Santai

5 Kesalahan Menggunakan Smartwatch yang Wajib Dihindari

5 Kesalahan Menggunakan Smartwatch yang Wajib Dihindari

MOMSMONEY.ID - Banyak jam tangan pintar atau smartwatch yang digunakan sehari-hari. Namun, tahukah Anda tentang kesalahan menggunakan smartwatch? Ada beberapa kesalahan menggunakan smartwatch yang wajib dihindari. 

Kesalahan menggunakan smartwatch yang wajib dihindari ini perlu disimak baik-baik. 

Salah satu kesalahan menggunakan smartwatch yaitu tidak merawatnya dengan baik. 

Baca Juga: Rekomendasi Jam Tangan Lari Terbaik Tahun 2024 yang Baterainya Awet

Oleh karena itu, tips ini akan membantu Anda untuk merawat dan menghindari kesalahan menggunakan smartwatch. 

Berikut ini 5 kesalahan menggunakan smartwatch. 

1. Asal Pilih Aksesoris

Jam tangan pintar menjadi aksesori fesyen saat ini. Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk membuat jam tangan terlihat terbaik di pergelangan tangan Anda adalah berinvestasi pada tali jam.

Ini adalah langkah penting dalam menyesuaikan jam tangan pintar agar sesuai dengan selera Anda dan menjadikannya aksesori fesyen cerdas terbaik.

Misalnya, tali nilon mungkin paling cocok saat Anda berjalan-jalan, trekking, atau rutinitas gym pagi hari. 

Namun, tali pengikat ini cenderung menonjol (dengan cara yang salah) selama pertemuan bisnis atau dalam lingkungan profesional. Oleh karena itu, mendapatkan beberapa tali pengikat dalam berbagai gaya akan membantu Anda memaksimalkan tampilan jam tangan pintar Anda.

2. Tidak Menjaga Masa Pakai Baterai

IT (IMMERSIVE TECH) PERKENALKAN PRODUK SMARTWATCH BIDIK PENGGEMAR GAYA HIDUP AKTIF

Sama seperti gadget lainnya, jam tangan pintar juga menggunakan baterai yang memiliki siklus pengisian daya terbatas. Oleh karena itu, mengoptimalkan masa pakai baterai dan pengisian daya jam tangan pintar Anda sangat penting untuk memastikan masa pakainya yang lama.

Untuk yang terakhir, menghindari mengisi daya jam tangan pintar Anda secara berlebihan dan memahami siklus pengisian daya jam tangan Anda adalah hal penting yang perlu diingat.

Langkah lain yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kesehatan baterai jam tangan pintar Anda dalam jangka panjang adalah dengan tidak menggunakan fitur Always On Display. Meskipun tidak menguras baterai secara berlebihan, sebagai sebuah fitur, hal ini dapat berdampak besar pada kesehatan baterai jam tangan Anda sepanjang masa pakainya.

3. Tidak Menggunakan dengan Benar

Banyak pengguna juga melakukan kesalahan dengan tidak menggunakan jam tangan pintar mereka sebagaimana mestinya. Misalnya, banyak dari kita cenderung tetap membawa jam tangan pintar bahkan saat kita berenang di kolam renang. 

Baca Juga: 8 Rekomendasi Gadget untuk Lari yang Menambah Semangat dan Tampilan Makin Keren

Meskipun berenang sebentar tidak akan membahayakan jam tangan pintar Anda, lebih baik tinggalkan saja di tepi kolam renang daripada membawanya bersama Anda.

Ini karena jam tangan pintar menawarkan ketahanan terhadap air tetapi tidak kedap air, jadi bacalah rinciannya dengan cermat. Bergantung pada peringkat IP yang ditawarkan jam tangan pintar Anda, Anda dapat memutuskan apakah aman untuk membawanya ke kolam renang untuk berenang.

Pada saat yang sama, sebaiknya bersihkan jam tangan Anda secara berkala. Seiring waktu, garam dan partikel lain menumpuk di celah kecil dan memberikan tampilan yang tidak sedap dipandang.

4. Melakukan Pembayaran Lebih Banyak

Salah satu keuntungan terbesar jam tangan pintar modern adalah sebagian besar jam tangan tersebut memiliki chip NFC, sehingga memberikan akses ke pembayaran nirsentuh langsung dari jam tangan Anda. 

Jadi, bergantung pada jam tangan pintar pilihan Anda, Anda dapat menambahkan kartu debit dan kredit yang paling sering digunakan ke Apple Pay atau Samsung Wallet. Setelah selesai, Anda dapat melakukan pembayaran nirsentuh dengan mudah, bahkan tanpa mengeluarkan ponsel dari saku.

Fitur lain yang kurang dimanfaatkan pada jam tangan pintar adalah panggilan. 

Ya, jika Anda memiliki jam tangan pintar dengan dukungan kemampuan seluler, Anda dapat melakukan panggilan tanpa perlu melibatkan ponsel cerdas Anda. 

Dan meskipun jam tangan Anda tidak menawarkan fungsi seluler, Anda dapat menikmati manfaat menelepon langsung dari jam tangan saat dipasangkan dengan ponsel cerdas.

Baca Juga: 5 Smartwatch Outdoor Terbaik yang Awet dan Tangguh untuk Aktivitas Luar Ruangan

5. Tidak Memanfaatkan Potensi Smartwatch

Kesalahan besar lainnya yang dilakukan banyak pengguna adalah mereka tidak memanfaatkan potensi penuh dari jam tangan pintar mahal mereka. Untuk memaksimalkan jam tangan pintar Anda, pastikan Anda tidak mengabaikan pembaruan perangkat lunak. 

Pembaruan ini dapat membantu meningkatkan fungsionalitas dan memberikan perbaikan untuk berbagai masalah, termasuk bug.

Selain itu, gunakan aplikasi pendamping jam tangan pintar Anda untuk membuka kunci semua yang ditawarkan gadget yang terikat di pergelangan tangan Anda. 

Dari bantuan pelacakan kebugaran hingga panduan olahraga dan banyak lagi, jam tangan dan aplikasi pendampingnya di ponsel dapat melakukan banyak hal saat dipasangkan bersama.

Nah itulah beberapa kesalahan menggunakan smartwatch yang perlu dihindari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News