Santai

5 Cara Mudah Mencegah Banjir di Musim Hujan, Praktikkan yuk

5 Cara Mudah Mencegah Banjir di Musim Hujan, Praktikkan yuk

MOMSMONEY.ID - Jadi masalah tahunan, berikut ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya banjir saat musim hujan.

Saat musim hujan tiba, permasalahan seperti banjir pun ikut muncul di beberapa bagian kota di Indonesia.

Tak jarang, semakin banyak orang berusaha mencari cara untuk mengatasi banjir yang muncul di daerah rumah atau tempat kerja mereka.

Untuk mempersiapkan dan mencegah munculnya banjir saat musim hujan tiba, persiapkan beberapa hal ini, ya.

Baca Juga: Apa Perlu Buka Rekening Bareng Pasangan? Ini Penjelasannya

Bersihkan selokan

Bagian yang perlu diberi perhatian ekstra saat musim hujan tiba adalah selokan. Setelah beberapa bulan selokan tertumpuk dengan beragam jenis sampah sebelum musim hujan, sebaiknya bersihkan sampah tersebut.

Tujuannya adalah agar aliran air hujan tidak terhambat saat musim hujan tiba. Selain sampah, bersihkan juga daun-daun kering yang mungkin menumpuk di dalam selokan.

Periksa saluran air

Selain selokan, periksa juga saluran air di dalam dan di luar rumah, ya. Pastikan saluran air tetap lancar dan tidak ada sampah yang menyumbat. Perhatikan juga pipa saluran air.

Periksa apakah ada bagian pipa yang rusak dan pecah. Jika ada, sebaiknya ganti dengan pipa baru sesegera mungkin sebelum makin bocor dan menyebabkan kebanjiran.

Baca Juga: Jangan Dikonsumsi Terus, 5 Makanan Ini Bisa Buat Imun Tubuh Turun

Periksa pintu dan jendela

Ada baiknya mulai memeriksa pintu dan jendela untuk mengantisipasi banjir. Pintu dan jendela yang tidak terkunci rapat biasanya lebih rentan air. Sehingga penting untuk menggunakan pintu dan jendela yang bisa terkunci rapat untuk menahan air hujan.

Jika tak punya, sebaiknya pertimbangkan menambah beberapa penahan air pada pintu dan jendela untuk meminimalisasi banjir dari air hujan.

Coba sensor banjir

Jika memiliki budget lebih, cobalah untuk membeli alat pendeteksi sensor banjir. Alat sensor ini penting untuk bisa digunakan di bisnis dan rumah yang rawan banjir.

Pendeteksi sensor air bekerja dengan mendeteksi aliran air dalam jumlah berlebih yang menyebabkan banjir. Alat ini juga bisa mendeteksi kebocoran air di rumah maupun di tempat bisnis.

Jika sudah menggunakan alat ini, periksa kembali apakah alat tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Lakukan penghijauan

Selain mempersiapkan alat-alat pencegah banjir, lakukan juga penghijauan di rumah atau daerah rumah. Tanam lebih banyak tanaman yang menyerap air dalam jumlah besar.

Sehingga air hujan bisa secara langsung tertampung di dalam tanah pada tanaman-tanaman yang ditanam. Menanam tanaman pun bisa menjadi penghalang alami air hujan berlebihan yang akhirnya menyebabkan banjir, lo.

Itulah tadi beberapa cara dan persiapan yang bisa dilakukan untuk mencegah banjir saat musim hujan tiba. Praktikkan, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News