Keluarga

5 Cara Melembabkan Kelopak Mata Kering dengan Bahan Alami, Bisa Pakai Teh

5 Cara Melembabkan Kelopak Mata Kering dengan Bahan Alami, Bisa Pakai Teh

MOMSMONEY.ID - Berikut MomsMoney bagikan 5 cara melembabkan kelopak mata kering dengan bahan alami.

Pekerjaan yang mengharuskan untuk menatap layar komputer selama berjam-jam dapat membuat kita lebih jarang berkedip. Alhasil, kulit di area mata termasuk kelopak bisa menjadi kering dan terasa tidak nyaman.

Selain itu, kelopak mata yang kering juga bisa disebabkan oleh kebiasaan duduk terlalu lama di ruangan ber-AC.

Keberadaan AC sendiri dapat membuat udara menjadi agak kering sehingga mudah menimbulkan rasa gatal dan kering pada mata.

Jika saat ini kelopak mata Anda terasa kering dan gatal, silakan jajal 5 cara melembabkan kelopak mata kering dengan bahan alami yang dilansir dari BeBeautiful ini.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Tanda-Tanda Keguguran yang Terjadi Saat Trimester Ketiga

1. Pakai irisan timun

Cara melembabkan kelopak mata kering dengan bahan alami yang pertama yaitu memakai irisan timun.

Saat kelopak mata Anda kering dan iritasi, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu mendinginkannya. Salah satu bahan yang bisa menyelamatkan kekeringan dan iritasi pada kelopak mata Anda adalah timun. Timun tidak hanya akan merangsang kelembaban tetapi juga meredakan mata yang lelah dan teriritasi.

Cukup potong timun sebanyak 2 irisan lalu dinginkan di dalam lemari es selama beberapa saat. Setelah terasa sejuk, letakkan masing-masing irisan timun di atas mata Anda yang tertutup dan biarkan selama sekitar 10 menit.

2. Oleskan teh

Cara melembabkan kelopak mata kering dengan bahan alami yang kedua yaitu mengoleskan teh.

Sifat antioksidan dalam teh dapat membantu mengobati kelopak mata kering dan memberikan hidrasi pada mata Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mengambil secangkir air panas dan rendam 3 buah teh celup ke dalamnya selama beberapa menit.

Setelah larut, masukkan 2 kapas ke dalam air teh dan biarkan meresap. Terakhir, letakkan kapas yang sudah dibasahi dengan larutan teh di atas kelopak mata Anda dan biarkan selama 5 menit. Dijamin, mata Anda akan terasa relaks kembali seperti biasanya.

3. Aplikasikan castor oil

Cara melembabkan kelopak mata kering dengan bahan alami yang ketiga yaitu mengaplikasikan castor oil.

Castor oil atau minyak jarak dikenal mampu memberikan kelembaban serta mencegah penguapan pada kulit. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika castor oil sangat tepat untuk Anda pilih guna membantu mengobati kekeringan pada kelopak mata Anda.

Oleskan castor oil secukupnya pada bagian kelopak mata Anda sebelum tidur dan biarkan meresap semalaman. Dengan cara ini, castor oil akan memperbaiki kerusakan sekaligus memberikan banyak kelembaban pada mata Anda keesokan paginya.

Baca Juga: Walau Lawas, 6 Film Tahun 80-an Ini Tetap Wajib Ditonton, Ya

4. Gunakan parutan kentang

Cara melembabkan kelopak mata kering dengan bahan alami yang keempat yaitu menggunakan parutan kentang.

Selain lezat untuk disantap, kentang juga memiliki kemampuan untuk mendinginkan mata serta membuat kelopak mata tetap terlumasi dengan baik.

Parut kentang dan letakkan parutan kentang tersebut ke kelopak mata yang kering. Diamkan selama sekitar 20 menit dan jus dari kentang akan membuat mata Anda terasa relaks dan terhidrasi.

5. Aplikasikan lavender oil

Cara melembabkan kelopak mata kering dengan bahan alami yang kelima yaitu mengaplikasikan lavender oil.

Lavender oil atau minyak lavender memiliki kekuatan untuk menenangkan dan menyembuhkan kulit di sekitar mata Anda. Bahkan, lavender oil diketahui bisa menyembuhkan beberapa gangguan mata juga lho Moms.

Ambil semangkuk air hangat dan tambahkan sekitar 3 tetes lavender oil ke dalamnya. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan letakkan pada mata Anda yang tertutup. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan kembali kelembaban pada kelopak mata yang kering.

Itulah 5 cara melembabkan kelopak mata kering dengan bahan alami. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News