Santai

Jangan Dikonsumsi Terus, 5 Makanan Ini Bisa Buat Imun Tubuh Turun

Jangan Dikonsumsi Terus, 5 Makanan Ini Bisa Buat Imun Tubuh Turun

MOMSMONEY.ID - Patut dihindari, inilah daftar jenis makanan yang bisa menurunkan sistem imun tubuh.

Sudah bukan rahasia bahwa imun tubuh akan berkurang seiring pertambahan umur. Namun, hal tersebut bisa dihindari dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan asupan makanan sehat yang tidak memiliki risiko menurunkan sistem imun tubuh.

Bagi yang ingin tahu, ini, lo, daftar makanan yang ternyata bisa mempengaruhi dan menurunkan sistem imun tubuh:

Baca Juga: Frekuensi BAB Ini Dikatakan Normal, Berapa Kali Seminggu sih?

Gula tambahan

Menjadi pemicu banyak penyakit, gula tambahan juga bisa menyebabkan sistem imun tubuh turun saat dikonsumsi berlebihan. Tingginya gula darah dalam tubuh sering kali dikaitkan dengan gangguan respons imun.

Pola makan yang mengonsumsi banyak makanan dengan gula tinggi bisa memicu beragam penyakit tertentu yang berkaitan dengan autoimun. Seperti rheumatoid arthritis.

Tinggi garam

Bukan cuma makanan manis, makanan asin dengan tinggi garam pun bisa memicu turunnya imun pada tubuh.

Beberapa penelitian dari laman Health Line menjelaskan, makanan dengan tinggi kandungan garam memiliki kemungkinan untuk merusak fungsi imun, menyebabkan inflamasi atau pembengkakan, dan meningkatkan risiko terserang penyakit autoimun.

Makanan dengan kandungan tinggi garam biasa terkandung pada makanan beku, snack, dan fast food.

Baca Juga: 5 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Imun Tubuh di Musim Hujan, Yuk Konsumsi!

Alkohol

Alkohol punya dampak buruk pada kesehatan pencernaan yang juga mempengaruhi kesehatan imun. Alkohol bisa merusak ekosistem di pencernaan dan membunuh bakteri baik di dalamnya dan meningkatkan produksi bakteri jahat.

Sisa konsumsi alkohol bisa mengendap di dalam tubuh dan merusak kemampuan sistem imun tubuh untuk menghasilkan antibodi. Di mana antibodi penting untuk melawan penyakit flu yang melemahkan sistem imun tubuh.

Gorengan

Makanan yang digoreng, menurut laman Eating Well, punya risiko untuk mengurangi bakteri baik pada usus dan sistem pencernaan.

Selain itu, makanan yang digoreng bisa meningkatkan inflamasi atau pembengkakan yang menjadi pemicu utama menurunnya sistem imun tubuh.

Hal tersebut disebabkan karena makanan gorengan tinggi akan produk glikasi lanjutan yang terbentuk ketika gula bereaksi dengan protein atau lemak selama proses menggoreng.

Daging merah

Bukan cuma daging merah, daging proses pun juga punya risiko untuk menurunkan sistem imun tubuh. Daging proses mengandung lemak jenuh yang jika terlalu banyak ada di dalam tubuh bisa memicu gangguan sistem imun.

Selain itu, pola makan dengan tinggi konsumsi daging merah dan proses bisa berkontribusi pada sistem inflamasi dan mengancam fungsi imun.

Selain gangguan imun, risiko penyakit lain juga bisa muncul karena banyaknya konsumsi daging merah dan proses, termasuk kanker.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang berpengaruh pada sistem imun dan bisa menurunkan sistem imun tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News