Keluarga

4 Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata dengan Bahan Alami, Gampang Lo

4 Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata dengan Bahan Alami, Gampang Lo

MOMSMONEY.ID - Kali ini, MomsMoney akan membagikan 4 cara menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata dengan bahan alami. Simak sampai akhir, ya.

Lingkaran hitam di bawah mata kerap dikeluhkan oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Pasalnya, tampilan ini dapat membuat wajah terlihat lelah dan tidak bergairah sepanjang hari.

Mengutip Alodokter, kemunculan lingkaran hitam di bawah mata bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang tidur, pertambahan usia, screen time terlalu lama, genetik, dehidrasi, kebiasaan merokok dan minum alkohol, paparan sinar matahari, serta alergi.

Ada banyak cara menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata yang bisa Anda coba, salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain lebih aman, menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata menggunakan bahan alami juga cenderung mudah dan murah.

Catat, inilah 4 cara menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata dengan bahan alami, dilansir dari PharmEasy:

Baca Juga: Inilah 5 Cara Menghilangkan Bau Apek di Rambut dengan Bahan Alami

1. Kompres dengan kantong teh celup dingin

Cara pertama untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata secara alami adalah mengompresnya dengan kantong teh celup yang sudah didinginkan.

Mengapa cara ini efektif? Karena, residu kafein dan kandungan antioksidan dalam teh celup mampu membantu menstimulasi sirkulasi darah di kulit bagian bawah mata.

Caranya, rendam kantong teh celup dalam air kemudian dinginkan di lemari es. Setelah dingin, keluarkan kantong teh celup dari lemari es dan letakkan dengan lembut di atas kedua kelopak mata Anda yang tertutup selama 10-15 menit.

Untuk hasil yang lebih cepat, Anda bisa melakukan perawatan ini secara teratur menggunakan teh hijau atau teh chamomile celup.

2. Pakai tomat

Tomat merupakan bahan pemutih alami. Tomat mampu mengurangi perubahan warna di sekitar mata termasuk lingkaran hitam di bawah mata berkat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Campurkan 1 sendok teh jus tomat dengan 1 sendok teh jus lemon lalu oleskan di area mata yang terdapat lingkaran hitam. Biarkan selama sekitar 10 menit kemudian bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa memanfaatkan tomat dengan cara meminumnya dalam bentuk jus yang dicampur dengan lemon serta daun mint guna membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Baca Juga: Beda Jenis Beda Gejala, Ini 3 Jenis Stres Beserta Gejalanya yang Harus Anda Tahu

3. Campurkan almond oil dengan jus lemon

Cara menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata dengan bahan alami selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu mengoleskan campuran almond oil dengan jus lemon.

Komponen aktif dalam jus lemon bernama asam askorbat dapat membantu mengurangi retensi air penyebab lingkaran hitam dan bengkak di sekitar mata.

Lemon juga dapat bertindak sebagai pemutih yang ringan. Namun, jika lemon digunakan secara murni atau tanpa campuran, itu justru akan memberikan efek sebaliknya dan menyebabkan kerusakan pada kulit.

Oleh sebab itu, Anda perlu mencampurnya dengan bahan yang tepat, salah satunya almond oil.

Campurkan 1 sendok teh almond oil dengan beberapa tetes jus lemon. Kemudian, oleskan campuran tersebut secara lembut di area lingkaran hitam. Pijat-pijat dan diamkan selama 2-3 menit sebelum dibilas.

4. Oleskan susu dingin

Susu dapat menjadi pembersih alami untuk mata sekaligus mampu membantu menenangkan kulit sensitif di sekitar mata. Susu mengandung asam laktat yang tidak hanya bisa mengurangi bengkak di area mata, tetapi juga bisa mencerahkan kulit yang dihinggapi lingkaran hitam.

Adapun kandungan potassium dalam susu memungkinkan kulit tetap lembab, lebih lembut, dan terasa kenyal.

Pertama-tama, dinginkan susu murni di dalam lemari es. Setelah dingin, keluarkan susu dan celupkan kapas ke dalamnya. Oleskan kapas yang sudah dibasahi dengan susu dingin ke area mata Anda yang memiliki lingkaran hitam.

Diamkan beberapa saat hingga cairan susu menyerap ke dalam kulit. Terakhir, bilas mata Anda menggunakan air dingin. Pastikan untuk mengulangi perawatan ini setidaknya 3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Demikian 4 cara menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata dengan bahan alami. Semoga bermanfaat, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News