangkap rambut, debu, dan bulu juga. Anda akan melihat penumpukan ini (dan akhirnya menyumbat) filter dehumidifier. Cukup bersihkan filter dengan kain mikrofiber.

Selanjutnya: Terduga Teroris Anggota Al Qaeda di Gorontalo Ditangkap Densus 88

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News