Santai

5 Jenis Race Lomba Marathon, Pelari Wajib Tahu Bedanya

5 Jenis Race Lomba Marathon, Pelari Wajib Tahu Bedanya

MOMSMONEY.ID - Sudah tahukah Anda jika ada beberapa kategori perlombaan marathon? Yuk, intip jenisnya di sini.

Kini, perlombaan marathon sendiri tengah menjadi perlombaan bergengsi, loh. Sebab peminat olahraga lari mulai termotivasi untuk mengikuti perlombaan lari marathon.

Meski populer, namun banyak juga orang awam atau pemula yang belum tahu jenis-jenis perlombaan marathon.

Lomba marathon sendiri secara umum dibagi berdasarkan kategori jaraknya. Agar tidak salah, ketahui beberapa kategori perlombaan lari marathon berikut ini.

Baca Juga: Sebelum Berlomba, Ketahui 5 Keuntungan Olahraga Marathon di Sini

5 Km

Ada beragam jenis lomba lari 5 Km yang digelar dalam dan luar negeri. Seperti fun run, acara amal, hingga perlombaan resmi. Jenis perlombaan lari ini adalah jarak terpendek dalam tipe lari marathon.

Para pemula yang baru menggeluti olahraga lari disarankan untuk mengikuti lomba dengan jarak ini terlebih dahulu.

10 Km

Lomba marathon dengan jarak ini sangat bagus dalam memberikan cara untuk meningkatkan ketahanan atau dorongan pelari untuk mencapai hasil terbaik sebelum mengikuti perlombaan half marathon.

Laman Marathon Handbook bahkan menyatakan bahwa bagi pelari jarak jauh berpengalaman, jarak ini dianggap bagus untuk melatih dan mengukur kinerja lari.

Baca Juga: Yuk Download Aplikasi Bersepeda Ini Sebelum Mulai Gowes

21 Km

Disebut juga sebagai half marathon, perlombaan lari ini banyak diikuti oleh pegiat olahraga lari. Half marathon memiliki jarak 21 Km atau setara dengan 13 mil. Perlombaan biasanya diadakan di kota-kota yang cukup besar.

Perlombaan lari pada jarak ini menurut laman Worlds Marathon adalah acara besar yang mengumpulkan para elite dan amatir bersama-sama untuk berebut medali finisher.

42 Km

Setelah 21 Km, jika Anda masih merasa tertantang, coba ikuti perlombaan full marathon dengan jarak tempuh 42 Km. Hal yang menantang dari mengikuti marathon pada jarak ini adalah tidak ada jalan pintas dalam perlombaan.

Maka tentu saja penting untuk memiliki persiapan baik agar bisa menghadapi perlombaan yang sulit dan panjang. Maraton memerlukan program latihan yang panjang, antara 12-20 minggu sebelum hari perlombaan.

Waktu penyelesaian rata-rata lomba lari marathon adalah sekitar 4 jam 30 menit sedangkan waktu penyelesaian elit hanya beberapa menit di atas 2 jam.

>42 Km

Saat merasa Anda sudah menaklukkan marathon dengan baik, Anda tentu akan merasa terpancing untuk melakukan lebih. Jarak di atas 42 Km dalam lomba lari marathon disebut sebagai ultramarathon.

Jenis perlombaan ini diperuntukkan bagi sebagian kecil orang, dalam keadaan sehat dan memiliki dasar lari yang sangat kuat.

Kebanyakan jarak yang disediakan dalam perlombaan ultramarathon ini bervariasi mulai 50-100 km dengan waktu tempuh maksimal sekitar 10 hari.

Itulah beberapa kategori perlombaan lari marathon dan penjelasannya. Semoga semakin menambah pengetahuan tentang dunia lari sebelum ikut lombanya, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News