Santai

5 Alasan Kenapa Membersihkan Rumah Baik bagi Kesehatan Mental

5 Alasan Kenapa Membersihkan Rumah Baik bagi Kesehatan Mental

MOMSMONEY.ID - Dikenal sebagai salah satu aktivitas terapi yang manjur, ternyata ini dia alasan mengapa membersihkan rumah bagus buat kesehatan mental.

Selain membuat kondisi rumah jadi bersih dan nyaman, membersihkan rumah atau beberes punya koneksi bagus untuk kesehatan mental.

Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa lingkungan yang bersih bisa membuat orang menjadi produktif dan bersemangat. Maka dari itu, membersihkan rumah punya kaitan dengan kesehatan mental.

Nah, bagi yang ingin tahu, ini dia beberapa alasan lain mengapa membersihkan rumah bagus buat kesehatan mental:

Baca Juga: Banyak Manfaat, Ini 5 Keuntungan Memasak Sendiri Di Rumah

Bermanfaat bagi kesehatan fisik

Bukan cuma mental saja tapi membersihkan rumah juga bagus untuk meningkatkan kesehatan fisik. Hal tersebut bisa terjadi karena lingkungan yang sehat dan bersih bisa membuat orang lebih tertarik untuk meningkatkan kesehatannya secara umum.

Orang-orang dengan rumah yang bersih pun memiliki kecenderungan untuk lebih sehat dibanding dengan orang yang tinggal di lingkungan kumuh menurut penelitian NiCole Keith, PhD, dari Indiana University.

Meningkatkan mood

Saat memiliki hubungan yang baik dengan kondisi dan lingkungan rumah bersih, maka tingkat kecemasan atau anxiety bisa berkurang.

Asosiasi Kecemasan dan Depresi Amerika menunjukkan bahwa aktivitas fisik membersihkan ditambah dengan hasil akhir dari rumah yang lebih bersih membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Tontonan Netflix Tentang Gaya Hidup dan Perawatan Diri

Memberikan kontrol

Kebanyakan orang-orang yang merasa kehilangan kontrol atau bahkan kekurangan kontrol, bisa menggunakan aktivitas membersihkan rumah untuk meningkatkan kontrol terhadap lingkungan sekitarnya.

Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Connecticut menemukan bahwa pada saat stres tinggi, orang akan melakukan perilaku berulang seperti bersih-bersih karena hal itu memberi mereka rasa kendali selama masa kacau.

Merasa aman dan nyaman

Ruangan atau rumah yang berantakan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan tidak aman walau di rumah sendiri.

Natalie Christine Dattilo, PhD, psikolog kesehatan klinis dan instruktur psikiatri di Harvard Medical School, menyatakan, dikutip dari laman Real Simple, ruangan yang berantakan dapat membuat kita merasa kewalahan dan cemas.

Sedangkan ruangan yang tertata dengan baik dan rapi dapat membuat kita merasa tenang dan aman. Maka dari itu, peningkatan rasa aman dan nyaman untuk tinggal di rumah sendiri bisa diperbaiki dengan melakukan bersih-bersih.

Meningkatkan fokus

Manfaat lain dari membersihkan rumah ternyata juga bagus untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi bagi otak. Ketika rumah berantakan bisa menimbulkan efek yang dapat mempengaruhi kemampuan untuk fokus.

Menurut laman Very Well Mind, jika seseorang kesulitan fokus pada suatu proyek, cobalah untuk merapikan ruang kerja terlebih dahulu.

Meluangkan waktu beberapa menit untuk mengatur barang-barang dan membereskan segala kekacauan dapat memudahkan berkonsentrasi dan menyelesaikan pekerjaan.

Nah, itulah tadi beberapa alasan mengapa membersihkan rumah punya manfaat baik bagi kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News