Santai

5 Fitur Baru untuk Pengguna Android yang Diumumkan Google

5 Fitur Baru untuk Pengguna Android yang Diumumkan Google

MOMSMONEY.ID - Google baru-baru ini memperkenalkan lima fitur baru yang menarik bagi pengguna Android. Ada beberapa fitur baru untuk pengguna Android. 

Tentunya fitur baru untuk pengguna Android ini semakin memudahkan penggunanya. 

Mengutip India Today, berikut ini beberapa fitur baru untuk pengguna Android :

Baca Juga: Perbedaan TV Android dan Google TV Terkait Fungsi, Cek Sebelum Upgrade Perangkat

1. Fitur TalkBack untuk orang dengan gangguan penglihatan

Bagi pengguna yang tuna netra atau memiliki penglihatan yang buruk, menavigasi konten digital bisa jadi menantang. TalkBack dari Google adalah alat aksesibilitas yang dirancang untuk membantu dengan membacakan teks di layar dengan lantang. 

Kini, dengan pembaruan baru yang didukung oleh AI canggih Google yang disebut Gemini, TalkBack juga dapat mendeskripsikan gambar dengan lebih terperinci. 

Misalnya, alih-alih hanya mengatakan "seseorang", fitur ini dapat mendeskripsikan pakaian orang tersebut, lingkungannya, atau tindakannya. 

HP Android

Hal ini membuat konten digital lebih mudah diakses dan informatif, sehingga pengguna dengan gangguan penglihatan dapat menikmati gambar dengan lebih lengkap. Fitur ini tersedia di perangkat yang mendukung Gemini, sehingga teknologi menjadi lebih inklusif bagi semua orang.

2. Alat identifikasi musik seperti Shazam

Pernahkah Anda mendengar sebuah lagu saat menelusuri feed media sosial atau saat nongkrong bersama teman, dan berharap tahu lagu apa itu? Fitur Circle to Search milik Google yang baru telah membantu Anda. 

Alih-alih perlu berpindah aplikasi atau menggunakan alat pengenalan musik terpisah, kini Anda cukup menekan lama tombol Home atau bilah navigasi di perangkat Android Anda.

Baca Juga: Cara Transfer Chat WhatsApp dari HP Lama ke HP Baru Android, Termasuk Foto dan Video

Ini akan mengaktifkan Circle to Search, yang memungkinkan Anda mengidentifikasi lagu yang sedang diputar di sekitar Anda secara instan. Fitur ini tidak hanya akan memberi tahu Anda judul dan artis lagu, tetapi juga memberi Anda opsi untuk menonton video YouTube tentang lagu tersebut. 

Fitur ini menghemat waktu dan membuatnya sangat mudah untuk menemukan musik baru tanpa mengganggu apa yang sedang Anda lakukan.

3. Halaman Web dengan Suara

Jika Anda lebih suka mendengarkan konten daripada membacanya, Google telah menambahkan fitur baru ke Chrome yang akan membacakan halaman web untuk Anda. Baik saat Anda mengikuti berita terbaru, mengikuti resep, atau sekadar menjelajahi blog, kini Anda dapat mendengarkan konten yang dibacakan.

Anda bahkan dapat menyesuaikan suara, kecepatan, dan bahasa sesuai dengan preferensi Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda melakukan banyak tugas sekaligus, seperti memasak sambil mendengarkan resep, atau jika Anda merasa lebih mudah mendengarkan daripada membaca. Fitur ini mengubah halaman web apa pun menjadi pengalaman audio, sehingga memudahkan pengguna yang mungkin kesulitan membaca atau yang sekadar senang mendengarkan.

Baca Juga: WhatsApp Bakal Luncurkan Fitur Baru, Buka Kunci Aplikasi Tanpa Disentuh?

4. Peringatan Gempa

Gempa bumi memang menakutkan, tetapi Sistem Peringatan Gempa Bumi Google bertujuan untuk memberi Anda peringatan sebelum gempa terjadi. 

Sistem ini, yang menggunakan data dari jutaan perangkat Android untuk mendeteksi gempa bumi secara real time, kini diperluas untuk mencakup semua negara bagian dan enam wilayah AS.

Jika Anda berada di area yang terdeteksi gempa bumi, perangkat Android Anda akan mengirimkan peringatan beberapa detik sebelum gempa terjadi. 

Beberapa detik ini sangat penting, memberi Anda waktu untuk berlindung dan bersiap. 

Setelah gempa bumi, peringatan tersebut juga akan memberikan kiat tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, membantu Anda tetap aman selama dan setelah gempa terjadi.

5. Akses Google Maps

Dengan fitur baru ini, jika Anda telah mengunduh peta ke ponsel Anda, Anda dapat mengaksesnya langsung dari jam tangan pintar Anda bahkan saat ponsel Anda tidak bersama Anda. 

Baca Juga: Cara Menambahkan Lagu di Profil IG, Fitur Baru Instagram yang Menarik

Ini berarti Anda dapat menavigasi jalan-jalan, menemukan tempat-tempat wisata, atau hanya kembali ke hotel Anda tanpa memerlukan koneksi internet atau ponsel Anda. 

Selain itu, Google Maps di Wear OS kini menawarkan dua pintasan baru: satu yang memungkinkan Anda mencari tujuan menggunakan suara Anda dan yang lainnya yang memungkinkan Anda melihat lokasi Anda saat ini hanya dengan satu ketukan pada tampilan jam Anda. 

Ini adalah cara yang mudah untuk menjelajahi tempat-tempat baru tanpa terikat pada ponsel Anda.

Nah itulah beberapa fitur baru untuk pengguna Android yang dumumkan oleh Google. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News