Keluarga

5 Cara Menyimpan Paprika agar Tetap Renyah dan Tak Berkerut, Awet hingga 2 Minggu

5 Cara Menyimpan Paprika agar Tetap Renyah dan Tak Berkerut, Awet hingga 2 Minggu

MOMSMONEY.ID - Paprika merupakan jenis buah yang mengandung vitamin C jauh lebih tinggi daripada jeruk. Namun, untuk dapat menyimpannya, perlu beberapa perhatian ekstra.

Sama seperti buah & sayuran lainnya, paprika juga mudah membusuk. Salah satu tanda paprika mulai membusuk adalah munculnya bintik kecoklatan & kulit paprika yang berkeriput.

Agar ini tak terjadi, Anda harus mengetahui beberapa cara menyimpan paprika agar tetap renyah & tak berkerut. Seperti apa caranya? Simak yang berikut ini.

Baca Juga: 6 Makanan yang Mengandung Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk

Simpan di lemari es

Para chef merekomendasikan paprika untuk disimpan dalam lemari es supaya kualitasnya tetap terjaga dan awet lebih lama. Jika tak memiliki kulkas, maka alternatifnya adalah menyimpan paprika dalam tempat sejuk & kering seperti dapur.

Paprika yang disimpan dalam wadah biasa hanya akan bertahan selama 5 hari saja. Namun, jika disimpan dalam kulkas atau tempat sejuk lainnya, maka paprika bisa bertahan tetap segar selama 2 minggu.

Baca Juga: 9 Makanan Kontradiktif yang Tak Boleh Disantap Bersama Buah Jeruk

Jangan memotong batangnya

Saat memilih paprika, pastikan bahwa paprika tersebut masih dilengkapi dengan batangnya yang tebal dan berwarna hijau. Batang paprika yang utuh menunjukkan bahwa paprika masih segar.

Batang paprika ini dapat membantu membuat paprika bertahan lebih lama, lebih segar, dan mencegah kulitnya berkerut meski disimpan dalam lemari es, dikutip dari BHG.

paprika

Baca Juga: Bolehkah Makan Pisang Setiap Hari? Ini 7 Efek yang Akan Dirasakan Tubuh Anda

Jangan cuci paprika

Kelembapan dapat membuat paprika mudah membusuk. Maka disarankan untuk tidak mencuci paprika jika tak ingin menyantapnya langsung.

“Pastikan paprika benar-benar kering sebelum disimpan, sebab kelembapan membuat paprika mudah rusak, persis seperti jenis sayuran lainnya,” ucap Dandrea Russert, dilansir dari Simply Recipes.

Membekukan paprika

Membekukan paprika juga menjadi alternatif lain membuatnya tetap segar. Alih-alih dibiarkan utuh, paprika justru harus dipotong-potong terlebih dahulu.

Caranya dengan mencabut batangnya bagian atasnya, buang biji & selaput dalanya, lalu pasang kembali bagian atasnya. Bungkuslah paprika yang sudah disatukan ini dengan erat dalam bungkus plastik. Masukkan paprika dalam kantong zip-top untuk mencegah udara masuk ke dalamnya.

Baca Juga: 5 Vitamin yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Berbahaya Bagi Tubuh

Paprika

Baca Juga: 5 Negara dengan Air Minum Terbersih di Dunia, Bisa Minum dari Keran Langsung

Cara ketahui paprika yang membusuk

Paprika mulai membusuk ketika timbul bintik kecoklatan ataupun ada keriput-keriput disekitar kulitnya. Ini merupakan indikasi bahwa paprika telah kehilangan sebagian kelembapannya & teksturnya yang renyah, dikutip dari Yahoo Canada.

Tapi, tak perlu langsung dibuang. Paprika tersebut masih bisa diolah dengan cara menghilangkan terlebih dahulu bintik cokelatnya.

Cuma, apabila paprika sudah berlendir, berbau, bahkan muncul bintik kehitaman (mengindikasikan adanya jamur), maka paprika sudah harus dibuang.

Itu dia aneka cara menyimpan paprika agar awet tahan lama dan tak muncul keriput.

Selanjutnya: Ada Lucky Egg, Pengguna Lazada Bisa Berburu Liburan Gratis ke 3 Negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News