Santai

4 Tanda Umum Ovulasi Ini Jarang Disadari Perempuan Loh, Cek di Sini

4 Tanda Umum Ovulasi Ini Jarang Disadari Perempuan Loh, Cek di Sini

MOMSMONEY.ID - Jarang disadari, ternyata ini loh tanda Anda lagi dalam masa ovulasi.

Masa subur atau ovulasi adalah masa di mana perempuan sedang berada dalam masa reproduksi yang baik. Sebab biasanya proses pembuahan bisa terjadi dengan lebih mudah di masa ovulasi.

Masa ovulasi terjadi secara rutin setiap bulan namun waktunya sering kali berubah mengikuti siklus menstruasi.

Hal itulah yang kemudian membuat beberapa perempuan sulit untuk mengetahui apakah mereka berada di masa ovulasi atau tidak.

Tak perlu bingung, ternyata ada tanda yang menunjukkan masa ovulasi pada perempuan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Baca Juga: 5 Jenis Intimasi dalam Hubungan, Bukan Tentang Seks Aja

Meningkatnya suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh adalah temperatur tubuh ketika bangun di pagi hari sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Pada masa ovulasi suhu tubuh akan meningkat hingga terjadinya menstruasi.

Hal tersebut disebabkan karena adanya sekresi yang dikeluarkan oleh hormon progresteron. Hormon ini adalah hormon yang membantu menyiapkan sel telur hingga siap untuk dibuai, sehingga membuat suhu basal tubuh juga meningkat.

Munculnya keputihan

Keputihan yang terjadi di masa ovulasi biasanya mengalami sedikit perubahan dari biasanya. Melansir dari laman Health Line pada masa ovulasi, keputihan biasanya akan mengalami perubahan konsistensi.

Konsistensi cairan keputihan pada masa ovulasi akan berubah menjadi seperti putih telur yang tebal dan stretchy. Nantinya cairan inilah yang akan membantu proses pembuahan dan membantu sperma untuk tetap hidup selama kurang lebih 5 hari setelah dibuai.

Baca Juga: Pagi atau Malam? Ini Waktu yang Tepat Berhubungan Seks Menurut Ahli

Payudara terasa sakit

Ciri atau tanda lain yang mengindikasi seorang perempuan tengah berada dalam masa ovulasi adalah payudara yang membesar serta terasa sakit.

Hal tersebut dipengaruhi oleh hormon yang membantu menyiapkan tubuh sebelum terjadinya masa ovulasi. Selain payudara, biasanya perut juga akan terasa mual dan kembung saat sedang berada pada masa ovulasi.

Meningkatnya libido

Meningkatnya libido atau hasrat seksual juga bisa menjadi sebuah tanda seorang perempuan tengah berada pada masa ovulasi. Seperti yang dilansir dari laman The Bump, beberapa perempuan menyatakan bahwa hasrat seksual meningkat saat berada pada masa ovulasi.

Namun yang perlu diperhatikan, biasanya peningkatan libido ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal lain. Tentu saja juga berkaitan dengan masa ovulasi yang dikenal sebagai masa subur untuk melakukan proses pembuahan.

Nah, itulah tadi tanda-tanda ovulasi yang jarang disadari namun umum terjadi pada perempuan. Mulai perhatikan ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News