Santai

5 Cara Mudah Menyeimbangkan Hormon Tubuh biar Tetap Sehat dan Bahagia

5 Cara Mudah Menyeimbangkan Hormon Tubuh biar Tetap Sehat dan Bahagia

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa cara alami yang bisa dipraktikkan untuk menyeimbangkan hormon tubuh Anda.

Hormon yang tidak seimbang tentunya bisa menyebabkan beberapa masalah pada tubuh. Seperti mengalami mood swing atau bahkan muncul jerawat dan masalah berat badan.

Hal tersebut disebabkan karena ada beberapa pengaruh yang menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.

Walau begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Baca Juga: Lakukan 4 Hal Ini untuk Meningkatkan Hormon Serotonin Secara Alami

Kelola stres

Tak semua orang dapat mengelola stres dengan baik. Padahal, tingkat stres juga bisa berpengaruh dengan keseimbangan hormon dalam tubuh. Stres bisa memicu meningkatkan adrenalin dan kortisol dalam tubuh.

Jika kedua hormon tersebut berada di tingkat tinggi, maka dapat merusak keseimbangan hormon. Sehingga, masalah seperti obesitas, gangguan mood, dan masalah kardiovaskular bisa terjadi.

Tidur cukup

Tidur merupakan aktivitas penting yang digunakan untuk mengembalikan energi tubuh. Kualitas tidur yang buruk atau kurang juga bisa menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.

Tingkat hormon dalam tubuh bisa naik dan turun karena ada pengaruh dari kualitas tidur. Efek hormon tidak seimbang yang disebabkan karena kurang tidur, seperti yang dilansir dari laman Medical News Today, adalah obesitas, diabetes, dan gangguan nafsu makan.

Baca Juga: Awas Oversleeping Ternyata Berbahaya buat Kesehatan, Apa Saja Risikonya?

Olahraga

Cara lain yang bisa digunakan untuk membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh adalah dengan berolah raga. Salah satu manfaat dari melakukan olahraga adalah membantu untuk mengurangi kadar insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Insulin adalah hormon yang bekerja untuk mengambil gula dari aliran darah untuk dijadikan energi. Sehingga efek hormon tidak seimbang seperti obesitas, diabetes, dan gangguan jantung bisa dihindari.

Konsumsi protein

Untuk membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh, cobalah untuk memperbanyak konsumsi protein sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Laman Health Line menjelaskan, protein mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan, metabolisme, stres, dan reproduksi. Sehingga dengan mengonsumsi protein dalam jumlah cukup, yaitu 20-30 gram per porsi bisa membantu untuk menyeimbangkan hormon.

Kurangi gula

Dengan mengurangi jumlah asupan gula yang masuk dalam tubuh juga bisa membantu menyeimbangkan hormon.

Makanan dengan tinggi gula jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan perlawanan insulin yang mengganggu kesehatan usus. Gangguan pada usus tersebutlah yang memicu hormon menjadi tidak seimbang.

Demikianlah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyeimbangkan hormon tubuh secara alami.

Selanjutnya: Intip Rekomendasi Saham Pilihan Untuk Hari Ini, Selasa (10/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News