Santai

5 Jenis Intimasi dalam Hubungan, Bukan Tentang Seks Aja

5 Jenis Intimasi dalam Hubungan, Bukan Tentang Seks Aja

MOMSMONEY.ID - Sudah tahu belum jika intimasi dalam hubungan dua orang tak hanya perihal seks saja? Berikut beberapa jenis intimasi atau keintiman lain selain seks dalam hubungan.

Intimasi atau keintiman jadi salah satu hal penting yang membuat suatu hubungan eksklusif, kuat, dan awet.

Intimasi sendiri adalah sebuah koneksi mendalam yang bisa terjadi dalam segala jenis hubungan dari mulai keluarga hingga hubungan romantis.

Jadi bukan cuma perihal seks saja, ya. Ini dia beragam jenis intimasi atau keintiman yang perlu untuk diketahui.

Baca Juga: Aman Buat Vegan, 6 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Stamina Seks Loh

Emotional intimacy

Jenis intimasi ini memerlukan keterbukaan untuk mengungkap emosi dalam diri pada orang lain dengan nyaman. Melansir dari laman Bustle, jenis intimasi emosional ini bisa ditunjukkan dengan bersikap rentan pada satu sama lain. 

Sehingga perasaan dan emosi bisa disampaikan dengan nyaman. Termasuk menyampaikan keinginan, kebutuhan, impian, dan juga ketakutan bisa membantu memperkuat jenis keintiman ini.

Physical intimacy

Dikenal juga sebagai keintiman fisik, physical intimacy tentunya adalah jenis keintiman yang paling banyak dikenal. Intimasi ini melibatkan sentuhan untuk membangun kedekatan dan koneksi dengan orang lain.

Berhubungan seks juga termasuk dalam jenis intimasi ini. Hal lain yang bukan seksual, seperti memberikan pelukan dan ciuman juga termasuk dalam jenis intimasi fisik.

Jenis intimasi ini menjadi penting dilakukan dalam hubungan karena bisa memicu pelepasan oksitosin dan jenis hormon bahagia lainnya.

Baca Juga: Tak Usah Malu, Kentut Saat Lakukan Hubungan Seks Wajar Loh

Experiential intimacy

Disebut juga dengan keintiman pengalaman, intimasi jenis ini bisa diperoleh melalui kegiatan berkesan yang dilakukan berdua dengan pasangan.

Membagikan pengalaman, gurauan privat, dan bekerja sama sebagai tim bisa menghasilkan ikatan yang disebut oleh laman Mind Body Green adalah hasil dari experiential intimacy.

Pengalaman yang dibagikan di sosial media secara bersama juga masuk dalam jenis intimasi ini. Kegiatan lainnya yang bisa membangun keintiman ini adalah melakukan hobi bersama, berlibur bersama, hingga mengikuti lomba bersama.

Spiritual intimacy

Keintiman spiritual juga penting dalam membangun sebuah koneksi di hubungan, loh. Yang dimaksud dengan keintiman spiritual bukan cuma dengan berdoa maupun beribadah bersama saja ya.

Ada beberapa kegiatan lainnya yang juga bisa membantu membangun jenis keintiman ini.

Seperti berbagi momen manis saat melihat matahari terbit atau tenggelam, menikmati pemandangan alam, berbagi pandangan spiritual, dan saling memberikan kutipan dari kitab suci yang menguatkan masing-masing.

Intellectual intimacy

Merupakan salah satu jenis keintiman yang sering dilupakan, keintiman intelektual dikaitkan dengan cara berpikir masing-masing pribadi.

Cara untuk membangun jenis intimasi ini adalah dengan menanyakan opini pasangan, berdiskusi, menghargai nilai-nilai yang dianut pasangan, hingga melakukan kegiatan membaca buku bersama. Intimasi jenis ini hanya bisa dibangun melalui obrolan dengan pasangan, ya.

Jadi, itulah tadi beberapa jenis keintiman yang bisa membangun intimasi dengan pasangan selain melalui hubungan seksual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News