Keluarga

5 Buah Terbaik untuk Kesehatan Wanita, Ada yang Bisa Mencegah Kanker Payudara

5 Buah Terbaik untuk Kesehatan Wanita, Ada yang Bisa Mencegah Kanker Payudara

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 buah terbaik untuk kesehatan wanita di sini.

Buah-buahan segar merupakan salah satu makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Pasalnya, buah mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral penting yang bermanfaat bagi tubuh.

Meskipun bisa dikonsumsi oleh semua orang, faktanya ada beberapa buah yang terbilang bagus untuk wanita. Selain rendah kalori, buah-buahan ini juga mengandung zat-zat alami yang mampu menurunkan risiko kanker payudara hingga mengurangi kram menstruasi.

Selengkapnya, berikut 5 buah terbaik untuk kesehatan wanita sebagaimana dilansir dari laman Mount Elizabeth Hospitals.

Baca Juga: Terapkan, yuk! Begini Cara Menghentikan Kecanduan Gula yang Efektif

1. Buah beri

Buah terbaik untuk kesehatan wanita yang pertama adalah buah beri.

Baik itu blueberry, blackberry, stroberi, maupun raspberry, semuanya kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Warna merah tua, biru, dan ungu pada buah beri menunjukkan kadar antioksidan yang tinggi khususnya antosianidin, proantosianidin, dan asam ellagic.

Asam ellagic dalam buah beri dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan terbukti mampu menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

Selain tinggi antioksidan, buah beri juga kaya akan vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga bisa meningkatkan produksi kolagen, yang membantu menjaga kulit tetap sehat dan tampak awet muda.

2. Buah jeruk

Buah terbaik untuk kesehatan wanita yang kedua adalah buah jeruk.

Buah jeruk seperti jeruk mandarin, jeruk bali, pomelo, lemon, dan jeruk nipis tidak hanya merupakan sumber vitamin C yang baik. Tetapi juga kaya akan kalium, serat, dan antioksidan anti-inflamasi seperti flavonoid dan karotenoid (khususnya likopen dan beta-karoten).

Nutrisi-nutrisi tersebut telah terbukti memiliki efek antikanker serta perlindungan jantung termasuk memperbaiki kadar kolesterol darah, fungsi pembuluh darah, dan gula darah. Adapun flavonoid dalam kulit buah jeruk dapat merangsang detoksifikasi karsinogen dalam hati.

Flavonoid jeruk juga dilaporkan mampu mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang penting bagi wanita dengan kondisi seperti diabetes atau sindrom ovarium polikistik (PCOS).

3. Kiwi

Buah terbaik untuk kesehatan wanita yang ketiga adalah kiwi.

Kiwi adalah buah padat nutrisi yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi wanita. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung lebih dari 70% asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Ini penting untuk fungsi kekebalan tubuh, sintesis kolagen, dan kesehatan kulit.

Nutrisi penting lain yang ditemukan dalam kiwi adalah folat, yang penting bagi wanita yang sedang hamil atau berencana untuk hamil. Folat berperan penting dalam perkembangan sistem saraf serta dapat membantu mencegah cacat lahir tertentu.

Kiwi berukuran sedang mengandung sekitar 10% dari asupan folat harian yang direkomendasikan.

Baca Juga: Catat Tiga Jenis Klaim Kanker Tertinggi, Ketahui Gejalanya untuk Deteksi Sejak Dini

4. Pepaya

Buah terbaik untuk kesehatan wanita yang keempat adalah pepaya.

Pepaya merupakan sumber serat, vitamin C, dan folat yang sangat baik. Satu cangkir pepaya mengandung sekitar 3 gram serat, yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada wanita.

Enzim papain dalam pepaya terbukti efektif dalam mengurangi kram menstruasi dan nyeri yang terkait dengan endometriosis.

5. Buah-buahan berbiji

Buah terbaik untuk kesehatan wanita yang kelima adalah buah-buahan berbiji.

Ceri, persik, nektarin, aprikot, dan plum merupakan contoh buah-buahan berbiji yang kaya akan serat, vitamin, dan kalium.

Kalium merupakan mineral penting yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Wanita yang mengonsumsi lebih banyak kalium memiliki risiko lebih rendah terkena stroke dan penyakit jantung.

Buah-buahan berbiji seperti aprikot, persik, dan ceri juga mengandung sekelompok antioksidan yang disebut flavonoid khususnya quercetin dan kaempferol. Keduanya telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kondisi kronis lainnya.

Demikian 5 buah terbaik untuk kesehatan wanita. Selain mengonsumsi buah-buahan di atas, jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan nabati utuh yang tidak diolah seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Selanjutnya: Bank Mandiri Beri Golden Visa untuk Shin Tae Yong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News