Santai

5 Daftar Bunga Mematikan yang Bisa Berbahaya bagi Manusia

5 Daftar Bunga Mematikan yang Bisa Berbahaya bagi Manusia

MOMSMONEY.ID - Tidak semua tanaman bunga dapat menjadi tanaman hias yang menyenangkan. Berikut ini daftar bunga mematikan yang bisa berbahaya bagi manusia. 

Ada beberapa bunga mematikan yang bisa berbahaya bagi manusia. Artikel ini dapat Anda simak untuk mengetahui daftar bunga paling berbahaya.

Lalu, apa saja bunga mematikan yang bisa berbahaya bagi manusia?

Baca Juga: Daftar Bunga Potong yang Bisa Ditanam Lagi di Pot dan Cara Menanamnya

Berikut ini bunga mematikan yang bisa berbahaya bagi manusia. 

1. Oleander

Semak cemara yang populer ini mungkin memikat Anda dengan tinggi badannya yang mencapai 20 kaki, daunnya yang kasar dan lanset, serta bunganya yang berwarna-warni, harum, berbentuk corong yang sangat mudah tumbuh dan dikelola. 

Seluruh bagiannya mengandung senyawa yang disebut glikosida jantung yang beracun bagi manusia, anjing, kucing, ternak, dan burung! Namun, penyerbuk seperti lebah dan kupu-kupu, berkumpul tanpa rasa takut di kumpulan bunga berwarna merah muda, merah, dan putih.

Bunga yang umum digunakan dalam lansekap karena kemampuannya dalam mentoleransi tanah yang buruk, bunga ini menimbulkan risiko bagi mereka yang memiliki anak atau tidak menyadari sifat mematikannya!

2. Bunga Terompet

Berikutnya dalam daftar bunga yang berakibat fatal bagi manusia adalah semak atau pohon tropis yang selalu hijau dengan bunga mekar indah yang mengandung alkaloid tropane. 

Jika salah satu bagiannya, daun, bunga, atau bijinya tertelan, alkaloid ini dapat menyebabkan gejala yang mengancam jiwa bahkan kematian.

Ngengat dan kelelawar menyerbuki Angel's Trumpet karena aromanya dan mekar di malam hari, tetapi juga beracun bagi hewan peliharaan dan ternak. 

Baca Juga: Daftar Bunga yang Melambangkan Kesembuhan, Cocok Jadi Hadiah Teman dan Keluarga

Selain itu, diketahui bahwa duduk di bawahnya di ruangan yang kurang berventilasi dapat menyebabkan euforia ringan atau halusinasi.

Jika Anda memilih untuk menanamnya, tanamlah di tanah yang memiliki drainase yang baik dan berikan sinar matahari sebagian, banyak ruang, dan air yang diberi bumbu. 

Setelah satu tahun tumbuh, pohon tersebut akan memamerkan bunganya yang besar berbentuk terompet, berwarna putih, kuning, dan merah jambu.

3. Water Hemlock

Hemlock air adalah anggota keluarga wortel, tapi jangan mengunyahnya! Tanaman tahunan ini mengandung cicutoxin, yang mematikan bagi manusia, hewan peliharaan, dan ternak.

Ia memiliki batang berongga berwarna ungu, bergaris hingga berbintik-bintik dan kumpulan bunga kecil berwarna putih.

Ia menyukai lokasi rawa dan sering tumbuh di sekitar sumber air seperti sungai dan rawa.

4. White Snakeroot

Dengan bunga mekar seperti awan putih halus, semak ini kecil, cantik, dan sangat mematikan! Hampir seluruh bagian tanaman mengandung tremetol, senyawa yang berakibat fatal bagi manusia, sapi, dan kuda. Faktanya, meminum susu dari sapi yang keracunan pun bisa menjadi racun!

Ditemukan secara alami di Amerika bagian timur, di hutan yang kaya atau berbatu, semak belukar, dan tepi kayu, akar tanaman ini digunakan sebagai obat gigitan ular.

Baca Juga: 10 Daftar Bunga Tercantik di Dunia yang Cocok Jadi Dekorasi

5. Melati Kuning

Yellow Jessamine, atau Carolina Jessamine, adalah bunga negara bagian Carolina Selatan. Meskipun dikenal, bunga ini bukanlah bunga yang ramah manusia. Hampir setiap bagian tanaman ini sangat beracun dan memakan sedikit bunga atau akar dapat membunuh manusia karena konsentrasi alkaloidnya yang tinggi.

Tapi bunganya benar-benar indah untuk dilihat! Mekar di musim semi, harum, kuning cerah, berbentuk terompet, dan tekstur seperti lilin.

Jadi itulah beberapa daftar bunga mematikan yang berbahaya bagi manusia. 

Selanjutnya: Harga Emas Menguat Karena Harapan Pemangkasan Suku Bunga dan Kekhawatiran Geopolitik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News